10 Makanan Khas Singapura yang Harus Kamu Cicipi Sebelum Pulang

makanan khas singapura, makanan khas singapore, kuliner khas singapura, masakan khas singapura,wisata kuliner singapura

Berkunjung kesuatu tempat pastilah kurang lengkap bila Anda tidak mencoba kuliner khas tempat tersebut, meskipun sudah pernah mencobanya. Jika Anda akan berkunjung ke Singapore dan menyukai kuliner, tak ada salahnya jika meluangkan waktu sebentar untuk mencicipi Makanan Khas Singapura yang terkenal hingga manca negara. Sehingga ketika Anda kembali ke Indonesia tidak menyesal, perut kenyang, hati pun menjadi senang. 🙂

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Singapura yang wajib dikunjungi

 

Daftar Makanan Khas Singapura

Chicken Rice (Nasi Hainan)

makanan khas singapura, makanan khas singapore, kuliner khas singapura, masakan khas singapura,wisata kuliner singapura Chicken Rice atau lebih dikenal masyarakat Singapura dengan sebutan Nasi Hainan, merupakan perpaduan antara nasi yang dimasak dengan kaldu ayam dan ditambah irisan daging ayam, daun seledri, hingga timun.Untuk mendapatkan Chicken Rice Anda tak perlu mengeluarkan uang banyak, sebab harga satu porsinya hanya dibandrol sekitar $ 3-4 Singapura.Tak heran, jika Chicken Rice menjadi salah satu makanan khas Singapura dengan harga murah dan banyak peminatnya.

 

Uncle Ice Cream

makanan khas singapura, makanan khas singapore, kuliner khas singapura, masakan khas singapura,wisata kuliner singapura Berkunjung ke Singapura tidak akan lengkap jika tanpa mencoba Uncle Ice Cream, tetapi jangan berpendapat jika Uncle Ice Cream adalah nama sebuah toko yang khusus menjual es krim. Karena Uncle Ice Cream merupakan sebutan bagi penjual es krim yang berjualan dengan gerobak, sebab rata-rata penjualnya sudah lanjut usia. Berbeda dengan es krim biasa, Uncle Ice Cream memiliki banyak pilihan rasa dan cara penyajian sesuai dengan keinginan Anda. Untuk harga, satu porsi Uncle Ice Cream hanya di bandrol sekitar$ 1-2 Singapura tergantung rasa dan penyajiannya. Jika ingin menikmati Uncle Ice Cream, Anda bisa datang ke tempat yang ramai atau pergi ke beberapa lokasi wisata seperti Marina Bay, Riverside, hingga Orchard.

 

Carrot Cake

makanan khas singapura, makanan khas singapore, kuliner khas singapura, masakan khas singapura,wisata kuliner singapura Meski terdapat kata Carrot atau dalam bahasa Indonesia berarti wortel, Carrot Cake sama sekali tidak menggunakan wortel. Kuliner ini berbahan dasar lobak dan tepung beras, kedua bahan tersebut di campur kemudian dikukus lalu di goreng bersama telur tak lupa di siram kecap manis. Saat ini Carrot Cake memilki dua macam, yaitu hitam karena di goreng dengan kecap manis dan putih karena saat di goreng tidak di tambahkan kecap manis. Untuk harga satu porsi Carrot Cake berkisar di antara $ 4 Singapura, namun Carrot Cake paling lezat bisa Anda dapatkan di Esplanade Theatre dan Newton Food Centre.

 

Kaya Toast

makanan khas singapura, makanan khas singapore, kuliner khas singapura, masakan khas singapura,wisata kuliner singapura Bagi sebagian besar penduduk Singapura yang bekerja di kantor, Kaya Troast menjadi menu sarapan wajib bagi mereka karena untuk membuatnya sangatlah mudah. Meski terdiri dari bahan yang simpel, cita rasa yang dihadirkan KayaTroast sangatlah lezat.Untuk menambah kelezatannya, Kaya Troast bisa dinikmati bersama secangkir Teh hangat atau kopi.Jika sedang berada di Singapura dan tak ingin repot-repot membuat kuliner ini, Anda bisa membelinya di café atauresto yang terletak di berbagai tempat baik di bandara, mall, hingga ruang terbuka seperti taman kota dan tempat wisata. Untuk harga satu porsi KayaTroast di bandrol sekitar $ 3 Singapura, tergantung dengan tambahan yang Anda pesan.

 

Chili Crab

makanan khas singapura, makanan khas singapore, kuliner khas singapura, masakan khas singapura,wisata kuliner singapura Jika masyarakat Singapura di tanya kuliner khas Singapura, pasti sebagian besar dari mereka akan menjawab Chili Crab. Sebab kuliner yang satu ini sudah ada sejak lama dan popular hingga saat ini, belum lagi sebagian besar masyarakat Singapura merupakan keturunan Chinese yang menyukai kuliner berbahan dasar seafood. Kuliner berbahan dasar kepiting lumpur yang diolah menggunakan teknik stir-fried, kemudian disiram dengan bumbu saos tomat dan tambahan saos cabai semakin memperkaya cita rasa kuliner ini. Meski di beri nama Chili Crab, Anda tidak akan merasakan sensasi pedas melainkan manis asam dari tomat. Sehingga anak-anak, hingga Orang Tua bisa menikmati lezatnya Chili Crab. Untuk Harga, satu porsi Chili Crab dibandrol dengan harga diatas $ 15 Singapura tergantung dengan berat kepiting.

 

Nasi Briyani

makanan khas singapura, makanan khas singapore, kuliner khas singapura, masakan khas singapura,wisata kuliner singapura Seperti kuliner melayu lainnya, Nasi Briyani menggunakan banyak bumbu dan memilki rasa yang hampir mirip dengan nasi Padang tetapi rasa dan aroma yang dimiliki Nasi Briyani lebih kuat. Beras yang digunakan juga berbeda karena ukurannya lebih panjang dan lebih besar, sehingga membuatnya berbeda dengan kuliner khas melayu lainnya. Untuk bisa menikmati Nasi Briyani tidak terlalu sulit, karena sebagian besar rumah makan di Singapura menyediakan kuliner ini.

 

Roti Prata

makanan khas singapura, makanan khas singapore, kuliner khas singapura, masakan khas singapura,wisata kuliner singapura Sekilas roti Prata mirip dengan roti canai yang ada di Indonesia, sebab dari bentuk dan warnanya yang hampir sama. Namun Roti Prata memiliki perbedaan, karena dimasak menggunakan telur ceplok yang diletakan di atas adonan tanpa sedikitpun bumbu atau penyedap rasa. Untuk urusan rasa sebenarnya Roti Prata rasanya hambar, namun karna dimakan dengan cara di celupkan ke bumbu kari yang memiliki aroma dan rasa yang kuat. Membuat Roti Prata menjadi lezat dan nikmat, harganya pun sangat terjangkau hanya sekitar $ 2 Singapura untuk satu telur.

 

Rojak

makanan khas singapura, makanan khas singapore, kuliner khas singapura, masakan khas singapura,wisata kuliner singapura Mendengar namanya saja, Anda akan teringat dengan salah satu kuliner Indonesia yaitu Rujak. Mungkin Anda juga berpendapat jika Rojak mirip dengan Rujak, karena memang hampir mirip dengan rujak. Bahan dasar kuliner ini terdiri dari buah-buahan dan sayur-sayuran yang dicampur dengan bumbu, namun yang membuat berbeda karena adanya cakue, tahu, dan cattle fish. Banyaknya buah-buahan, sayur-sayuran dan tambahan Cakue beserta tahu membuat kelezatan Rojak semakin bertambah. Belum lagi ditambah bumbu kacang yang kental menambah kenikmatannya. Untuk harga satu porsi Rojak dibandrol sekitar $ 3-4 Singapura, cukup murah untuk kuliner sehat dan unik.

 

Ayam Buah Keluak

makanan khas singapura, makanan khas singapore, kuliner khas singapura, masakan khas singapura,wisata kuliner singapura Kuliner yang satu ini berisi suiran-suiran daging ayam yang dicampur dengan beberapa bumbu tradisional, sehingga membuat rasanya semakin istimewa. Bukan hanya itu, hadirnya buah keluak semakin memperkaya cita rasa yang dimilikinya. Karena rasanya yang lezat, tanpa menggunakan bumbu penyedap rasa, dan cocok untuk lidah orang melayu, menjadikan Ayam Buah Keluak sangat laris, sehingga menjadi kuliner khas Singapura yang sering di buru wisatawan. Satu porsi Ayam Buah Keluak tidak terlalu mahal, sebab Anda hanya perlu mengeluarkan $ 5-7 Singapura saja.

 

Hokkie Prawn Mee

makanan khas singapura, makanan khas singapore, kuliner khas singapura, masakan khas singapura,wisata kuliner singapura Jika melihat sejarahnya kuliner ini berasal dari China, namun karena sebagian besar penduduk Singapura keturunan etnis China membuat kuliner asal negeri Tirai Bambu ini terkenal di Singapura. Bahan dasar Hokkie Prawn Mee merupakan mie kuning atau di Indonesia di kenal dengan mie karet, di tambah dengan udang goreng, sayur sawi, cumi-cumi, dan dihiasi dengan taburan bawang goreng. Untuk urusan rasa, Hokkie Prawn Mee tak bisa di ucapkan dengan kata. Karena rasa yang di miliki Kuliner Khas Singapura ini sangat lezat, dengan perpaduan antara mi kuning, seafood, dan sayuran yang menjadi satu bersama bumbu. Supaya semakin nikmat, Anda bisa menikmati Hokkie Prawn Mee dengan nasi putih yang masih hangat. Masalah harga tidaklah terlalu mahal, karena Hokkie Prawn Mee termasuk Makanan Khas Singapura Recommended. Satu porsinya hanya $ 5-6 Singapura, itupun sudah termasuk nasi putih beserta teh hangat atau dingin.

Leave a Reply