Tempat Wisata di Phuket yang Menarik

tempat wisata di phuket, tempat wisata di thailand, atraksi menarik di thailand, atraksi menarik di phuket, festival air, festival songkran,

Phuket adalah sebuah pulau yang terletak di Sebelah Tenggara Thailand. Dengan luas seukuran negara Singapura yaitu sekitar 576 kilometer persegi, menjadikan Phuket sebagai pulau terbesar di Thailand. Dulu Phuket dikenal juga dengan nama Tha Lang, sedangkan nama Phuket sendiri diambil dari adaptasi bahasa melayu bukit karena kontur pulau Phuket lebih didominasi oleh perbukitan dan pegunungan. Kini Phuket telah menjadi salah satu propinsi yang berada sebelah selatan Thailand dan terhubung dengan daratan Thailand oleh dua jembatan besar. Dulu Phuket memiliki kekayaan alam berupa timah dan karet menjadi salah satu rute perdagangan utama antara India dan Cina serta jalur utama kapal dagang dari Portugis, Perancis, Belanda dan Inggris. Namun kini Phuket telah berubah menjadi objek wisata di Thailand yang paling digemari oleh hampir sebagian besar penduduk dunia. Walaupun sebagian pantai yang dimiliki oleh pantai ini mengalami kerusakan akibat bencana tsunami pada akhir tahun 2004 lalu, tetapi hal tersebut tidak menjadikan pesonanya bekurang sedikitpun.

Dan berikut adalah beberapa informasi tempat wisata di Phuket yang telah kami rangkum untuk Anda.

 

Pantai Mempesona di Phuket

pantai patong, pantai kahala, phuket fantasea, tempat wisata di phuket, pantai di phuket, thailand

Sebagai sebuah pulau, Phuket memiliki beberapa pantai dengan karakteristik yang berbeda-beda. Pantai yang elok dan mempesona membuat Phuket juga dijuluki sebagai mutiara laut Andaman dan juga mutiara dari selatan. Disisi barat, menghadap laut Andaman yang indah, terdapat pantai yang paling terkenal di Phuket yaitu Pantai Patong. Pantai Patong sendiri merupakan sebuah pantai yang paling besar dan yang paling terkenal sebagai tempat tujuan wisata di Phuket. Terletak di pantai barat tengah dengan bentuk pantai yang landai, pantai patong memiliki berbagai aktivitas laut dan memiliki kehidupan malam yang semarak. Pantai ini juga dikelilingi oleh jajaran hotel dan klub malam. Wisata belanja murah pun dapat Anda jumpai di Pantai Patong.

Pantai terbesar kedua yang ada di Phuket adalah Pantai Karon. Pantai ini terletak sekitar 20 km dari kota Phuket dan menjadi lokasi favorit para wisatawan untuk menikmati suasana matahari terbenam. Selain pantai patong dan karon, berikutnya ada Pantai Kamala atau Kamala Hat. Pantai ini terletak sekitar 10 km sebelah utara dari pantai patong. Pantai ini terkenal dengan terumbu karangnya yang indah serta taman hiburan terbesar di Phuket yaitu Phuket Fantasea. Sedangkan Pantai Kata yang berada di sebelah selatan Pantai Karon memiliki pasir putih dan berair jernih dengan pilihan akomodasi yang lebih murah. Dan tak kalah indahnya adalah Pantai Surin yang merupakan salah satu pantai yang panjang dan dikelilingi banyak resort mewah. Selain memiliki banyak akomodasi mewah, Pantai Surin juga dikenal dengan makanan halal yang murah meriah.

 

Wisata Religi Phuket

Selain pantainya, ada keindahan lain, terutama yang berhubungan dengan agama budha yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Mengarah ke wilayah selatan Phuket, maka akan terlihat patung budha bersar yang diberi nama The Big Budha of Phuket yang terletak di Chalong. Patung megah ini memiliki tinggi sekitar 45 meter yang terbuat dari marmer birma. Selain itu, objek wisata di Thailand kental dengan kuil-kuil dan megah. Salah satu yang bisa Anda nikmati di Phuket adalah Kuil Wat Chalong yang terkenal dengan keindahan pagodanya. Biasanya pada hari libur khusus, Wat Chalong ramai dikunjungi oleh para peziarah yang ingin berdoa.

 

Festival-festival di Phuket

tempat wisata di phuket, tempat wisata di thailand, atraksi menarik di thailand, atraksi menarik di phuket, festival air, festival songkran,

Berbicara masalah festival, Phuket adalah salah satu tempat di Thailand yang banyak mengadakan festival. Salah satu festivalnya yang terkenal adalah festival songkran yaitu perayaan tahun baru di Thailand yang biasanya disemarakkan dengan pesta air. Biasanya festival ini diadakan di bulan April dan dilakukan selama tiga hari. Para peserta akan saling memercikkan air yang berlambang sebagai pembersihan diri. Namun kini kebiasaan tersebut telah berubah, kini saat festival songkran berlansung, masyarakat akan berbondong-bondong menyemprotkan air dengan pistol air dan balon air ataupun menggunakan ember dari sebala arah. Menarikanya, festival ini berlangsung saat cuaca sedang panas-panasnya di Thailand sehingga percikan air merupakan penyegaran. Selain itu, dikuil-kuil juga diadakan ritual religious seperti penyiraman patung budha sebagai bentuk penghormatan. Dibeberapa jalanan pun juga terdapat pawai gajah yang juga membantu menyemprotkan air ke seluruh penjuru.

Festival terkenal lainnya adalah festival Loi Krathong yang diadakan saat bulan purnama pada bulan ke-12 berdasarkan kalender budha. Festival ini diselenggarakan dengan melepaskan wadah kecil atau rakit yang dibuat dari patang pisang yang diisi bunga-bunga dan diatasnya diberi lilin dan dilepaskan ke danau, kolam, ataupun sungai. Fastival ini bertujuan sebagai persembahan ke dewa penguasa air yang disebuat Ra Mai Khongka. Bagai masyarakat Thailand, pelepasan Loi Krathong dipercaya dapat memberikan semacam peruntungan dalam hidup mereka.

 

Atraksi pertunjukan di Phuket

Selain pantai, patung budha besar, kuil wa chalong dan berbagai festival, di Phuket juga terdapat berbagai atraksi hiburan yang menjadi daya tarik wisata. Salah satu atraksi yang cukup terkenal adalah Phuket Fantasia yang terdapat di Pantai Kamala dan menampilkan pertunjukkan spektakuler ala Las Vegas di area seluas 140 hektar. Tempat tersebut sudah diset seperti tempat bermain besar yang menawarkan boot game dengan tema karnafal dan juga tokoh-tokoh dengan desain unik. Phuket fantasia juga menyajikan pertunjukan dengan efek forbie yang memanjakan mata anda dengan kemegahan setting pertunjukan.

Atraksi pertunjukan lainnya yang cukup terkenal adalah Phuket Simonkabaret yang terdapat di pantai Patong. Atraksi ini menunjukkan beberapa wanita cantik yang berdandan ala kabaret. Namun anda jangan terkecoh oleh kecantikan para wanita ini karena seluruh penari cabaret yang ada di Phuket Simonkabaret adalah seorang waria. Dengan lincah gemulai mereka melakukan atraksi menyanyi dan menari dengan gambar latar belakang yang berubah-rubah. Perubahan ini juga didukung oleh perubahan musik, cahaya, dan juga pakaian yang digunakan oleh para penari. Phuket simonkabaret telah menjadi salah satu atraksi menarik yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari seluruh dunia.

 

Itulah beberapa beberapa tempat wisata menarik di Phuket, Thailand. Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi disaat Anda akan berlibur ke Thailand. Lihat juga tempat wisata di Thailand lainnya.

Leave a Reply