Tempat Wisata di Thailand yang Wajib Dikunjungi

tempat wisata di thailand, tempat wisata di bangkok, objek wisata di thailand, istana raja thailand, grand palace thailand

Singapura, Malaysia, dan Thailand merupakan tiga Negara tetangga yang menjadi tujuan favorit wisatawan Indonesia di Luar negeri. Setelah membahas berbagai tempat wisata di Singapura dan Malaysia, kali ini kita akan membahas seputar tempat wisata di Thailand.

Thailand merupakan sebuah Negara kerajaan dengan Bangkok sebagai pusat pemerintahannya. Sebagai negera kerajaan yang mayoritas penduduknya Beragama Buddha, maka tidak heran jika di negara yang dijuluki negeri gajah putih ini memiliki banyak kuil dan patung-patung bersejarah. Namun sebenarnya disitulah keunikan dan daya tarik negara ini, sehingga sejumlah tempat di Thailand ramai dikunjungi wisatawan mancanegara. Jika Anda berkunjung ke Thailand, jangan sampai Anda melewatkan tempat-tempat menarik di bawah ini. Apa saja kah tempat wisata di Thailand yang wajib Anda kunjungi itu?

Grand Palace

tempat wisata di thailand, tempat wisata di bangkok, objek wisata di thailand, istana raja thailand, grand palace thailand

Tempat pertama yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung di Thailand adalah Grand Palace. Grand Palace merupakan kompleks istana yang dibangun pada tahun 1782. Sebagai istana, Grand Palace memiliki fungsi sebagai pusat pemerintahan sekaligus tempat tinggal para raja. Saat ini, Grand Palace telah menjadi objek wisata utama di Thailand, khususnya Bangkok, meski masih tetap digunakan sebagai tempat beribadah umat Budha di Thailand.

Bangunan bersejarah yang terletak di Rattanakosin Island ini memiliki arsitektur yang indah dengan nuansa emas nan megah. Tidak heran jika tempat ini dijadikan sebagai salah satu ikon wisata Thailand yang tidak pernah sepi pengunjung baik lokal maupun mancanegara. Perpaduan arsitektur khas Thailand dan sedikit sentuhan gaya barat menambah keindahan tempat ini. Di kompleks ini juga, kita juga bisa menemukan taman yang ditata bergaya Inggris.

Ada pula sebuah kuil yang dianggap paling sakral di Thailand. Di kuil ini, Anda bisa melihat patung Budha setinggi 66 cm berumur 700 tahun yang juga dianggap paling suci Thailand. Dalam satu tahun, ada tiga kali upacara penggantian baju patung Budha ini yang menjai salah satu atraksi menarik yang bisa Anda ikuti.

Untuk masuk ke Grand Palace, Anda diwajibkan membayar tiket masuk sebesar 500 Bath atau sekitar Rp175.000. Karena Grand Palace merupakan tempat yang disucikan umat Budha, maka gunakanlah pakaian yang sopan saat berkunjung di tempat ini. Disarankan untuk tidak memakai celana pendek/rok mini, tank top, atau sandal jepit saat bekunjung ke tempat ini.

 

Wat Arun

tempat wisata di thailand, tempat wisata di bangkok, objek wisata di thailand, temple of down,

The Temple of Down, begitulah para turis menyebutnya. Dinamakan demikian karena candi ini terkenal dengan keindahannya saat diterpa cahaya fajar dan senja hari, apalagi jika dilihat dari tepi sungai Vaho Phraya. Sangat romantis.

Nama Arun sendiri diambil dari salah satu nama dewa India yaitu Dewa Arun atau Dewa Matahari. Daya tarik lain dari Wat Arun adalah Phra Prang yang berada di tengah kompleks Wat Arun. Dengan arsitektur menara bergaya Khmer (arsitektur khas Kamboja), ditambah dengan porselen warna-warni yang selalu berkilauan jika diterpa cahaya sunset dan menampilkan siluet yang indah saat matahari sedang terbit ataupun tengah tenggelam.

Di Prang ini juga disediakan tangga menuju ke balkon yang ada di atas menara, dari atas Anda bisa menyaksikan pemandangan kota Bangkok 360 derajat. Hanya saja anak tangga yang harus anda lalui cukup curam dan sempit. Tapi hal ini membuat siapa saja tertantang demi mengetahui seperti apa view di atas sana.

 

Phuket

tempat wisata di thailand, tempat wisata di bangkok, objek wisata di thailand, pulau phuket thailand, patung budha besar, the big buddha thailand

Phuket adalah sebuah pulau wisata di Thailand seluas 576 km persegi, sedikit lebih kecil dari Singapura. Meski tidak terlalu besar, namun Phuket menawarkan pemandangan alam yang luar biasa dengan air laut yang dangat dan jernih. Beberapa tempat wisata di Phuket yang wajib Anda kunjungi antara lain Pantai Phatong, Pantai Kamala, serta taman Fantasia. Bagi Anda yang menyukai wisata religi, Anda juga mengunjungi The Big Budha, patung budha berukuran sekitar 45 meter. Jika bertepatan, Anda juga ikut serta dalam beberapa festival terbesar di Phuket, seperti festival air songkran dan festival Loi Krathong.

Wilayah ini sudah mulai dikembangkan sebagai kawasan wisata oleh pemerintah Thailand sejak tahun 1980an. Sampai saat ini hotel dan resort baru terus bermunculan di Phuket. Selain resort dan hotel, banyak juga villa dan rumah pribadi yang dibangun di pulau yang pernah dinobatkan sebagai salah satu tempat tujuan pensiun yang terbaik. Saat ini terdapat ribuan pensiunan dari berbagai negara yang tinggal di Phuket.

Selain akomodasi hotel dan restoran, transportasi dari dan menuju Phuket pun sangat mudah, mulai jalur darat, laut hingga udara. Bandara di Phuket melayani berbagai rute penerbangan termasuk dari Indonesia langsung menuju Phuket. Tidak hanya mudah, jalur udara biasanya menjadi cra paling murah dibandingkan dengan moda transportasi lain.

Lihat selengkapnya tentang : Tempat Wisata di Phuket.

 

Chatuchak Weekend Market

tempat wisata di thailand, tempat wisata di bangkok, objek wisata di thailand, pasar terbesar di asia, pasar chatuchak thailand

Jangan dulu pulang dari Thailand jika belum mengunjungi tempat yang satu ini. Bagi Anda pecinta belanja mungkin sudah pernah mendengar nama tempat belanja yang merupakan pasar terbsar di Asia Tenggara ini. Ya, Pasar Chatuchak (dibaca: Jatujak). Sesuai namanya, pasar ini hanya buka pada hari sabtu dan minggu, mulai pukul 9.00 sampai 19.00.

Ada labih dari 10 ribu kios di pasar ini. Phoduk yang jual pun sangat beragam, mulai dari pakaian, sepatu/sandal, aksesoris, perabot rumah tangga, buku, lukisan, patung-patung Budha, foot massage, hingga hewan peliharaan juga ada. Jadi, jangan tanya waktu yang yang dibutuhkan untuk berbelanja di sini. Anda pun tidak perlu khawatir masalah harga, semua harga barang di pasar ini tidak bikin kantong Anda bolong. Selain itu, kamu juga bisa nawar.

 

Koh Phi Phi

tempat wisata di thailand, tempat wisata di bangkok, objek wisata di thailand, pulau ko phi phi thailand,

Koh Phi Phi atau Phi Phi Island adalah salah satu dari beberapa pulau kecil yang berada di sekitar Phuket. Jadi, selain mengunjungi Phuket, wisatawan biasanya meneruskan perjalanan ke Pulau Phi Phi ini. Sebenarnya ada dua bagian dari Pulau Phi Phi, yaitu Koh Phi Phi Don dan Koh Phi Phi Leh. Namun yang banyak dikunjungi adalah Koh Pih Phi Don karena pulau ini yang lebih besar dan lebih hidup dibanding Phi Phi Leh. Pulau ini didominasi oleh hotel, restoran, serta pertokoan. Meski demikian, Phi Phi leh juga tetap menjadi incaran wisatawan karena di pulau ini terdapat Maya Beach. Pantai yang pernah dijadikan lokasi syuting film The Beach yang dibintang oleh Leonardo DiCaprio.

Jika Anda menontong film ini, Anda pasti sudah tau beteapa cantiknya pantai ini. Air lautnya yang hijau kebiruan serta dihiasi batu-batu karang tinggi yang berusia ratusan tahun adalah daya tarik utama pulau ini.Selain Maya Beach, di Phi Phi Leh Anda juga bisa mengunjungi Sama Bay yang lebih sering dijadikan tempat berjemur, berenang dan bersantai para turis mancanegara.

Selain itu, masih ada beberapa pantai lagi yang dapat Anda kunjungi di Phi Phi Island, namun beberapa yang terkenal adalah Long Taem Beach dan Loh Dalum. Untuk mengunjungi Pulau Phi Phi ini, sebaiknya Anda menggunakan travel agen. Selain memudahkan Anda dalam mengelilingi pulau cantik tersebut, Anda juga tidak dipusingkan lagi dengan transportasi dan akomodasi selama disana. Untuk satu orang dikenakan biaya sekitar 1200-3500 baht, tergantung dari travel yang Anda gunakan. Atau Anda juga bisa mengambil paket untuk mengunjungi berbagai tempat wisata di Thailand lainnya.

3 Comment

  1. […] kapal dagang dari Portugis, Perancis, Belanda dan Inggris. Namun kini Phuket telah berubah menjadi objek wisata di Thailand yang paling digemari oleh hampir sebagian besar penduduk dunia. Walaupun sebagian pantai yang […]

  2. […] Baca juga: Tempat Wisata di Thailand yang Wajib Dikunjngi […]

  3. […] negeri sendiri saja kalau liburan barang belanjaan bisa seabreg, apalagi pas ada kesempatan untuk wisata ke Thailand. Rugi berat deh kalau melewatkan ritual yang satu […]

Leave a Reply