Wisata Kuliner dan Belanja di Thailand yang Terkenal

pasar chatuchak, tempat wisata belanja di thailand, wisata belanja di thailand, tempat belanja di thailand, tempat wisata di thailand,

Thailand memang salah satu destinasi yang cukup diperhitungkan di Asia. Keindahan alamnya yang masih alami, serta keunikan peninggalan budaya dan sejarahnya memberikan daya tarik tersendiri yang menjadikan Thailand banyak di kunjungi wisatawan. Tidak hanya itu, Thailand juga terkenal dengan wisata kuliner dan belanjanya. Bagi Anda yang hobi berwisata dan juga berbelanja, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk berbelanja di negeri gajah putih ini. Di Thailand, banyak sekali tempat-tempat belanja yang membuat Anda tergoda, mulai dari pasar akhir pekan,  yang menawarkan barang-barang yang murah, pasar malam yang juga selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya, sampai pasar yang menawarkan barang-barang yang ramah dikantong.

Baca juga: Tempat Wisata di Thailand yang Wajib Dikunjngi

Nah, bagi Anda yang ingin berlibur di Thailand, berikut ini adalah beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi untuk melakukan wisata belanja di Thailand.

 

Chatuchak Weekend Market

pasar chatuchak, tempat wisata belanja di thailand, wisata kuliner di thailand, wisata belanja di thailand, tempat belanja di thailand, tempat wisata di thailand, Bagi Anda yang berkunjung ke Bangkok, Thailand, rasanya belum lengkap jika Anda tidak berkunjung ke salah satu pasar tradisional di Kota Bangkok yang terkenal dengan harga barangnya yang sangat murah, apalagi kalau bukan Pasar Chatuchak. Pasar yang hanya ada saat akhir pekan ini menjadi destinasi belanja bagi para wisatawan yang datang ke Bangkok. Jadim jika Anda berkunjung ke Bangkok saat akhir pekan, Pasar Chatuchak adalah tempat yang wajib Anda kunjungi.

Pasar Chatuchak ini terbilang sangat luas, karena terdiri dari 26 section. Bukan hanya tempat belanja, di pasar yang buka dari pukul 8 pagi hingga pukul 8 malam ini juga terdapat gerai-gerai makanan yang tersebar diseluruh penjuru pasar. Ada makanan khas Thailand serta makanan-makanan unik yang tidak Anda temui di tempat lain. Jadi selain memuaskan hasrat belanja Anda, Anda pun bisa menikmati kuliner Thailand dalam satu tempat.

Tidak hanya luas, Pasar Chatuchak juga dikenal sebagai pasar yang menjual barang murah dengan kualitas yang tidak murahan. Tak heran, banyak turis yang berburu aneka kerajinan lokal seperti ukiran kayu, tanah liat, patung Buddha, furniture, ataupun tas, pakaian, gantungan kunci dan masih banyak lagi. Selain itu, keunggulan lainnya adalah di Pasar Chatuchak ini kita bisa menawar harga barang yang akan kita beli.

 

Asiatique The Riverfront

tempat belanja di thailand, tempat belanja di bangkok, wisata belanja di thailand, wisata belanja di bangkok, tempat wisata di thailandTempat ini terbilang baru di Thailand. Berlokasi di Soi Charoen Krung, Bang Kho Laem, Bangkok. Asiatique ini merupakan salah satu tempat wisata belanja di Thailand yang wajib dikunjungi, karena ini adalah tempat wisata yang menggabungkan antara modernisasi dengan sejarah. Sebelumnya, Asiatique merupakan gudang tua yang terdapat di pelabuhan kuno Bangkok. Meskipun tergolong dalam bangunan yang sudah tua, Asiatique tidak memunculkan suasana yang kumuh ataupun seram. Hal yang membuat Asiatique lebih menarik lagi adalah letaknya yang terletak di tepi sungai Chao Praya yang yang sebelumnya merupakan pelabuhan pertama di Thailand.

Di Asiatique, para pengujung bisa menjumpai berbagai jenis barang-barang bermutu dengan harga yang terjangkau. Masuk pintu pertama, kita akan disambut dengan kedai-kedai makanan di kanan kiri. Selanjutnya kita akan memasuki kompleks yang disebut Were house kedua. Disini kita bisa melihat banyak toko pakaian dan souvenir khas Thailand, dan jangan khawatir harganya pun masih bisa kita tawar.

Di bagian tengah, kita bisa melihat kafe-kafe yang bisa kita jadikan tempat nongkrong dengan pemandangan Thailand ice atau bianglala putih yang indah menjulang tinggi. Jika Anda ingin menaiki bianglala tersebut, Anda harus mengeluarkan uang sebesar 250 Bath atau sekitar 97.500 rupiah. Tempat ini buka sejak pukul 5 sore hingga 11.30 malam. Pemandangan malam yang sempurna dan lokasi nongkrong yang seru memang ada disini.

 

Pratunam Night Market

tempat wisata di thailand, wisata belanja di thailand, wisata kuliner di thailand, pasar malam di thailandBangkok merupakan surga belanja bagi para wisatawan, karena banyak terdapat pasar atau pusat perbelanjaan yang tersebar di kota ini. Pasar malam atau night market adalah salah satu tempat belanja yang cukup popular dikalangan wisatawan dan sudah menjamur hingga ke seluruh sudut kota. Salah satunya ada di jalan Pectaburi di daerah Pratunam. Di sini, Anda bisa membeli berbagai macam pakaian, tas, sandal, aksesoris, dan lain sebagainya. Harga yang ditawarkan di temppat ini pun terbilang cukup murah, bahkan Anda bisa tawar menawar dengan para pedagang. Tak jarang mereka memberi diskon untuk menarik perhatian para pembeli. Untuk oleh-oleh, Anda bisa membeli berbagai macam pernak-pernik dengan simbol kuil ataupun gajah khas Thailand.

 

Pasar Malam Chiang Rai

wisata di thailand, wisata belanja di thailand, wisata kuliner di thailandSelain Bangkok, ada juga kota lain di Thailand yang menawarkan wisata belanja yang menarik. Kota tersebut adalah Chiang Rai. Selain terkenal dengan kuil putih dan suku leher panjangnya, propinsi yang terletak di utara Thailand ini bisa menjadi alternatif wisatawan untuk berburu oleh-oleh dan berwisata kuliner. Jika berkunjung ke Chiang Rai, cobalah untuk berkunjung di pasar malam tradisional yang terletak disepanjang jalan Rathanaked. Tempatnya pun tidak jauh dari Clock Tower yang merupakan salah satu landmark di kota ini.

Suasana tradisional sangat kental di pasar malam Chiang Rai. Sebab kita bisa menjumpai beberapa orang yang memainkan musik tradisonal Thailand atau penjual yang berpakaian tradisional suku Aka. Dan jika beruntung, kita juga menjumpai penjual kain tradisional khas Thailand yang sedang menenun. Anda dapat melihat proses pembuatan kain tradisional yang dijual dengan harga bervariasi mulai dari 100 bath. Selain kain tenun, disini Anda bisa membeli beragam kuliner, souvenir khas Thailand dan masih banyak barang-barang unik lainnya dengan harga yang cukup murah. Jangan segan-segan menawar karena disini penjual biasanya akan memberikan potongan harga jika membeli dari satu barang.

Bagi Anda yang muslim, Anda wajib berhati-hati jika membeli kuliner di sini. Karena ada beberapa makanan yang terbuat dari daging babi. So, Anda harus bertanya terlebih dahulu kepada penjual apakah makanan yang Anda beli mengandung babi atau tidak.

 

Kuliner Khas Thailand

Nai Mong Hoy Tod

wisata kuliner di thailand, kuliner khas thailand, jajanan thailand, makanan khas thailandHoy Tod merupakan salah satu kuliner kaki lima khas Thailand yang dulunya dibawa oleh imigran Cina berabad-abad yang lalu. Kuliner ini mirip dengan telur dadar dengan isian tiram lokal lalu dimasak di atas wajan ceper panas. Menu ini bisa dijadikan cemilan pengganjal perut karena rasanya yang lembut dan gurih. Jika Anda tertarik, pastikan sang penjual tidak menambahkan MSG atau vetsin, karena penambahan perasa ini sudah biasa disana.

 

Phad Thai

wisata kuliner di thailand, kuliner khas thailand, makanan khas thailand, nasi goreng alan thailandBagi Anda yang suka dengan olahan mie, Phad Thai bisa jadi pilihan kuliner saat berada di Bangkok. Konon, resep mie goreng ala Thailand ini berasal dari usaha yang dilakukan oleh pemimpin nasionalis Thailand pada tahun 1940 untuk membuat variasi olahan mie yang diketahui berasal dari Cina, namun masih menyisakan rasa khas Thailand. Menu ini dimasak dalam wajan panas, lalu mie di goreng dengan berbagai bahan tambahan, seperti daun bawang, tauge, udang kering, kuah asam, gula aren, dan campuran lainnya.

 

Tom Yum Goong (Hot and Sour Soup)

makanan khas thailand, wisata kuliner di thailand, kuliner khas thailand, tom yam thailandMenu ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang Indonesia, apalagi yang suka kuliner. Tapi jika Anda ingin mencoba versi aslinya di Thailand, dijamin rasanya lebih mantap. Banyak orang menyukai tom yam goong karena menu ini merupakan perpaduan yang pas antara rasa manis, asam, pedas dan asin. Sup yang sangat menyegarkan ini sering disajikan dengan udang, cumi atau ayam. Aromanya sangat khas dengan bumbu daun serai, daun lengkuas dan jeruk nipis, cocok dijadikan teman nasi.

Itulah beberapa informasi tempat wisata kuliner dan belanja di Thailand yang bisa Anda kunjungi saat berlibur di sana. Anda tidak perlu khawatir tidak menemukan sesuatu yang menarik di Thailand untuk di bawa pulang karena ada banyak tempat-tempat belanja yang tersebar di seluruh Thailand.

Leave a Reply