Mengenal Penyu Lebih Dekat di Pulau Penyu Bali

pulau penyu bali, cara ke pulau penyu, tempat wisata di bali, wisata di bali, tempat wisata bali, keindahan bawah laut, tanjung benoa bali,

Pulau Penyu merupakan salah satu wisata air menarik yang ada di Bali, tepatnya di Tanjung Benoa, Nusa Dua. Pulau ini menjadi salah satu tempat wisata di Bali yang paling terkenal yang wajib Anda kunjungi jika berkunjung ke pulau dewata. Sesuai namanya, di pulau ini wisatawan akan diajak ke penangkaran penyu dan melihat lebih dekat habitat hewan yang langka dan dilindungi ini.

Saat berkunjung kesini, wisatawan akan disuguhkan banyak hal menarik seperti melihat telur penyu yang dierami, penyu-penyu kecil, remaja hingga dewasa dan dapat berinteraksi secara langsung dengan beragam jenis penyu yang ada.

Wisatawan diijinkan menggendong, memeluk dan berfoto ria bersama penyu dari yang muda sampai yang paling tua. Tak hanya itu, pengunjung juga akan diberitahu banyak hal tentang penyu. Termasuk bagaimana cara benar dan tepat memelihara penyu dan telornya. Baik sebelum bertelor, ketika bertelor, telor yang baru menetas hingga penyu berusia lanjut.

pulau penyu bali, cara ke pulau penyu, tempat wisata di bali, wisata di bali, tempat wisata bali, keindahan bawah laut, tanjung benoa bali,

Meski namanya Pulau penyu, wisata ini juga memberikan suguhan lain yang lebih dekat dengan binatang langka seperti, iguana, ular, burung, kelelawar dan juga monyet. Pengunjung juga akan diajak ke laut lepas pantai dan menikmati pemandangan alam indah.

Serentetan kegiatan ini tentu akan menjadi pengalaman menarik, menambah pengetahuan dan tak terlupakan bagi pengunjung. Apalagi jika ada datang bersama keluarga dan mengajak buah hati untuk berdarmawisata.

Meski sudah sangat populer sebagai obyek wisata unggulan Bali, lokasi ini masih terjaga dengan baik. Masyarakat setempat yang berlatar belakang nelayan mengelola wisata ini secara swadaya. Sehingga pengunjung yang datang secara tak langsung turut melestarikan hewan penyu lewat kontribusi biaya masuk.

Menuju Pulau Penyu dengan Glass Bottom Boat (GBB)

pulau penyu bali, cara ke pulau penyu, tempat wisata di bali, wisata di bali, tempat wisata bali, keindahan bawah laut, tanjung benoa bali,

Salah satu keunikan menuju obyek wisata satu ini ialah adanya penyewaan Glass Bottom Boat. Ya, sebelum singgah ke Pulau Penyu wisatawan harus menaiki sebuah kapal yang beralaskan kaca transparan.

Glass Bottom Boat memang dedesain khusus agar seseorang yang naik diatasnya bisa melihat secara langsung dan dekat ekosistem bawah laut. Wisatawan yang menaiki GBB umumnya akan melihat warna-warni ikan dan terumbu karang.

Satu Glass Bottom Boat biasanya berkapasitas 10 orang atau lebih. Wisatawan yang menyewa akan menaiki GBB mulai dari Pantai Tanjung Benoa menuju Pulau Penyu. GBB yang kamu sewa nantinya juga akan membawamu kembali ke Pantai. Jarak tempuh sekitar 15 menit dan wisatawan diperbolehkan memberi makan ikan-ikan di dasar laut.

Harga dan Fasilitas Obyek Wisata Pulau Penyu

Wisata Pulau Penyu umumnya menawarkan satu paket watersport yang terdiri dari Glass Bottom Boat plus Pulau Penyu. Harganya bervariasi mulai dari Rp 350 ribu hingga lebih dari Rp 700 ribu. Tergantung jasa penyedia paket dan fasilitas menarik yang ditawarkan.

Umumnya satu paket tersebut dinikmati dalam durasi waktu 1 jam dan sudah termasuk tiket masuk ke Pulau Penyu, asuransi, petunjuk bermain, peralatan keselamatan dan pemandu. Namun, jika paket belum termasuk biaya masuk Pulau Penyu Anda akan dikenakan tarif sebagai berikut:

  • Wisatawan lokal (domestik): Anak-anak Rp 5 ribu per orang dan dewasa Rp 10 ribu per orang.
  • Wisatawan asing: Anak-anak Rp 10 ribu per orang dan dewasa Rp 20 ribu per orang.

Disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum berkunjung ke obyek wisata ini. Hal ini karena harga paket yang ditawarkan jauh lebih murah ketimbang saat datang langsung.

Selain itu, wisatawan juga disarankan membawa sejumlah peralatan pribadi seperti sunblock, handuk, sabun, shampo, topi, kacamata, pakaian ganti, sepatu atau sendal dan juga uang tunai.

Untuk transportasi ke Tanjung Benoa, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil dan bus pariwisata. Belum ada moda transportasi umum yang melewati kawasan tersebut. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas antar-jemput dari jasa penyedia paket ke Pulau Penyu.

Ketika lelah beraktivitas, wisatawan juga bisa beristirahat di sejumlah warung makan atau cafe yang berada di sekitar lokasi wisata. Layaknya fasilitas obyek wisata terkenal di Indonesia lainnya, di tempat tersebut juga ada toilet, tempat ibadah, pasar oleh-oleh dan souvenir. Obyek wisata ini masih dalam proses pengembangan sehingga belum ada penginapan memadai untuk wisatawan Pulau Penyu Bali. Namun, Anda masih bisa mencari dan memilih penginapan yang letaknya tak jauh dari lokasi tersebut.

Leave a Reply