Wisata Alam ke Taman Hutan Raya Juanda Bandung

goa jepang, taman hutan raya juanda, tempat wisata di bandung, lokasi wisata di bandung, objek wisata di bandung, peningglan sejarah di bandung, goa sejarah, spot wisata

Bagi kamu yang masih merasa bingung menentukan tempat wisata di Bandung ketika libur tiba, Taman Hutan Raya Juanda Bandung bisa menjadi pilihan. Apalagi jika Anda suka dengan wisata alam yang jauh dari hingar bingar kehidupan ibu kota, lokasi ini sangat cocok untuk dipilih. Suasana sejuk dan damai serta udara yang begitu segar akan membuat tubuh kita rileks. Dengan begitu stress dan kepenatan pikiran akan hilang ketika berada di sana. Lokasi wisata alam ini bisa dibilang cukup jauh dari kota Bandung. Taman ini berada di antatara Dago dan Maribaya Lembang. Seperti apakah keindahan spot wisata kali ini?

 

Taman Hutan Raya Juanda, Lokasi Tepat Berwisata Alam di Bandung

Karena lokasinya yang cukup jauh dari kota Bandung, sarana transportasi alternatif menuju Taman Hutan Raya Juanda Bandung sangat minim. Bahkan untuk sampai ke pintu gerbang lokasi wisata, tidak tersedia angkutan umum yang bisa membawa kita sampai di sana. Dengan kata lain kita harus menggunakan kendaraan pribadi jika ingin berkunjung ke tempat ini. Kita bisa dengan mobil motor maupun sepeda untuk pergi ke kawasan wisata ini. Untuk masuk ke taman ini, kita akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp 10.500 per orangnya. Sedangkan untuk parkir kendaraan akan dikenai biaya Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 3.000 untuk motor.

goa jepang, taman hutan raya juanda, tempat wisata di bandung, lokasi wisata di bandung, objek wisata di bandung, peningglan sejarah di bandung, goa sejarah, spot wisata

Ada beberapa destinasi menarik yang bisa kita masuki ketika berada di Hutan Raya Juanda Bandung. Yang pertama adalah Gua Jepang yang dibangun pada tahun 1942 ketika Jepang sedang menguasai negeri Indonesia. Untuk masuk ke dalam gua pengunjung akan ditemani oleh seorang guide. Karena keadaan di dalam gua yang begitu gelap, pengunjung disarankan untuk menyewa senter dengan biaya sebesar Rp 5.000 per satu senter. Kalau mau lebih hemat, silahkan membawa senter sendiri dari rumah. Bagi yang takut ketika memasuki gua, cobalah untuk menghilangkannya karena gua ini berbeda dengan gua lainnya. Meskipun di beberapa bagian tidak ada cahaya yang masuk, namun di sini ada banyak sekali ventilasi udara yang tersedia sehingga tidak terasa pengap. Gua yang pernah dijiadikan gudang persenjataan ini menurut petugas memiliki akses menuju jalan Maribaya sebagai jalan alternatif tentara Indonesia untuk menyerang musuh.

Setelah gua Jepang, destinasi selanjutnya adalah ke Curug Omas (Air Terjun Omas) dan Penangkaran Rusa. Sayang lokasi kedua destinasi ini cukup jauh yaitu sekitar 6 kilometer. Bagi yang memiliki stamina kuat bisa dicoba menyusuri jalan sepanjang itu untuk menuju ke sana. Dijamin walaupun lelah melanda kita tidak akan menyesal karena pemadangan di sepanjang jalan sungguh sangat menakjubkan. Bagi yang tidak memiliki stamina kuat, jangan khawatir karena di sana ada juga tukang ojek yang bisa mengantar kita sampai tujuan. Tarif ojek ini berkisar antara 60 sampai 70 ribu dua kali jalan yaitu pulang dan pergi. Lama perjalanan menggunakan jasa ojek adalah setengah jam. Setelah perjalanan yang begitu mengasyikkan karena kita bisa disuguhi pemandangan hijau selama perjalanan, kita akan sampai di Curug Omas.

air terjun omas, taman hutan juanda, tempat wisata di bandung, lokasi wisata di bandung, objek wisata di bandung, wisata alam di bandung, spot wisata

Curug Omas merupakan sebuah wisata air terjun yang lumayan tinggi. Karena dasar air terjun yang begitu dalam, pengunjung tidak bisa mendekat ke sana. Sebagai gantinya ada sebuah jembatan di atas air terjun yang akan memberikan pemandangan indah ketika kita di atasnya. Suara air yang mengalir serta percikan air yang mengenai wajah kita akan membuat suasana jadi begitu tenang.

Bagi yang merasa kelaparan karena perjalanan yang cukup jauh, jangan khawatir karena di sana sudah ada penjual makanan yang kebanyakan menjajakan makanan khas Sunda. Udara dingin serta rasa lelah yang melanda, sangat pas untuk menikmati sepiring makanan ditemani segelas minuman panas. Jika sudah lelah berada di area Curug Omas, kita bisa menuju ke penangkaran rusa. Di dalam lokasi penangkaran tersedia 7 ekor rusa yang sedang dikembang biakkan. Kalau rusa belum diberi makan, kita bisa memberinya makan secara langsung. Setelah kedua lokasi ini puas dijelajahi, kini waktunya untuk turun ke Taman Hutan Raya Juanda Bandung dan bersiap untuk pulang.

Leave a Reply