Pantai Anyer, Pantai Eksotis yang Paling Terkenal di Banten

Mercusuar Cikoneng Anyer, pantai Anyer Banten, Patai Anyer Serang, tempat wisata di banten

Pantai Anyer merupakan pantai yang paling terkenal dan sering dikunjungi oleh wisatawan lokal. Berbicara mengenai pantai anyer mengingatkan pada lagu yang pernah dinyanyikan oleh Sheila Majid dan melejit di akhir tahun 1980an. Penggalan liriknya “Antara Anyer dan Jakarta, kita jatuh cinta. Antara Anyer dan Jakarta, kisah cinta tiga malam”. Keindahan dan suasana Pantai Anyer tidak bisa diragukan lagi, tak salah jika pantai ini menjadi salah satu tempat wisata yang paling populer di Banten. Perpaduan pasir putihnya yang indah dengan sejuknya semilir angin membuat Pantai Anyer Banten cocok untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga di akhir pekan.

Baca juga tempat wisata di Banten yang wajib dikunjungi

 

Lokasi Pantai Anyer

pantai anyer banten, lokasi pantai anyer, peta pantai anyer, tempat wisata di bantenLokasi Pantai Anyer berada di kecamatan Anyer, Serang, Banten. Sebagian besar wilayah di daerah ini adalah pantai. Hal inilah yang menjadikan pantai-pantai di sepanjang kecamatan ini lebih akrab disebut pantai Anyer. Oleh karenanya, pantai Anyer bukan merupakan pantai tunggal, akan tetapi pantai ini adalah kumpulan dari pantai-pantai yang membentang di sepanjang kawasan Anyer. Setidaknya terdapat tujuh pantai yang berada di satu garis pantai Anyer, diantaranya yaitu :

  1. Pantai Marina; menawarkan berbagai permainan juga olahraga air. Variasinya juga lebih banyak dibandingkan dengan yang ada di pantai Sambolo.
  1. Pantai Marbella; Letak pantai ini berada di depan Hotel Marbella.
  1. Pantai Sambolo; paling cocok untuk Anda yang senang berenang, berolahraga air, ataupun berselancar.
  1. Pantai Pasir Putih Florida; pantai paling romantis karena hamparan pasirnya yang putih dan halus.
  1. Pantai Karang Suraga; Ombak di pantai ini tidak terlalu besar, sehingga cocok untuk anak-anak. Di sepanjang tepi pantai ini terdapat banyak warung makanan yang enak dan siap memanjakan pengunjung.
  1. Pantai Karang Bolong; Pantai ini berada di jalan Raya Anyer ke Carita. Karang besar yang bolong alias berlubang karena proses alami terkena deburan ombak merupakan hal yang menarik dari pantai ini.
  1. Pantai Cibeureum; menjadi pilihan tempat untuk bersantai dengan udaranya yang paling sejuk.

 

Pantai Anyer dan Pantai Carita Beda lho..

pantai anyer banten, pantai anyer serang, pantai serang carita, tempat wisata di bantenKebanyakan orang masih bingung dalam membedakan antara Pantai Anyer dan Pantai Carita. Hal ini dikarenakan lokasi keduanya yang cukup berdekatan, bahkan beberapa orang ada yang menamainya sebagai Pantai Anyer Carita. Padahal secara geografis letaknya berbeda. Pantai Anyer berada di kecamatan Anyer, Serang, sementara lokasi Pantai Carita ada di kecamatan Carita, Pandeglang.

Apabila perjalanan yang ditempuh dari Jakarta, Pantai Carita menjadi lebih jauh, sebab ini lebih dekat dengan Selat Sunda. Walaupun begitu, keduanya memiliki pesona Indonesia yang mengesankan dan tidak boleh terlewatkan.

 

Mengapa harus ke Pantai Anyer Banten

Indonesia yang menjadi negara kepulauan, memungkinkan banyak memiliki pantai yang dimulai dari ujung Aceh, Sumatera hingga Irian Jaya dan Papua. Kemudian, apa alasannya memilih berkunjung ke pantai Anyer?

Pertama, jarak tempuhnya dekat bila Anda yang berada di Jakarta karena hanya perlu menempuh perjalanan dalam waktu 2 hingga 2,5 jam tanpa macet. Sekitar 4 jam bila akhir pekan atau bertepatan dengan waktu liburan. Dengan kata lain, Lokasi pantai Anyer yang mudah dicapai masih menjadi alasan utama menjadikan pantai Anyer sebagai destinasi wisata khususnya warga Jakarta untuk menghabiskan waktu di akhir pekan maupun hari libur lainnya.

Di samping itu, pengunjung bisa menjelajahi banyak tempat menarik di Pantai Anyer. Hal ini dikarenakan pantai Anyer terdiri dari banyak pantai yang tentunya bisa ditelusuri keindahannya.

 

Apa yang bisa dilakukan di Pantai Anyer?

Mercusuar Cikoneng Anyer, pantai Anyer Banten, Patai Anyer Serang, tempat wisata di banten
Mercusuar Cikoneng

Liburan di pantai bersama keluarga atau teman tentu menjadi hal yang menyenangkan. Berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di pantai Anyer, diantaranya seperti :

  1. Berenang atau melakukan olahraga air lainnya.
  2. Bermain pasir, membangun istana pasir.
  3. Snorkeling, Anda bisa menyewa perlengkapan untuk kegiatan ini.
  4. Surfing, Anda bisa memilih pantai dengan ombak yang besar.
  5. Menikmati matahari terbenam dan terbit.
  6. Berkumpul dan menikmati waktu yang berkualitas dan berharga. Waktu tidak bisa diulang, sehingga harus digunakan sebaik mungkin, bisa dengan berkumpul di pantai Anyer.

Anda yang berkeinginan untuk melihat Anyer dari ketinggian bisa dengan mendatangi Mercusuar Cikoneng. Letaknya ada di kampung Anyer Kidul. Mercusuar memiliki 15 lantai berjendela dan tingginya mencapai 60 meter. Bangunan ini juga masih memiliki lampu tua. Anda memerlukan tenaga yang cukup untuk sampai di atas mercusuar. Keindahan pantai Anyer dari ketinggian akan menghapuskan rasa lelah.

 

Akomodasi di Anyer Banten

Akomodasi memang lebih baik dipersiapkan, apalagi Anda yang berencana untuk menghabiskan beberapa waktu di Pantai Anyer. Tidak ada salahnya Anda stay untuk bisa menikmati Anyer yang asli, karena mungkin saja merasakan kurang lengkap bila berkunjung ke Anyer hanya satu hari.

Di sekitar kawasan Pantai Anyer Banten banyak pilihan penginapan, hotel, homestay, villa hingga cottage yang tentunya bisa disewa sesuai dengan budget dan keperluan Anda. Sebagian penginapan menawarkan fasilitas bagus seperti AC, kolam renang, dan termasuk layanan olahraga air. Tempat yang murah hingga berkelas, semuanya ada di Anyer.

Leave a Reply