Berburu Makanan Khas Lombok

Makanan khas lombok, kuliner khas lombok, masakan khas lombok, wisata kuliner lombok, plecing kangkung, ayam bakar taliwang, ayam pedas taliwang

Berburu makanan khas Lombok menjadi salah satu tujuan wisatawan pergi ke pulau indah ini. Tentunya selain mengunjungi berbagai tempat wisata di Lombok seperti pantai dan Pulau Gili-nya yang sangat mepesona. Pulau Lombok memiliki banyak sekali kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan. Berbagai makanan yang disajikan pastinya tidak akan Anda temukan di tempat lain. Namanya juga makanan khas jadi pastinya hanya bisa ditemukan di daerah itu. kalaupun bisa ditemukan di daerah lain, biasanya rasanya tidak sama dengan di daerah asalnya. Makanan asli pulau Lombok ini terkenal dengan rasanya yang pedas. Jadi beruntunglah bagi yang suka dengan rasa pedas dan tidak memiliki pantangan untuk memakannya. Mau tahu makanan apa saja yang hanya bisa ditemukan di Lombok?

 

Dua Makanan Khas Lombok yang Harus Dicoba

Untuk mempermudah menemukan destinasi menarik ketika berburu makanan khas Lombok, di bawah ini akan kami berikan informasi mengenai lokasi di mana Anda dan teman-teman bisa membelinya. Makanan khas dari Lombok yang sayang untuk dilewatkan ini adalah:

 

Ayam Bakar Pedas Taliwang

ayam pedas taliwang, makanan khas lombok, masakan khas lombok, kuliner khas lombok, wisata kuliner lombok, resep ayam pedas taliwangTak lengkap rasanya kalau pergi ke pulau Lombok jika tidak mencicipi makanan satu ini. Dahulunya makanan ini merupakan makanan para raja yang saat ini sudah menjadi makanan seluruh masyarakat. Anda bisa dibilang rugi jika tidak mencicipi makanan ini ketika berada di Lombok karena rasanya sangatlah berbeda dengan ayam taliwang yang dijual di tempat lain. Rasa yang berbeda ini ternyata disebabkan oleh aturan memasak ayam taliwang yang tidak boleh sembarangan. Seperti jenis ayam yang harus ayam kampung, umurnya harus masih muda dan juga tidak boleh menggunakan alat modern. Jika seluruh hal ini tidak dijalankan, maka rasa hasil masakan ayamnya tidak selezat masakan aslinya. Inilah yang membedakan ayam taliwang yang ada di Lombok dengan di daerah lainnya.

Untuk bisa mencicipi lezatnya salah satu makanan khas Lombok ini, Anda bisa datang ke kawasan Cakranegara, Lombok. Di sana bisa ditemukan banyak rumah makan yang menjual ayam taliwang. Salah satu rumah makan yang direkomendasikan adalah di Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Irama yang beralamatkan di Jl. Ade Irma Suryani No. 10 Cakranegara. Untuk satu porsi ayam taliwang, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 30.000 saja. Cukup murah bukan? Selain ayam taliwang, ada jenis makanan khas Lombok lain yang bisa dipesan di sana.

 

Plecing Kangkung

restoran di lombok, rumah makan di lombok, makanan khas lombok, masakan khas lombok, kuliner khas lombok, plecing kangkung, ayam pedas taliwang, ayam bakar taliwang, spot wisata, Mendengar nama makanan ini mungkin beberapa orang merasa tidak ada yang istimewa karena terbuat dari kangkung. Tapi jangan salah persepsi dulu karena plecing kangkung memiliki rasa yang sangat lezat. Sekali merasakannya dijamin akan jatuh cinta dan ingin terus memakannya. Rasanya yang lezat ternyata didasari oleh pemilihan bahan-bahannya. Kangkung yang digunakan berbeda dengan kangkung yang ada di pulau Jawa. Kangkung dari Lombok-lah yang digunakan di mana kangkung itu merupakan kangkung air. Dengan metode tertentu, kangkung ini bisa memiliki batang yang besar tapi renyah ketika dimasak. Terasi yang digunakanpun tidak sembarangan. Terasi khas Lombok yang dibuat di Lengkare menjadi kunci kelezatan sambalnya.

Untuk bisa mendapatkan salah satu makanan khas Lombok ini Anda bisa mencarinya di kawasan Mataram, Lombok. Salah satu rumah makan yang menjadi rekomendasi untuk mencari plecing kangkung ini adalah Rumah Makan Dua EM Bersaudara. Rumah makan tersebut beralamatkan di Jl. Trasmigras No. 99 Mataram, Lombok. Anda bisa memesan plecing kangkung dengan sambal tomat pedas. Satu porsi plecing kangkung bisa dinikmati hanya dengan merogoh kocek sebanyak Rp 7.500 saja. Sama dengan rumah makan yang menjual ayam taliwang di atas, rumah makan ini juga menyediakan berbagai menu khas pulau Lombok lainnya. Sehingga tak perlu pergi ke beberapa rumah makan untuk mencicipi makanan khas dari Lombok. Cukup datang ke satu rumah makan saja Anda sudah bisa memesan berbagai makanan khas Lombok. Tapi yang paling istimewa dari menu yang dijual di rumah makan ini hanya satu yaitu plecing kangkungnya yang sangat menggugah selera.

Itulah dua makanan khas Lombok yang sayang untuk dilewatkan selain itu masih ada beberapa makanan khas daerah ini yang bisa untuk dicicipi.

Leave a Reply