Kebun Raya Bogor, Wisata Asik sambil Mengenal Tanaman

kebun raya bogor, tempat wisata di bogor,

Kebun Raya Bogor adalah salah satu lokasi wisata di Bogor yang paling populer. Tempat wisata alam yang menyuguhkan koleksi aneka tanaman langka dengan jumlah mencapai ribuan dari beragam spesies ini mampu mencuri banyak perhatian wisatawan domestik dan luar negeri. Bahkan dari segi ukuran, tanaman yang berada di Kebun Raya Bogor ini juga bervariasi, mulai dari yang sangat kecil sampai yang memiliki ukuran raksasa. Bagi warga sekitar Kota Bogor sendiri, tempat ini menjadi objek pilihan yang wajib dikunjungi ketika musim liburan telah tiba. Lokasi Kebun Raya Bogor tepatnya berada di alamat Jl. Ir. H. Juanda Nomor 13 Kota Bogor, Propinsi Jawa Barat. Salah satu tempat wisata alam yang sangat mudah dijangkau oleh pengunjung yang ingin datang dari dalam Kota Bogor maupun luar kota.

Kebun-Raya-Bogor

Lokasi Kebun raya Bogor yang berada di tengah kota juga menjadi keuntungan tersendiri dimana warga Bogor tidak perlu jauh-jauh untuk melakukan liburan di akhir pekan. Tidak salah bila tempat yang teduh, nyaman, dan tenang ini juga menjadi tujuan warga kota-kota sekitar Bogor seperti Depok, Tangerang, Bekasi dan Jakarta.

 

Menikmati Indahnya Wisata Alam di Bogor

Kebun Raya Bogor memiliki luas yang mencapai 87 hektar dengan lebih 15.000 macam koleksi tumbuhan dan pohon di dalamnya. Tidak heran jika Kebun Raya Bogor akan sangat padat oleh pengunjung di hari Sabtu dan Minggu. Awalnya kebun ini merupakan taman buatan yang sudah ada sejak pemerintahan Prabu Siliwangi di tahun 1474 hingga 1513 yang asalnya dari Kerajaan Sunda sebagaimana yang telah tertulis di prasasti Batutulis. Tujuan adanya taman buatan ini untuk menjaga kelestarian alam serta lingkungan dan digunakan juga untuk memelihara benih-benih tanaman langka. Salah satu koleksi pohon dan tumbuhan langka yang ada di Kebun Raya Bogor ini adalah Bunga Bangkai yang menjadi daya tarik utama pengunjung. Bunga Bangkai ini mampu mencapai tinggi 2 meter dan merupakan bunga majemuk terbesar di dunia tumbuhan. Sedangkan untuk pohon langka yaitu berupa kelapa sawit tertua di Asia Tenggara dan hingga saat ini masih hidup di Kebun Raya Bogor.

kebun raya bogor, tempat wisata di bogor, wisara murah di bogor, objek bisata di bogor

Berkunjung ke tempat ini sangat banyak manfaatnya, selain untuk merelaksasikan fikiran yang penat akan hiruk pikuk perkotaan, juga pengunjung dapat bertemu dengan aneka ragam tanaman langka dengan jumlah yang sangat banyak. Tidak salah jika lokasi ini sering digunakan sebagai tempat penelitian mengenai tumbuh-tumbuhan karena seluruh tanaman ada di setiap sudut Kebun Raya Bogor ini. Ajak keluarga dan sanak saudara Anda kemari dan menikmati dinginnya Kota Bogor. Terdapat beberapa area yang bisa dikunjungi seperti Kebun, Pusat Informasi, Herbarium, Rumah Anggrek, Toko Tanaman, Toko Oleh-oleh, Museum Zoologi, Cafe, Kantor dan Perpustakaan Umum.

 

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Untuk memasuki kawasan wisata Kebun Raya Bogor ini, pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk yang cukup murah. Bisa dibilang termasuk salah satu tempat wisata di Bogor yang murah meriah. Meski begitu, sebaiknya sampaikan terlebih dahulu tujuan kunjungan Anda kesini. Karena jika tujuan ke lokasi ini bukan untuk wisata melainkan seperti acara pertemuan, penelitian, pernikahan, syuting dan sebagainya maka harga tiketnya cukup berbeda karena pengelola juga akan menyediakan fasilitas guna memenuhi keperluan saat acara. Untuk tiket yang perlu di bayar oleh pengunjung sebagai berikut :

  • Tiket Wisatawan Lokal : Rp 14.000
  • Tiket Wisatawan Asing : Rp 25.000
  • Parkir Motor : Rp 5.000
  • Tiket Sepeda Keliling : Rp 5.000
  • Tiket Mobil Keliling : Rp 30.000

Untuk menanyakan perihal tiket khusus event tertentu maka langsung saja menghubungi perihal pengelola yang menjaga loket.

Leave a Reply