7 Tempat Wisata Paling Populer di Garut Jawa Barat

pantai santolo, tempat wisata di garut, wisata di garut, obyek wisata di garut, tujuan wisata di garut

Mendengar nama Garut mungkin yang terlintas di benak kita atalah dodol garut. Yup, tidak salah memang karena Garut terkenal sebagai penghasil dodol. Tapi tahukah Anda bahwa di daerah penghasil dodol ini tersimpan banyak tempat wisata, khususnya wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Berikut beberapa tempat wisata di garut yang paling popular yang bisa Anda kunjungi saat berlibur.

 

Pantai Santolo

pantai santolo, tempat wisata di garut, wisata di garut, obyek wisata di garut, tujuan wisata di garutPantai Santolo merupakan salah satu pantai yang paling popular di Garut dan sekitarnya. Bahkan masyarakat di daerah Jawa Barat lainnya seperti Bandung banyak yang berkunjung ke pantai ini untuk berlibur. Pantai yang berada di Selatan Kota Garut, tepatnya di kecamatan Cikelet ini memang menawarkan pemandangan pantai yang indah, ditambah pasir putih dan air lautnya yang jernih nan asri membuat siapa saja terigur untuk mengunjunginya. Apalagi ditunjang dengan fasilitas yang memadai seperti penginapan dan rumah-rumah makan yang berada di sekitar pantai. Tak heran jika ini selalu ramai pengunjung terlebih saat hari-hari libur.

 

Pantai Rancabuaya

ranca buaya, tempat wisata di garut, wisata di garut, obyek wisata di garut, tujuan wisata di garutSelain Pantai Santolo, ada juga pantai Indah di Garut lainnya yang cukup terkenal yaitu Pantai Rancabuaya. Lokasinya yang menghadap langsung ke Samudera Hindia membuat ombak di pantai ini cukup lumayan besar. Di pantai ini juga terdapat banyak terdapat batu-batu dan karang-karang yang besar, sehingga memberikan keindahan tersendiri dibanding pantai lainnya. Andapun bisa melihat lansung ikan-ikan yang asik berenang keluar masuk karang. Asiknya lagi, pengunjung Pantai Rancabuaya bisa menikmati air terjun yang berada tidak jauh dari tepi Pantai sambil menikmati keindahan pantai.

 

Situ Bagendit

situ bagendit, danau situ bagendit, tempat wisata di garut, wisata di garut, obyek wisata di garut, tujuan wisata di garutSitu Bagendit merupakan sebuah danau yang terletak di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi. Danau ini menjadi salah satu objek wisata di Garut yang cukup terkenal karena kebersihan dan lingkungannya yang masih terjaga dengan baik. Selain menikmati keindahan alam pegunungan di sekitar danau, Anda juga bisa beberapa aktivitas di sini seperti memancing, bersepeda air atau mengelilingi danau dengan rakit.

 

Curug Orok

curug orok, air terjun orog, tempat wisata di garut, wisata di garut, obyek wisata di garut, tujuan wisata di garutDalam Bahasa Indonesia, curug berarti air terjun dan orok berarti bayi, jadi curug orok artinya Air Terjun Bayi. Dinamakan demikian, karena menurut penduduk setempat konon dulu ada seorang ibu yang membuang anaknya yang masih bayi dari atas air terjun. Ada juga yang mengatakan asalnama tersebut karena air terjun ini memiliki beberapa air terjun kacil di sampingnya sehingga disebut anaknya. Terlepas dari penamaannya, air terjun setinggi 45 meter ini memang cukup popular bagi masyarakat Garut dan sekitarnya. Pemandangannya masih asri, karena dikelilingi oleh kebun teh. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahannya, Anda bisa datang ke Desa Cikandang, tempat air terjun ini berada. Pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar 10.000 rupiah per orang.

 

Gunung Papandayan

mendaki di gunung papandayan, gunung di garut, tempat wisata di garut, wisata di garut, obyek wisata di garut, tujuan wisata di garutBagi Anda yang masih kuat dan menyukai petualangan bisa mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Gunung Papandayan merupakan gunung merapi yang cukup terkenal sebagai tempat wisata di Jawa Barat, terutama Bandung dan Garut. Daya Tarik tempat wisata yang satu ini adalah adanya kawah-kawah dan air panasnya. Beberapa kawah yang popular di kalangan wisatawan seperti Kawah Baru, Kawah Mas, Kawah Manuk, dan Kawah Nangklak. Selain itu, banyak pendaki yang mendaki dunung ini untuk menikmati keindahan matahari terbit. Gunung Papandayan terletak di Kecamatan Cisurupan, sekitar 70 Km di sebelah tenggara kota Bandung.

 

Air Panas Cipanas

permandian air panas, tempat wisata di garut, wisata di garut, obyek wisata di garut, tujuan wisata di garutAir panas Cipanas merupakan tempat wisata di Garut Jawa Barat yang memiliki sumber air panas alami. Permandian air panas ini hanya berjarak 6 Km dari Kota Garut atau 50 Km dari Kota Bandung. Sepanjang perjalanan, pengunjung akan disuguhkan dengan hamparan persawahan yang indah dengan udara yang sejuk serta pemandangan Gunung Guntur yang merupakan sumber air panas di permandian ini. Ada banyak fasilitas yang disediakan untuk para pengunjung seperti kolam renang, permainan air, hingga penginapan yang diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin bermalam disini.

 

Kawah Putih; Telaga Bodas

telaga bodas, tempat wisata di garut, wisata di garut, obyek wisata di garut, tujuan wisata di garutJika di Bandung terdapat kawah putih Ciwidey, maka di Garut ada telaga Bodas. Telaga Bodas yang juga berarti Danau Putih merupakan danau yang terbentuk akibat letusan gunung berapi. Di tempat ini, Anda bisa menikmati suasana pegunungan yang sejuk dengan danau khas berwarna putih jehijauan. Para pengunjung yang datang juga bisa berendam di air panas kawah ini yang dipercaya bermanfaat untuk kesehatan kulit karena airnya yang megandung belerang.

1 Comment

  1. Tempat wisata di Garut memang keren-keren lur… Hatur nuhun infonya. Salam

Leave a Reply