Tantang Adrenalin Dengan Body Rafting Green Canyon Pangandaran

Green Canyon Jawa Barat, Green Canyon Pangandaran, Graan Canyon, Wisata Green Canyon, Body Rafting Green Canyon

Bagi saya, liburan sambil melakukan kegiatan yang menantang adrenalin sangatlah seru. Apalagi kalau tempat yang dituju masih alami, dipenuhi pepohonan, dan tentu saja bisa sekalian berbasah-basah ria. Nah, kalau kamu juga menyukai hal yang menantang adrenalin, cobalah untuk melakukan body rafting Green Canyon Pangandaran saja. Rasa bosan dan penat yang kamu bawa ke sana, dijamin langsung menguap tak bersisa.

 

Lokasi Green Canyon Pangandaran

Green Canyon Pangandaran terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kalau ditempuh dari kota Ciamis, jaraknya sekitar 130 km. Tapi kalau ditempuh dari kota Pangandaran, jaraknya hanya sekitar 31 km. Tempat ini dapat dijangkau dari berbagai arah dengan kendaraan pribadi, bus, motor, elf, dan minibus.

Green Canyon Jawa Barat, Green Canyon Pangandaran, Graan Canyon, Wisata Green Canyon, lokasi Green Canyon

Kalau kamu memulai perjalanan dari Jakarta, rute yang dapat ditempuh adalah : Jakarta – Bandung – Tasikmalaya – Ciamis – Kota Banjar – Pangandaran – Parigi – Cijulang dengan jarak kurang lebih 170 km. Atau, Jakarta – Bandung – Tasikmalaya – Cipatujah – Cikalong – Cimanuk – Cijulang dengan jarak kurang lebih 60 km.

Biarpun jalur kedua ini lebih dekat, namun akses jalannya tidak mulus. Apalagi kamu harus sering berpapasan dengan truk pengangkut pasir besi. Sedangkan kalau kamu memulai perjalanan dari arah Jawa Tengah, rute kendaraan yang dapat ditempuh adalah Kota Tasik – Ciamis – Kota Banjar – Pangandaran – ikuti rute selanjutnya di atas.

Untuk bisa tiba di lokasi Green Canyon, kamu harus naik perahu kayu dari Dermaga Ciseureuh dengan jarak kurang lebih 3 km, atau dapat ditempuh sekitar 30 – 45 menit dengan biaya sewa sekitar Rp150.000* untuk 5 – 6 orang. Tapi kalau kamu tertarik berenang, kamu harus membayar biaya tambahan untuk menyewa pelampung atau ban bekas dari pemiliki perahu.

 

Body Rafting Green Canyon Pangandaran

Green Canyon Jawa Barat, Green Canyon Pangandaran, Graan Canyon, Wisata Green Canyon, Body Rafting Green Canyon

Sebelum kamu melakukan body rafting, kamu perlu tahu dulu sebenarnya apa sih body rafting itu. Jadi kira-kira body rafting itu adalah aktivitas yang dilakukan di alam bebas (outdoor) dengan cara menghanyutkan diri sambil menyusuri aliran arus sungai dengan menggunakan ban/pelampung. Suasana yang cukup menantang adrenalin ini bikin peserta yang ikut heboh sendiri karena harus menghadapi tantangan di tengah derasnya aliran sungai.

Air yang akan kamu lewati saat melakukan body rafting Green Canyon mengarah ke sebuah gua dengan air yang begitu jernih dan arus lumayan deras sehingga pas banget untuk olahraga air. Biarpun kamu nggak bisa berenang, nggak usah khawatir karena kamu bakal dibekali jaket keselamatan serta dikawal oleh pemandu profesional dan andal.

Saat kamu melakukan body rafting Green Canyon sepanjang 5 km, kamu bisa menikmati pemandangan yang begitu elok dengan rentang waktu antara 3 – 4 jam. Jaraknya memang lumayan jauh. Nantinya, peserta harus menyusuri sungai sambil berenang serta memanjat tebing yang terletak di sisi-sisi Sungai Cijulang agar dapat terhindar dari arus deras. Peserta tidak boleh nekat menerobos arus deras karena cukup berbahaya. Apalagi buat kamu yang nggak bisa berenang. So, sebelum melakukan body rafting, kamu harus mengikuti semua instruksi yang diberikan oleh pemandu demi keamanan diri.

 

Waktunya body rafting Green Canyon Pangandaran

Green Canyon Jawa Barat, Green Canyon Pangandaran, Graan Canyon, Wisata Green Canyon, Body Rafting Green Canyon

Body rafting Green Canyon ini akan start di bagian hulu sungai. Untuk bisa sampai ke sana, peserta akan dibawa dengan mengendarai mobil pick-up sekitar 20 – 30 menit yang sudah disiapkan oleh penyedia jasa body rafting. Setelah sampai, peserta harus menuruni bukit yang ‘diselimuti’ oleh rindangnya pepohonan dan semak belukar.

Pemandu akan memberi pengarahan dan mengajak peserta melakukan pemanasan sebelum memulai body rafting. Bagi peserta yang memiliki riwayat penyakit epilepsi dan jantung tidak diperkenankan ikut karena olahraga ini dapat memacu adrenalin dan bisa membahayakan. Apalagi air Sungai Cijulang cukup dingin sehingga dikhawatirkan peserta tersebut tidak kuat. Di saat pengarahan, pemandu juga akan memberi tips cara menghindari bebatuan yang ada di tengah sungai.

Pada awalnya, arus air sungai masih kalem dan bersahabat. Keberadaan semak belukar, tebing, dan akar pohon di kanan-kiri sungai makin menambahkan kesan alami. Namun setelah kira-kira 30 menit, kamu harus mulai berjibaku dengan arus air yang mulai liar serta batu-batu besar yang berdiri kokoh di tengah sungai. Manuver yang elok harus dilakukan untuk menghindari benturan keras yang dapat membahayakan tubuhmu.

Green Canyon Jawa Barat, Green Canyon Pangandaran, Graan Canyon, Wisata Green Canyon, Body Rafting Green Canyon

Semakin lama, kamu akan bertemu dengan view tebing yang dihiasi oleh pohon-pohon besar. Hingga akhirnya kamu akan bertemu dengan stalagit yang ditemani oleh akar-akar pohon dan terlihat begitu cantik. Bagian ujungnya mengeluarkan air dan ini membuatnya terlihat eksotis. Ditambah lagi dengan sinar matahari yang mengintip dari balik rindangnya pepohonan. Kesan alami pun jadi begitu kentara di sini.

Tebing-tebing dengan bebatuan berwarna kehitaman nampak mengawal aliran Sungai Cijulang dengan begitu gagah. Tidak hanya itu, suasana rindang juga tercipta secara alami karena di atas tebing ada banyak pepohonan hijau yang tubuh subur. Suasana segar dan udara yang masih bersih pun begitu terasa di sepanjang alur body rafting Green Canyon.

Perjalanan body rafting Green Canyon Pangandaran akan diakhiri di depan mulut gua. Di sana terdapat Batu Payung dan di tempat inilah kamu akan ditantang untuk adu nyali dengan terjun dari atas batu tersebut dengan tinggi sekitar 5 meter. Untuk bisa sampai ke sana, kamu harus naik ke atas tebing yang ada di sisi sungai. Nggak usah takut karena pemandu akan selalu memantau peserta.

Travelers, kalau kamu termasuk orang yang sudah jago berenang dan ingin tantangan tingkat tinggi, kamu bisa merasakan sensasi berbeda yang mengarah ke hulu dengan arus jeram yang lebih kuat. Dijamin kamu bakal teriak sekencang-kencangnya dan heboh sendiri saat melakukan aktivitas ini. Nggak heran kalau body rafting Green Canyon Pangandaran sering dijadikan destinasi wisata favorit untuk orang-orang kantoran untuk melepas ketegangan dan penat di kepala.

 

Ikut Paket Wisata Body Rafting Green Canyon

Kalau kamu nggak mau ribet, kamu bisa gabung bareng penyedia jasa body rafting Green Canyon yang dapat dicari di internet. Kalau nggak sempat booking lewat internet, ada juga penyedia jasa yang menerima peserta on the spot kok alias peserta yang datang mendadak. Tapi, alangkah lebih baik kalau kamu pesan dulu jauh-jauh hari karena saat peak season, Green Canyon akan disesaki oleh banyak peserta.

Tarif yang ditawarkan juga bervariasi tergantung dari paket yang dipilih. Mulai dari Rp1 juta* untuk 5 orang dan Rp800.000* untuk 3 orang. Tapi umumnya adalah Rp200.000* – Rp250.000* per orang. Selain itu, hampir semua penyedia jasa sudah memasukan peralatan yang harus dipakai, seperti helm, pelampung, sepatu khusus untuk body rafting, pelindung lutut dan pelindung siku; kendaraan untuk sampai ke posisi start body rafting; pemandu profesional; serta perahu dari spot terakhir body rafting hingga tiba ke dermaga. So, kamu hanya perlu mempersiapkan mental dan keberanian saja.

 

Keterangan * : Harga berlaku saat artikel ini ditulis.

Leave a Reply