Liburan Sambil Refresing Ke Green Canyon Pangandaran

Green Canyon Jawa Barat, Green Canyon Pangandaran, Graan Canyon, Wisata Green Canyon, lokasi Green Canyon, tebing green canyon

Travelers, kamu lagi stres mikirin kerjaan kantor yang nggak selesai-selesai? Atau, kamu sedang memimpikan bisa liburan di tempat yang adem, sejuk, tenang, penuh dengan pepohonan, sekaligus bisa bermain-main dengan air? Well, kalau ke pantai sih sudah biasa ya, tapi gimana kalau kamu pergi ke Green Canyon Pangandaran saja. Ada banyak alasan kenapa Green Canyon Pangandaran harus masuk dalam daftar tempat wisata di Pangandaran yang mesti kamu kunjungi. Nah, biar infonya makin komplit, baca terus ulasan tentang Green Canyon-nya Indonesia yang spotwisata rangkum di bawah ini.

 

Lokasi Green Canyon Pangandaran

Lokasi Green Canyon Pangandaran ada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kalau ditempuh dari kota Ciamis, jaraknya sekitar 130 km. Tapi kalau ditempuh dari kota Pangandaran, jaraknya hanya sekitar 31 km. Tempat ini dapat dijangkau dari berbagai arah dengan angkutan darat, baik kendaraan pribadi, bus, elf, dan minibus.

Green Canyon Jawa Barat, Green Canyon Pangandaran, Graan Canyon, Wisata Green Canyon, lokasi Green Canyon

Travelers, kalau datang dari Jakarta, rute yang dapat ditempuh adalah : Jakarta – Bandung – Tasikmalaya – Ciamis – Kota Banjar – Pangandaran – Parigi – Cijulang dengan jarak sekitar 170 km. Atau, Jakarta – Bandung – Tasikmalaya – Cipatujah – Cikalong – Cimanuk – Cijulang dengan jarak sekitar 60 km. Biarpun jalur kedua ini lebih pendek, namun akses jalannya kurang memadai. Apalagi kamu harus sering ‘berjumpa’ dengan truk pengangkut pasir besi. Sedangkan kalau berangkat dari Jawa Tengah, rute kendaraan yang dapat ditempuh adalah Kota Tasik – Ciamis – Kota Banjar – Pangandaran – ikuti rute selanjutnya di atas.

Untuk sampai ke lokasi Green Canyon, wisatawan berangkat melalui Dermaga Ciseureuh dengan menggunakan perahu kayuh dengan jarak sekitar 3 km, atau dapat ditempuh selama 30 – 45 menit dengan biaya sewa sekitar Rp150.000* untuk 5 – 6 orang. Tapi kalau kamu ingin sekalian berenang, kamu harus membayar biaya tambahan untuk menyewa pelampung atau ban bekas dari pemiliki perahu.

 

Apa Yang Bikin Green Canyon Pangandaran Istimewa?

Green Canyon Jawa Barat, Green Canyon Pangandaran, Graan Canyon, Wisata Green Canyon, lokasi Green Canyon, tebing green canyon

Popularitas destinasi wisata Green Canyon atau orang lokal menyebutnya Cukang Taneuh makin menggema setelah banyak travelers memamerkan aktivitas mereka di internet dengan membuat ulasan tentang ‘seksinya’ panorama alam yang terpatri di sepanjang aliran Sungai Cijulang. Tidak hanya masih alami, namun suasana alami yang bisa dirasakan oleh petualang yang ingin mendinginkan tubuh dan pikiran ini juga selalu membuat semua orang berdecak kagum.

Lalu, apa sih yang bikin Green Canyon Pangandaran jadi istimewa hingga banyak wisatawan mengincarnya sebagai tujuan wisata keluarga atau bahkan untuk karyawan kantor? Yang pertama adalah kejernihan air yang mengalir di sepanjang Sungai Cijulang. Warna airnya terkadang jernih kebiruan atau jernih kehijauan. Ini pasti bikin kamu gemas ingin segera menceburkan diri, berenang, serta menyelam untuk sekedar mendinginkan tubuh setelah perjalanan yang cukup melelahkan menuju ke spot ini.

Green Canyon Jawa Barat, Green Canyon Pangandaran, Graan Canyon, Wisata Green Canyon, Naik Perahu Green Canyon

Kedalaman airnya yang mencapai 5 – 10 meter ini mirip seperti kolam renang tanpa ujung, terus mengular dan nggak ada putus-putusnya. Sedangkan pantulan sinar matahari yang mengintip dibalik dedaunan di kanan-kiri sungai membuat suasana Green Canyon makin terasa eksotis. Sambil naik perahu, kamu bisa selfi untuk mengabadikan momen-momen terindah yang kamu lewati saat liburan ke Green Canyon Pangandaran.

Setelah puas berselfi-ria di atas perahu, selanjutnya kamu bisa mengabadikan pesona dinding-dinding tebing yang ada di kanan-kiri sungai. Bebatuan berwarna hitam yang menjadi aksesoris abadi dan alami di sepanjang aliran Sungai Cijulang nampak begitu kokoh mengawal semua travelers yang sedang mengeksplorasi alam Green Canyon. Saat mengeksplorasi Sungai Cijulang, kamu juga berkesempatan ‘membelah’ gua yang dihiasi oleh staglatit dan stalagmit cantik. Lukisan alam yang tersaji di Green Canyon Pangandaran akan membuat hatimu terpesona.

 

Body Rafting Di Green Canyon Pangandaran

Green Canyon Jawa Barat, Green Canyon Pangandaran, Graan Canyon, Wisata Green Canyon, Body Rafting Green Canyon

Aktivitas umum yang sering dilakukan oleh travelers di Green Canyon selain naik perahu adalah melakukan body rafting. Inilah salah satu kegiatan yang paling banyak diburu wisatawan karena selain seru, kekompakan grup dan sensasi meluncur di sepanjang aliran Sungai Cijulang yang deras benar-benar menantang adrenalin. So, buat kamu yang sedang ingin mengekspresikan diri atau menjerit untuk melepas penat karena pekerjaan kantor atau tugas kuliah, kamu bisa menjerit sekeras-kerasnya sambil melakukan body rafting.

Ujung dari atraksi body rafting yang mendebarkan ini adalah Batu Payung. Mungkin kamu penasaran kenapa disebut dengan batu payung ya. Ini disebabkan karena kalau diperhatikan betul-betul, batu ini mirip banget dengan wujud payung. Dan di spot inilah wisatawan punya kesempatan untuk melakukan ‘loncat indah’ dengan style bebas dari atas Batu Payung dengan tinggi sekitar 5 meter. Nggak usah takut travelers karena kalau dilakukan rame-rame pasti lebih seru.

 

Jam buka dan waktu terbaik mengunjungi Green Canyon Pangandaran

Kalau bicara kapan waktu terbaik untuk bisa menjajal keseruan aktivitas di Green Canyon Pangandaran, tentu saja dengan menghindari akhir pekan atau liburan. Namun kalau memang tidak bisa, mau tidak mau kamu harus melewatkan liburan dengan antri dan berjubel bersama wisatawan lain karena memang Green Canyon jadi sangat sibuk saat week-end dan liburan.

Jam buka Green Canyon dimulai pukul 07.30 – 17.00 untuk hari biasa dan mulai pukul 13.00 – 17.00 untuk hari Jum’at. So, kamu jadi lebih leluasa memilih waktu. Hanya saja, kamu disarankan untuk tidak datang saat musim hujan. Kenapa? Selain debit air meningkat, air berwarna keruh, serta akses jalan menuju lokasi yang becek, tidak menutup kemungkinan kalau seluruh aktivitas Green Canyon dihentikan secara total. So, kalau nggak ingin kecewa, kamu bisa memperkirakan waktu dengan datang di saat musim kemarau, yaitu antara bulan April – September. Di saat musim kemarau, air Sungai Cijulang akan terlihat lebih bening, tenang, dan tentu saja lebih bersahabat dengan wisatawan.

 

Fasilitas Green Canyon Pangandaran

Travelers, mengingat pesona Green Canyon makin dikenal luas, kini fasilitas yang ditawarkan pun jauh lebih lengkap karena di sana sudah terdapat sejumlah warung makan yang lokasinya dekat dengan tempat parkir. Ada juga penjual souvernir seperti kaos yang bisa kamu beli sebagai kenang-kenangan.

Oh ya, kamu juga bisa menginap di sana bila tertarik mengeksplorasi alam di sekitar Green Canyon lebih lama lagi. Di sekitar tempat ini terdapat banyak penginapan dengan tarif per malam yang cukup variatif tergantung dari fasilitas yang ditawarkan. Seperti Bonsai Bungalow (Rp300.000* – Rp600.000* per malam) atau JavaCove Beach Hotel (Rp500.000*  – Rp1.250.000* per malam). Penginapan yang lebih murah juga ada, dengan dipatok mulai dari  Rp150.000* – Rp250.000* per malam. So, semua bergantung dari kedalaman budget di kantong serta berapa orang yang menginap bersama kamu.

Oh ya travelers, kalau kamu ingin serba praktis alias nggak mau ribet, kamu bisa ikut gabung dengan paket wisata dengan tujuan Green Canyon Pangandaran. Ada beberapa travel agent yang menawarkan berbagai tujuan destinasi wisata di sana, seperti Green Canyon, Pantai Batu Karas, Batu Hiu, Taman Wisata Alam Pangandaran, Wisata Bahari, serta tempat konservasi penangkaran penyu. Harganya juga sangat bervariasi tergantung dari destinasi wisata yang kamu tuju. Tapi, kalau kamu hanya ingin mengeksplorasi Green Canyon Pangandaran beserta aktivitas di sana, tarifnya akan jauh lebih murah.

 

Tips liburan ke Green Canyon Pangandaran

  1. Siapkan uang tunai karena tidak ada ATM di sekitar kawasan wisata Green Canyon Pangandaran.
  2. Bawalah baju ganti bila kamu ingin berenang atau melakukan aktivitas lain seperti body rafting.
  3. Kalau ingin mengabadikan setiap momen liburan di Green Canyon, siapkan kamera yang tahan air agar semua aktivitasmu terekam dengan sempurna.
  4. Bila ingin acara wisata ke Green Canyon makin murah, bawalah ‘pasukan’ yang lebih banyak, bisa teman, pasangan, atau keluarga agar tarif naik perahu dan penginapan jadi lebih murah.

 

Keterangan * : Harga berlaku saat artikel ini ditulis.

3 Comment

  1. […] Nah, kalau kamu juga menyukai hal yang menantang adrenalin, cobalah untuk melakukan body rafting Green Canyon Pangandaran saja. Rasa bosan dan penat yang kamu bawa ke sana, dijamin langsung menguap tak […]

  2. […] Lihat juga: Liburan Sambil Refreshing ke Green Canyon Pangandaran […]

  3. […] Baca tentang Green Canyon Pangandaran disini […]

Leave a Reply