Sejuta Pesona Pantai Pangandaran Jawa Barat

pantai pangandaran jawa barat, pantai pangandaran, wisata pangandaran, pantai indah pangandaran, tempat wisata di pangandaran, wisata pantai pangandaran

Hai travellers.. Sudah pernah mengunjungi Pantai Pangandaran Jawa Barat belum?? Pantai Pangandaran adalah salah satu ikon destinasi wisata populer yang ada di Jawa Barat. Bisa dibilang kalau pantai ini jadi lokasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan karena tempatnya yang asyik serta fasilitas dan sarana penunjangnya yang sudah lengkap. Nah, kalau kebetulan kamu lagi mencari pantai yang banyak menawarkan olahraga air serta tempat yang nyaman, kamu wajib datang ke Pantai Pangandaran di Jawa Barat ini.

 

pantai pangandaran jawa barat, pantai pangandaran, wisata pangandaran, pantai indah pangandaran, tempat wisata di pangandaran, wisata pantai pangandaran

 

Lokasi dan Tiket Masuk Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran letaknya ada di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, di sebelah tenggara Propinsi Jawa Barat, atau berjarak sekitar 92 km di sebelah selatan Kota Ciamis. Tempat ini dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi atau pun angkutan umum dengan akses jalan yang sudah mulus.

Jika kamu naik angkutan umum, kamu hanya perlu naik bus ke Terminal Pangandaran. Jaraknya hanya sekitar 300 meter saja dari terminal. Kalau kamu datang dari arah Bandung, rute yang dapat ditempuh adalah : Bandung – Tasikmalaya – Banjar – Pangandaran.

Dan karena lokasi Pantai Pangandaran ini cukup strategis dan mudah dijangkau dari berbagai arah, banyak wisatawan dari berbagai daerah yang tertarik untuk mengunjunginya. Lalu berapa tiket masuk ke Pantai Pangandaran? Travelers, tarifnya cukup bervariasi kok. Mulai dari Rp3.000* untuk pejalan kaki, sepeda motor Rp7.000*, mobil sedan/jeep Rp28.000*, mobil carry Rp35.000*, kendaraan berpenumpang besar Rp40,7.000*, bus kecil Rp80.000*, bus sedang Rp104.000*, dan bus besar Rp169.000*.

Lihat juga: Liburan Sambil Refreshing ke Green Canyon Pangandaran

 

Hunting Sunrise dan Sunset di Pantai Pangandaran

pantai pangandaran jawa barat, pantai pangandaran, wisata pangandaran, pantai indah pangandaran, tempat wisata di pangandaran, wisata pantai pangandaran

Dua momen yang sering diburu oleh wisatawan lokal dan mancanegara di Pantai Pangandaran tidak lain adalah sunrise di pagi hari dan sunset di sore hari. Banyak wisatawan yang sengaja pulang agak malam untuk bisa menyaksikan momen sunset. Dan banyak juga wisatawan yang kemping di sekitar kawasan Pantai Pangandaran untuk dapat menyambut sunrise di pagi hari.

Pesona sunset yang dipamerkan oleh Pantai Pangandaran akan membuat semua mata yang memandang terbuai karenanya. Apalagi jika sore itu cuaca sedang cerah. Pendar-pendar warna jingga, keemasan, dan pantulannya di atas air laut membuatnya terlihat begitu eksotis. Nggak heran kalau banyak wisatawan yang rela menunggu sunset sambil menikmati camilan dan teh manis di bibir pantai demi bisa mengabadikan momen tersebut dalam jepretan kamera.

 

Pesona Pantai Pangandaran

Selain menantikan momen sunrise dan sunset, wisatawan yang datang juga senang sekali menikmati kombinasi yang apik antara pasir putih, pasir hitam, gulungan ombak yang datang silih berganti dari tengah laut, pemandangan hijau di sekitar pantai, serta batu karang yang menyesaki kawasan Pantai Pangandaran. Dan saat liburan, pantai ini pun akan disesaki oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Cagar Alam Pananjung Pangandaran
Peta Wisata Pangandaran

 

Yang menarik dari Pantai Pangandaran adalah pantai ini punya 2 sisi pantai, yaitu sisi sebelah timur dan sisi sebelah barat. Sisi sebelah barat ini lebih cocok untuk destinasi wisata keluarga karena ombak di sana lebih bersahabat. Di sini, kamu bisa jalan-jalan di tepi pantai, berjemur dan berenang. Kondisi Pantai Pangandaran yang landai ini juga cocok banget untuk anak-anak karena mereka jadi lebih leluasa membuat patung pasir.

Beda lagi dengan sisi sebelah timur. Bagian ini sangat cocok buat kamu yang doyan kuliner seafood. Spot ini juga nggak pernah sepi pengunjung, apalagi saat musim liburan. Di tempat ini ada banyak warung makan yang menawarkan kuliner seafood. Kalau kamu ingin membawa oleh-oleh berupa ikan segar untuk di bawah pulang, kamu bisa memborongnya di Pantai Pangandaran sisi sebelah timur karena di sini ada pasar ikan segar yang dijual langsung oleh nelayan.

Nah buat kamu yang ingin menjajal banana boat dan jet-ski, kamu bisa langsung meluncur ke sisi pantai sebelah timur setelah memarkirkan kendaraan. Karena fasilitas inilah kenapa banyak wisatawan menjadikan Pantai Pangandaran sebagi primadona untuk mengisi liburan bersama keluarga dan sohib terdekat.

pantai pangandaran jawa barat, pantai pangandaran, wisata pangandaran, pantai indah pangandaran, tempat wisata di pangandaran, wisata pantai pangandaran

Selain berenang, main jet-ski dan banana boat, kamu juga masih bisa melakukan aktivitas lain yang tidak kalah mengasyikan, seperti para sailing, naik sepeda, memancing, dan naik perahu pesiar. So, kamu bisa melakukan banyak hal di sini. Siapkan saja tenaga dan uang tunai untuk menjajal semua wahana yang ditawarkan di Pantai Pangandaran.

Pesona Pantai Pangandaran masih belum selesai sampai di sana karena pada bulan Juni atau Juli, tempat ini dijadikan lokasi Pangandaran International Kite Festival atau Festival Layang-layang Internasional. Karena sudah bertaraf internasional, pesertanya pun banyak yang dari luarnegeri.

 

Mengeksplorasi Pantai Pangandaran

Cagar Alam Pananjung Pangandaran
Arca Sapi di Cagar Alam Pananjung

Kalau kamu ingin mengeksplorasi Pantai Pangandaran lebih jauh lagi, kamu bisa ‘melipir’ sedikit ke Cagar Alam Pananjung Pangandaran. Cagar alam ini berupa hutan dan perbukitan yang dihuni oleh berbagai binatang, seperti kerbau, rusa, dan monyet. Dan karena tempat ini tutup pukul 17.00 WIB, kamu harus benar-benar bisa mengestimasi waktu saat datang ke sana. Tidak hanya itu, di tempat ini juga terdapat gua yang dibuat oleh tentara Jepang dan difungsikan sebagai bunker perlindungan semasa Perang Dunia – 2.

Lebih jauh lagi, di atas bukit terdapat air terjun yang aliran airnya langsung menuju ke Pantai Pangandaran. Tapi untuk bisa sampai ke sana, ada baiknya kamu ditemani oleh pemandu wisata karena aksesnya yang cukup menantang. Jadi, kamu tidak akan tersesat saat mengeksplorasi Cagar Alam Pananjung Pangandaran.

 

Hajat Laut di Pantai Pangandaran

Cagar Alam Pananjung Pangandaran

Kalau kamu ingin menikmati atmosfer berbeda dari Pantai Pangandaran, kamu bisa datang saat Bulan Muharam. Pada bulan tersebut, penduduk di sekitar pantai melakukan Hajat Laut di sisi sebelah timur. Bisa dibilang kalau Hajat Laut adalah salah satu upacara adat sebagai ungkapan rasa syukur para nelayan kepada Tuhan YME atas hasil laut yang melimpah di Pantai Pangandaran.

Saat upacara adat Hajat Laut, nelayan akan melarung sejajen. Karena sudah menjadi kegiatan rutin di Bulan Muharam, banyak wisatawan yang sengaja datang ke Pantai Pangandaran untuk melihat langsung ritual pelarungan sesaji oleh nelayan.

 

Fasilitas di Pantai Pangandaran

Fasilitas yang dimiliki oleh Pantai Pangandaran juga lengkap, mulai dari tempat parkir yang luas, penginapan, hotel, restoran, pondok wisata, kios penjual souvenir, money changer, gedung bioskop, layanan pos, layanan telekomunikasi, bumi perkemahan, tempat sewa ban untuk renang dan sepeda.

Kalau masih ingin mengeksplorasi kawasan di sekitar Pantai Pangandaran, kamu bisa datang ke Pantai Batu Karas atau ke yang letaknya tidak begitu jauh. Atau, kamu bisa ikut paket tur wisata dengan tarif sekitar Rp1,5 juta* – Rp2 juta*. Tarif tersebut bergantung dari jumlah tempat wisata yang ingin kamu kunjungi. Jadi, saat mengunjungi Pantai Pangandaran, ada banyak spot wisata yang bisa kamu kunjungi sekaligus. Mungkin, satu hari nggak akan cukup untuk menuntaskan petualanganmu di sana.

 

Keterangan * : Harga berlaku saat artikel ini ditulis.

Leave a Reply