Rugi ke Solo Kalau Gak ke Tempat-Tempat Wisata Ini

tempat wisata di solo, objek wisata di solo, tempat wisata di solo jawa tengah, tempat wisata di surakarta, keraton solo

Kota Solo atau sering juga disebut dengan nama Surakarta ini merupakan salah satu kota yang berada di wilayah provinsi Jawa Tengah. Kota yang cukup dekat dengan Yogyakarta ini wajib dikunjungi oleh kamu yang hobi dengan hal-hal yang berbau sejarah karena memang kota ini punya banyak sekali tempat wisata sejarah yang menarik bisa dikunjungi.

Tapi selama di Solo jangan cuma berwisata sejarah karena cukup banyak tempat wisata menarik lain yang rugi jika tidak juga kamu datangi selama berlibur di Kota Solo. Berikut ini beberapa tempat-tempat wisata menarik di Solo Jawa Tengah yang wajib kamu sambangi.

 

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

tempat wisata di solo, objek wisata di solo, tempat wisata di solo jawa tengah, tempat wisata di surakarta, keraton solo
Kasunanan Surakarta, @dewi-widyaning.blogspot.com

Yang satu ini wajib hukumnya untuk dikunjungi selama berada di kota Solo. Keraton yang punya nama lengkap Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini merupakan bagian dari Kerajaan Mataram. Dulu, karena punya masalah politis dengan pemerintahan kolonial Belanda, Kerajaan Mataram terpecah menjadi dua. Yang pertama adalah Kasunanan Surakarta, dipimpin oleh Pakubuwono III.

Yang kedua, Kasultanan Yogyakarta, dipimpin Oleh Pangeran Mangkubumi yang kemudian bergelar Sultan Hamengku Buwono I. Kasultanan Yogyakarta inilah yang menjadi titik awal Kerajaan Yogyakarta yang sampai sekarang masih berdiri. Sama dengan Kasultanan Yogyakarta, Kasunanan Surakarta juga sampai sekarang masih berdiri.

Di dalamnya kamu bisa melihat-lihat banyak sekali barang-barang bersejarah peninggalan raja-raja sebelumnya. Tidak cuma dipakai untuk tempat wisata sejarah, Keraton Kasunanan Surakarta juga sampai saat ini masih sering menyelenggarakan berbagai upacara ada di hari-hari tertentu, seperti Sekaten (malam Maulid Nabi) dan arak kebo Kyai Slamet (malam satu suro).

 

Taman Satwa Taru Jurug

tempat wisata di solo, objek wisata di solo, tempat wisata di solo jawa tengah, tempat wisata di surakarta, kebun binatang di solo
Suasana pengunjung di Taru Jurug, @solopos.com

Tempat wisata di Solo ini mungkin tidak sebesar atau selengkap kebun binatang lain, tapi dijamin tak kalah menarik untuk kamu kunjungi. Taman Satwa Taru jurug ini adalah salah satu tempat wisata kebanggan warga Solo. Berada di tepi Sungai Bengawan Solo, Taman Satwa Taru Jurug ini mampu menarik banyak sekali pengunjung, terutama saat akhir pekan dan hari-hari libur nasional.

Buat kamu yang senang keramaian di sinilah lokasi terbaik, tapi buat kamu yang kurang senang dengan keramaian, datanglah pada hari-hari biasa.

 

Museum Radya Pustaka

tempat wisata di solo, objek wisata di solo, tempat wisata di solo jawa tengah, tempat wisata di surakarta, museum surakarta
Salah satu koleksi museum, @jurnalwarga..com

Museum yang berada di kompleks Taman Sriwedari Solo ini adalah musem paling tua di negara kita. Jadi pasti akan rugi jika kamu tidak mengunjunginya selama ke Solo. Di museum ini kamu bisa melihat benda-benda bersejarah peninggalan Keraton Mataram.

Satu koleksi di museum ini yang akan membuatmu terkagum-kagum adalah koleksi porselen yang konon adalah hadiah dari Napoleon Bonaparte yang diberikan kepada Sri Susuhan Paku Buwono I. Sayangnya, banyak koleksi museum ini yang sudah diambil dan dijual oleh oknum yang masih merupakan anggota keluarga kerajaan Surakarta.

Hal ini tentu sangat disayangkan karena seharusnya sebagai keturunan Kerajaan Mataram mereka bisa lebih menghargai sejarah dari negerinya sendiri. Untungnya, kasus yang cukup memalukan ini sudah diselesaikan oleh pihak kepolisian.

 

Pasar Malam Ngarsopura

tempat wisata di solo, objek wisata di solo, tempat wisata di solo jawa tengah, tempat wisata di surakarta, night market ngarsopura, pasar malam ngarsopuro
Suasana pasar malam Ngarsopura, @www.whereisindonesia.net

Di sinilah kamu yang hobi jalan-jalan di malam hari bisa menikmati suasana ramai khas pasar malam di kota Solo. Di kawasan yang sangat nyaman untuk kumpul-kumpul dengan teman dan kerabat ini berlokasi di sebelah selatan Pura Mangkunegaran atau Jl. Diponegoro.

Di hari biasa, lokasi ini biasanya hanya ramai dikunjungi oleh anak-anak muda yang ingin berkumpul dan bercengkerama dengan sahabatnya. Tapi di akhir pekan, Ngarsopura dipakai sebagai pusat keramaian dimana ada banyak pedagang yang menjajakan dagangannya, mulai dari suvenir, batik, sampai kuliner khas Solo yang menggugah selera.

 

Museum Batik

tempat wisata di solo, objek wisata di solo, tempat wisata di solo jawa tengah, tempat wisata di surakarta, House of Danar Hadi
Koleksi batik, @www.magpiesalmagundi.com

Kamu yang suka pakai baju batik khas Solo pasti tak asing dengan produk Danar Hadi yang memang merupakan merek batik paling terkenal di kota Solo. Tidak cuma membuka outlet penjualan, Danar Hadi juga membangun sebuah museum batik yang isinya sudah pasti batik dan hal-hal yang berhubungan dengan batik.

Di museum ini, kamu bisa menyaksikan berbagai koleksi motif batik dari seluruh Indonesia dengan kebanyakan dipasang harga yang bisa membuatmu terkejut karena terbilang sangat mahal untuk produk batik.

 

Pasar Klewer

tempat wisata di solo, objek wisata di solo, tempat wisata di solo jawa tengah, tempat wisata di surakarta, belanja souvenir di solo
Pasar Klewer, @www.jalansolo.com

Nah, di pasar inilah kamu bisa membeli batik dengan harga yang jauh lebih murah dibanding dengan Danar hadi. Pasar yang sudah berdiri sangat lama ini dipadati oleh para pedagang yang berjualan kain batik, pakaian batik dan pakaian jenis lainnya. Pasar ini memang pasar grosir tapi tidak dilarang juga untuk beli satuan. Hanya harganya sudah pasti beda antara belin satuan dengan beli grosiran.

Karena pasar tradisional, jangan lupa untuk menawar karena biasanya pedagang memasang harga cukup mahal walaupun mungkin menurutmu itu sudah murah. Walaupun sudah murah, tak ada salahnya untuk coba ditawar agar kamu tidak membayar terlalu mahal.

 

Taman Hiburan Rakyat Sriwedari Solo

tempat wisata di solo, objek wisata di solo, tempat wisata di solo jawa tengah, tempat wisata di surakarta, taman wisata di solo
Pintu gerbang taman, @lintasasri.blogspot.com

Taman yang bersejarah di kota Solo ini juga jangan lupa kamu kunjungi saat berada di kota Solo. Tempat inisudah cukup lama dipakai untuk lokasi pertujukan berbagai kesenian tradisionl khas provinsi Jawa Tengah, seperti wayang orang, kethoprak dan lain-lain. Bedanya, sekarang taman ini sudah direnovasi menjadi lebih modern sehingga tampak lebih menarik dan lebih nyaman utuk dikunjungi.

Taman ini sekarang fasilitasnya sudah ditambah, seperti adanya wahana permainan anak dan ada juga mini water park. Selain itu ada sudah ada juga stand pedagang makanan dan panggung yang biasa dipakai untuk pertunjukkan musik lokal.

Itulah beberapa tempat wisata di Solo Jawa Tengah yang menarik dan jangan sampai rugi karena tak mengunjunginya saat berwisata ke Kota Solo.

Leave a Reply