Menjelajahi Tempat Wisata Alam dan Budaya di Lombok

tempat wisata di lombok, wisata lombok, wisata alam di lombok, wisata budaya di lombok, gunung rinjani lombok, treking rinjani

Harus diakui, Lombok belum setenar pulau tetangganya, Bali, tapi pesonanya dijamin tidak kalah dengan pulau dewata. Banyak sekali keindahan alam dan budaya di Lombok yang sangat menarik untuk dijelajahi, mulai dari pantai-pantai indah dengan ombaknya yang seakan menantang untuk diarungi sampai gunung api yang menggoda para pecinta alam untuk didaki.

Mereka yang pernah menjelajahi Lombok bahkan berani berkata, petualangan yang bisa mereka lakukan di Lombok tidak kalah menarik dengan pulau tetangga yang sudah lebih dulu terkenal di dunia, Bali. Nah, apa saja yang bisa kamu lakukan di Lombok? Berikut adalah beberapa tempat wisata di Lombok yang bisa kamu jelajahi.

 

Menyaksikan Kehidupan Suku Sasak

tempat wisata di lombok, wisata lombok, wisata alam di lombok, wisata budaya di lombok, desa sasak, dusun sade,Kamu bisa mengawali petualangan di Lombok dengan menyaksikan kehidupan suku asli Lombok, Suku Sasak. Suku ini menganut kepercayaan Islam Tiga Waktu (Islam Weku Telu). Kepercayaan tersebut dinamakan seperti itu karena tidak sama dengan agama Islam yang melakukan sholat 5 waktu dalam sehari, Islam Weku Telu yang dianut Suku Sasak cuma sholat 3 kali dalam satu hari.

Kepercayaan Islam Weku Telu ini adalah gabungan anyara tradisi Suku Sasak dengan agama Islam dan kepercayaan ini cuma bisa kamu temui di Lombok Utara. Suku Sasak melaksanakan ajaran Islam sekaligus tetap menjalani upacara dan tradisi mereka, seperti salah satunya adalah Upacara Nyiu yang merupakan upacara memperingati seratus hari meninggalnya salah satu anggota Suku Sasak.

Jika kamu ingin melihat dan mengenal bagaimana kehidupan suku Sasak dari dekat, kamu bisa mengunjungi Dusun Sade yang berada di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, sekitar 30 km dari Kota Mataram. Masyarakat di dusun ini masuh menjaga adat istiadat suku sasak dan memilih untuk tidak menyentuh modernisasi dari luar.

Jika kamu ingin menyaksikan kegidupan dan budaya sasak dari dekat, kamu bisa mengunjungi Dusun Sade yang terletak di di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, sekitar 30 km dari Kota Mataram. Masyarakat di dusun ini memilih mengabaikan modernisasi dunia luar dan terus melestarikan tradisi budaya mereka mulai dari bangunan rumah, adat istiadat, hingga kesenian berupa kerajinan tangan dan tarian yang sangat menarik untuk disaksikan.

 

Menikmati Pantai-Pantai Mempesona di Lombok

tempat wisata di lombok, wisata lombok, wisata alam di lombok, wisata budaya di lombok, pantai kutaSetelah puas menyaksikan kehidupan Suku Sasak, penjelajahan selanjutnya yang bisa kamu lakukan di Lombok adalah menikmati keindahan pantai yang ada di Lombok. Cukup mirip dengan di Bali, pantai-pantai yang ada di Lombok juga memiliki keindahan alam yang luar biasa mempesona dan salah satunya bisa kamu temui di Pantai Kuta Lombok.

Pantai Kuta yang satu ini bukan pantai yang ada di pulau dewata, tapi di Lombok. Tidak cuma Bali yang memiliki Pantai Kuta, Lombok juga memiliki pantai Kuta yang walaupun tidak seratus persen sama, keindahannya tidak kalah dengan Pantai Kuta Bali. Tidak seperti di Bali yang disesaki oleh para wisatawan mancanegara, Pantai Kuta di Lombok relatif lebih sepi dan suasananya lebih tenang.

Selain Pantai Kuta, Lombok juga memiliki Pantai Senggigi yang keindahannya tidak perlu diragukan lagi. Atau juga pantai unik nan cantik yang di Tangsi yang dikenal dengan sebutan Pantai Pink. Satu hal yang harus kamu ingat saat mengunjungi pantai di Lombok adalah jangan cuma menikmati keindahan pantai, lakukan juga kegiatan seru lainnya, seperti snorkeling dan juga diving.

 

Mendaki Puncak Gunung Rinjani

tempat wisata di lombok, wisata lombok, wisata alam di lombok, wisata budaya di lombok, gunung rinjani lombok, treking rinjaniPetualangan selanjutnya yang jangan sampai ketinggalan untuk kamu cicipi adalah mendaki puncak Gunung Rinjani. Gunung yang konon layak disebut sebagai yang paling cantik di negara kita ini memiliki ketinggian sekitar 3.700 mdpl (meter di atas permukaan laut).

Sebagai gunung yang tercantik sudah pasti membuat banyak pendaki menjadi Gunung Rinjani sebagai salah satu destinasi utama mereka. Tidak cuma pecinta alam dari dalam negeri, banyak juga pecinta alam dari segala penjuru dunia tergoda untuk menaklukkan puncak Gunung Rinjani.

Kalau kamu termasuk yang tergoda untuk mencapai puncak Gunung Rinjani persiapkan waktu luang minimal seminggu karena untuk mendakinya saja kamu butuh waktu paling cepat tiga hari. Cukup lama memang, tapi sesampainya di puncak Gunung Rinani, semua rasa lelahmu akan terbayar lunas dengan pesona pemandangan yang spektakuler indahnya.

 

Menelusuri tempat-tempat Sejarah di Lombok

tempat wisata di lombok, wisata lombok, wisata alam di lombok, wisata budaya di lombok, wisata sejarah di lombok, ampenan lombokTempat wisata di Lombok tidak hanya ada wisata alam dan budaya saja, kamu juga bisa menelusuri tempat-tempat bersejarah di kota Lombok. Mari siapkan kamera untuk mengabadikan bangunan bersejarah di Lombok. Kalau Jakarta mempunyai wilayah Kota Tua, maka Lombok mempunyai satu daerah yang merupakan awal berdirinya Lombok. Kawasan tersebut berada di kecamatan Ampenan.

Sesungguhnya Ampenan diambil dari bahasa asli suku Sasak yang mempunyai arti tempat persinggahan. Seperti kota tua pada umumnya, Ampenan merupakan pelabuhan yang pernah disinggahi oleh berbagai macam suku dan negara pada tahun 1800an. Berbagai macam suku yang pernah singgah seperti komunitas Arab dan Tiongha tercermin dari sederet bangunan tua yang dulu pernah menjadi pusat perdagangan di Lombok.

Berjalanlah disepanjang jalan Saleng Sungkar, Pabean, Niaga dan Yos Sudarso, maka kamu akan merasa terlempar ke masa lalu diiringi lambaian angin pantai. Tatanan bangunan yang bercirikan masa lampau akan memperkaya hasil foto kamu. Untuk mencapai wilayah Ampenan, para wisatawan bisa menggunakan transportasi umum atau dengan hanya 10 menit berkendara dari kota Mataram.

Dari wisata kota tua Lombok, kamu juga bisa beranjak ke tempat-tempat religius peninggalan tempo dulu. Wihara Bodhi Dharma merupakan bangunan tua yang dibangun tahun 1804. Toleransi beragama sangatlah kental dengan posisi wihara yang berdekatan dengan kampung Melayu yang didominasi agama islam. Terdapat pula, sisa bangunan jaman Belanda yang masih ada yang makin mempercantik suasana matahari terbenam.

Mampirlah juga ke museum Negeri NTB. Kamu akan banyak menemukan benda-benda khas Nusa Tenggara yang tersimpan rapi dan terawat. Terletak di pusat kota Mataram Lombok, museum ini menyimpan koleksi geologi, arkeologi, budaya dan sejarah terlengkap di Nusa Tenggara. Selain itu, banyak benda yang masih digunakan untuk upacara keagamaan dan masih dipercaya memiliki kekuatan magis, seperti pengusir roh jahat atau kegunaan lainnya. Museum ini mempunyai bagian depan yang unik yaitu buaya besar yang ditemukan di Sumbawa.

 

Kuliner Lombok

tempat wisata di lombok, wisata lombok, wisata alam di lombok, wisata budaya di lombok, masakan khas lombok, kuliner khas lombok, Ya betul, Ayam Taliwang adalah kuliner khas asli Lombok. Dengan ayam yang gurih serta sambal pedas penuh rempah menjadikan santapan kamu makin seru. Berburu ayam taliwang di Lombok cukup datang ke Cakranegara Lombok. Sederet restoran di kawasan tersebut menyajikan menu lezat nan mengenyangkan. Jangan lupa lengkapi sajian ayam taliwangmu dengan plecing kangkung yang sangat gurih khas Lombok.

Ayam taliwang lahir di Kampung Karang Taliwang yang terletak di kecamatan Cakranegara Lombok Barat. Resep kuliner khas Nusa Tengga yang diturunkan dari generasi ke generasi berawal dari H Murad dan istri nya Salmah. Kini, bukan hanya di Lombok saja ayam Taliwang sudah terkenal diluar Lombok dan sudah menjadi santapan favorit banyak orang.

Baca juga: Kuliner Khas Lombok yang Wajib kamu Coba

Lombok bisa diandaikan dengan lukisan. Lukisan alam yang harus dijaga kelestariannya. Apapun jenis wisatanya, Lombok siap menyuguhkannya. Banyak para wisatawan yang ingin mempunyai kesempatan untuk menikmati ombak laut Lombok yang sangat menantang. Pendaki gunung berlomba-lomba menyiapkan diri untuk mendaki puncak Rinjani dan dengan bangga mengabadikan diri mereka di gunung yang memiliki pemandangan terindah diseluruh dunia. Lelah berpetualang, Lombok mengajak pengunjungnya untuk berinteraksi dengan suku asli Sasak yang sangat berbeda dengan kehidupan manusia modern pada umumnya. Dibutuhkan banyak persiapan dan agenda yang jelas untuk mengunjungi Lombok. Menjadi backpacker traveller atau suitcase traveller boleh menjadi pilihan yang bergantung pada budget masing-masing wisatawan. Singkatnya, karena banyaknya tempat-tempat wisata menarik di Lombok, maka kamu harus bisa menyusun itenerary secara lengkap jika tidak ingin waktu terbuang.

Leave a Reply