9 Tempat Wisata di Semarang dan Sekitarnya yang Menarik

tempat wisata di semarang, bangunan bersejarah, bangunan tua, tempat wisata di semarang dan sekitarnya

Semarang adalah ibukota Provinsi Jawa Tengah dan juga merupakan kota terbesar di Indonesia. Meski tak setenar kota-kota lain dari segi pariwisata, seperti Jogja dan Bogor, namun Semarang menyimpan banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut spotwisata telah merangkum beberapa tempat wisata di Semarang dan sekitarnya yang layak dikunjungi saat liburan Anda.

 

Lawang Sewu

tempat wisata di semarang, bangunan bersejarah, bangunan tua, tempat wisata di semarang dan sekitarnya

Lawang Sewu adalah sebuah bangunan tua peninggalan Bangsa Belanda yang dibangun pada 1904. Awalnya, gedung ini digunakan sebagai kantor pusat perusahaan kereta api penjajah Belanda. Gedung tiga lantai bergaya art deco (1850-1940) ini terletak di sisi timur Tugu Muda Semarang, atau di sudut jalan Pandanaran dan jalan Pemuda. Disebut Lawang Sewu (Seribu Pintu) karena bangunan ini memiliki pintu yang sangat banyak. Meski sebenarnya, pintu yang ada tidak sampai seribu. Selain itu, bangunan ini juga memiliki banyak jendela tinggi dan lebar, sehingga masyarakat sering mengira sebagai pintu.

Konon, Lawang Sewu mempunyai suasana mistis yang kuat terutama di lantai bawah tanah yang dulunya digunakan sebagai penjara. Namun karena bentuknya yang khas dan memiliki unsur sejarah, maka kini Lawang Sewu pun banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dari Semarang maupun derah disekitarnya. Bagi Anda yang ingin masuk dan berkeliling di Lawang Sewu, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar 10,000 Rupiah.

 

Kawasan Kota Lama

gereja blenduk, kota lama semarang, tempat wisata di semarang dan sekitarnya, Little Netherland semarang, bangunan belanda

Kota Lama adalah tempat wisata di Semarang yang menyajikan kemegahan arsitektur Eropa di masa lalu. Di Kompleks ini, banyak berdiri bagunan-bangunan kuno nan eksotis peninggalan Kolonial Belanda. Ditambah lagi dengan adanya kanal-kanal di sekitarnya menjadikan kawasan ini layaknya sebuah kota di Belanda. Tidak berlebihan jika kawasan kota lama Semarang dijuluki sebagai Little Netherland.

Salah satu bangunan yang paling terkenal dan wajib dikunjungi saat berada di Kota Lama Semarang yaitu Gereja Blenduk. Gereja yang memiliki nama asli Nederlandsch Indische Kerk ini sudah berusia lebih dari dua setengah abad dan masih digunakan sebagai tempat ibadah sampai sekarang. Kini, Gereja Blenduk telah menjadi salah satu Landmark Kota Semarang. Bagi Anda yang menyukai wisata kuliner, sempatkan untuk mengunjungi Restoran Ikan Bakar Cianjur yang berada tidak jauh dari Gereja Bleduk.

 

Masjid Agung Jawa Tengah

mesjid agung semarang. tempat wisata di semarang. obyek wisata di semarang, mesjid megah di indonesia

Masjid Agung Jawa Tengah adalah salah satu masjid terbesar dan termegah di Indonesia. Masjid yang resmi digunakan pada tahun 2006 ini bisa menampung sedikitnya 15.000 jamaah. Tidak hanya sebagai tempat ibadah, masjid Agung Jawa Tengah juga befungsi sebagai pusat aktifitas syiar agama Islam serta pusat pendidikan dan wisata religi. Hal ini karena keunikan arsitektur masjid yang merupakan perpaduan antara arsitektur Jawa, Roma dan Arab.

Selain arsitekturnya yang unik, masjid Agung Jawa Tengah dilengkapi pula dengan berbagai fasilitas seperti perpustakaan, museum kebudayaan islam, cafe muslim, kios-kios cinderamata dan buah-buahan, hingga arena bermain dan kereta kelinci untuk mengantarkan pengunjung mengelilingi kompleks masjid ini. Disamping itu, pengunjung juga dapat melihat indahnya kota Semarang dari puncak Menara Asmaul Husna (Al Husna Tower) yang memiliki kektinggian 99 meter.

Pada hari libur, masjid ini banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah disekitarnya. Tak jarang, turis mancanegara pun khususnya yang muslim terlihat mengunjungi masjid ini untuk beribadah sekaligus melihat-lihat keindahan masjid Agung.

 

Klenteng Sam Po Kong

klenteng cheng ho, obyek wisata di semarang, klenteng di semarang, tempat wisata di semarang dan sekitarnya, wisata budaya

Selain sebagai tempat beribadah dan termpat beziarah, Klenteng Sam Po Kong (Cheng Ho) juga bisa menjadi tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi di Semarang. Pasalnya, Klenteng yang terletak di Gedung Batu ini tidak hanya menyuguhkan kisah legendaris Laksamana Cheng Ho, tapi juga menyuguhkan keindahan arsitektur Tiong Hoa yang khas. Di depan klenteng ini terdapat pula patung Laksamana Cheng Ho setinggi 10 meter yang didatangkan langsung dari China.

Untuk bisa mengelilingi Klenteng Sam Poo Kong, Anda harus membayar harga tiket masuk sebesar Rp 3.000 per orang atau Rp 15.000 untuk turis mancanegara. Tapi Anda tidak diperbolehkan masuk ke dalam klenteng kecuali jika Anda ingin bersembahyang. Anda juga bisa mengambil layanan foto berbayar di klenteng ini untuk mengabadikan kunjungan Anda dengan biaya Rp 30.000. Dengan mengambil layanan ini, Anda berfoto sambil mengenakan pakaian tradisional khas Tiongkok yang telah disediakan oleh pengelola Klenteng Sam Poo Kong.

 

Brown Canyon

Green canyon versi semarang, tempat foto-foto. tempat wisata di semarang,

Jika di Amerika ada Grand Canyon, maka tak jauh dari Semarang, tepatnya di Pangandaran ada Green Canyon. Yup, sekitar 2 KM sebelah selatan TVRI Jawa Tengah – Pucang Gading Mranggen, terdapat tebing-tebing tinggi yang sekilas menyerupai Grand Canyon. Tempat ini sedang ngehits diantara mereka yang hobi fotografi karena view tebing-tebingnya yang begitu indah. Sangat cocok sebagai tempat foto-foto dan narsis-narsian..

Memang tidak banyak yang mengenal tempat ini, karena sebenarnya ini bukanlah sebuah tempat wisata. Tempat ini sejatinya adalah Proyek Tambang Galian C yang sudah berlangsung lebih dari 10 tahun. Sebelum membentuk tebing-tebing seperti sekarang, dulunya tempat ini adalah bukit, yang setelah diambil materialnya terbentuklah tekstur tebing yang unik, mirip seperti Green Canyon. Jika hendak ke sini, sebaiknya saat pagi atau sore hari, karena selain pemandangan bagus, kalau siang hari panas sekali karena tidak ada pohon dan debu debu beterbangan. Jadi sebaiknya siapkan pula masker. Sebaiknya menggunakan kendaraan yang ground cukup tinggi karena medannya yang tidak begitu bagus.

 

Museum Kereta Api

museum kereta api, museum kereta api, tempat wisata di semarang, obyek wisata di semarang

Museum Kereta Api ini dulu merupakan stasiun kereta api yang berada di pusat kota Ambarawa, sekitar 20 km dari Ungaran, Kabupaten Semarang. Di museum ini, pengunjung dapat melihat koleksi-koleksi kereta api yang pernah beroperasi di Indonesia. Salah satunya adalah kereta api uap dengan Lokomotif Nomor B 2502 dan B 2503 buatan Maschinenfabriek Esslingen. Kereta api ini pernah berjaya pada zamannya dan masih bisa digunakan sampai sekarang sebagai kereta api wisata. Para pengunjung bisa naik kereta wisata berkapasitas 15-20 penumpang ini menyusuri rel Ambarawa-Tuntang sembari menikmati hijaunya alam Ambarawa dan menambah pengetahuan seputar sejarah kereta api di Indonesia.

Tempat ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang suka wisata sejarah sekaligus wisata alam atau Anda yang berwisata bersama keluarga khususnya anak-anak.

 

Pantai Marina Semarang

Pantai marina semarang, tempat wisata semarang, tempat jogging di semarang,

Pantai Marina merupakan salah satu obyek wisata di Semarang yang juga sering dikunjungi warga Semarang dan pekitarnya. Pantai yang tidak terlalu besar ini terletak di bagian utara Kota Semarang, tepatnya di Jalan Yos Sudarso, sebelah timur PRPP atau perumahan Royal Family.

Marina bisa menjadi tempat favorit untuk kegiatan lari pagi, jogging, atau sekedar bersantai di akhir pekan. Tersedia pula fasilitas seperti kolam renang, speed boat, ski air, dan taman bermain anak-anak. Kegiatan lain seperti bersepeda juga asik dilakukan di Pantai Marina karena suasananya yang sepi dan sejuk. Untuk dapat masuk ke kawasan pantai ini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000.

 

Taman Rekreasi Wonderia

taman wisata di semarang, taman wonderia, tempat wisata anak di semarang

Taman Rekreasi Wonderia adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang sangat cocok untuk liburan keluarga terutama yang datang bersama anak-anak. Di taman seluas 3 hektar ini terdapat banyak wahana permainan menarik dan menyenangkan seperti, Kiddy Boat, Super Rally, Boom Boom Car, Merry Go Round, Space Gyro, dan Typhoon Coaster. Jika punya nyali, Anda juga juga bisa mencoba Gost House atau rumah hantu yang sangat menyeramkan. Selain itu, taman wisata ini juga ditunjang dengan fasilitas yang lengkap mulai dari lahan parkir, hingga cafe dan outlet makanan juga ada.

Taman rekreasi yang sudah beroperasi sejak tahun 2007 ini terletak di Jl. Sriwijaya Nomor 29. Taman Wonderia buka mulai jam 9 pagi sampai jam 10 malam, dan sampai jam 11 di malam minggu. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau yaitu hanya sebesar Rp. 5.000 saja.

 

Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun di Semarang, obyek wisata di semarang, wisata alam di semarang,

Air Terjun Kali Pancur adalah salah satu obyek wisata yang paling terkenal di Semarang untuk kategori tempat wisata alam. Air Terjun ini terletak di Desa Nogosaren, Semarang. Air terjun ini cukup tinggi dengan ketinggian sekitar 150 m serta dihiasi bebatuan alam yang ditumbuhi pepohonan hijau dan memiliki beberapa goa walet. Sungguh pemandangan alam yang menakjubkan untuk dilihat. Namun untuk menikmati keindahan alam Air Terjun Kali Pancur, dibutuhkan tenaga ekstra karena Anda perlu berjalan kaki melewati sekitar 900 anak tangga.

Selain beberapa tempat wisata yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih ada beberapa obyek wisata di Semarang dan sekitarnya lainnya yang juga menarik untuk Anda kunjungi seperti kampoeng wisata Taman Lele, Pantai Tirang, Pantai Maron, Goa Kreo, dan masih banyak lagi. Saat liburan ke Samarang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Semarang bisa Anda temukan di sekitar Jl. Pandanaran dan Jl. Mataram.

14 Comment

  1. Raihan Rafi Permana says: Reply

    Keren……. Jadi pengen ke Semarang

  2. Neno says: Reply

    keren-kerren tempat wisatanya di semarang… jadi kangen semarang….

  3. xaviez says: Reply

    indah sekali lawang sewunya makasih informasinya.. semarang keren yaa..

  4. budi joha says: Reply

    biasa saja… justru liburan saya memilih bandung atau malang

    1. no name says: Reply

      anda harusnya banyak banyak bersyukur..jangan sombong..semua tempat wisata di INDONESIA adalah ANUGERAH dr Tuhan..

  5. Saya orang semarang baru tau banyak banget wisata di semarang,pengen ke semua tempat.vina

    1. Iya mbak, kalau mau di eksplore sih banyak tempat menarik di semarang.

  6. […] Liat juga: Tempat Wisata di Semarang dan Sekitarnya yang Menarik […]

  7. lawang sewu jadi inget dunia lain dulu, serem banget penampakannya..kalo dari luar gedung indah banget, ga tahu dari dalam, soalnya belum pernah masuk kesana.

  8. info yang sangat membantu kami untuk menentukan kemana akan berlibur.by admin Puncak Darajat Garut dan Hotel di Pangandaran

  9. Thanks gan buat infonya , ini nih kalo mau tau rekomendasi wisata lainnya di surabaya , kunjungi http://www.majalahsemarang.com

  10. thans buat infonya , mau tau rekomendasi tempat wisata di Semarang lainnya , lihat di http://www.majalahsemarang.com

  11. Tony says: Reply

    Info yang sangat bermanfaat.
    Saya baru pernah ke Lawang Sewu, berwisata sekaligus uji nyali. hehee….

  12. Nabila says: Reply

    wow great place to go! did you know Indonesia has a lot of beautiful places to visit check here Beautiful Indonesia to see more beautiful Indonesia 🙂

Leave a Reply