Tempat Wisata Di Bukittinggi Sumatera Barat

tempat wisata di bukittinggi, objek wisata di bukittinggi, wisata bukit tinggi, tempat wisata bukittinggi

Berkunjung ke kota Bukittinggi di Sumatera Barat tentunya memiliki tantangan tersendiri bagi Anda yang memiliki hobi jalan-jalan ke tempat wisata, karena disini terdapat Tempat Wisata Terbaik Di Bukittinggi.

Di Sumatera, kota ini sudah terkenal dengan wisata alam yang menawan, budaya adat istiadat, dan sejarahnya sejak lama. Tak heran, jika tempat-tempat wisata di Bukittinggi selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal atau mancanegara. Seperti kota-kota besar lainnya di Sumatera, Bukittinggi juga memiliki banyak objek wisata yang menarik dan unik. Mulai dari wisata alam seperti Air Terjun Lembah Anai dan Ngarai Sianok, hingga wisata sejarah seperti Lubang Jepang dan Jam Gadang.

Kota yang dahulu pernah menjadi Ibukota Negara Republik Indonesia ini, menyimpan berbagai cerita sejarah dan tempat wisata yang mampu menarik para wisatawan untuk mengunjunginya. Selain itu, faktor letak tempat wisata yang berdekatan membuat perjalanan terasa mudah menjadi daya tarik tersendiri. Pada tahun 2014, jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bukittinggi tercatat mencapai 59.108 orang. Sehingga membuat Bukittinggi masuk dalam, 10 kota di Sumatra yang paling sering di kunjungi wisatawan mancanegara.

Jika Anda akan berkunjung atau sedang berada di kota Bukittinggi, jangan lupa untuk traveling ke tempat-tempat wisatanya. Sebagai bahan pertimbangan Anda, berikut ini kami berikan daftar dan rincian tempat wisata di Bukittinggi, Sumatera Barat.

 

Ngarai Sianok

tempat wisata di bukittinggi, objek wisata di bukittinggi, wisata bukit tinggi, tempat wisata bukittinggiNgarai Sianok merupakan tempat wisata alam yang berupa lembah curam atau jurang. Meski terkesan menakutkan, Ngarai Sianok memiliki pemandangan yang menakjubkan. Dibawahnya mengalir anak sungai yang meliuk-liuk, seakan membelah tempat wisata alam ini. Belum lagi ditambah dengan latar pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Singgalang, semakin mempercantik panorama dan keasrian alam. Jurang yang berada di tempat ini, memiliki kedalaman sekitar 100 meter, dengan lebar sekitar 200 meter, dan membentang sepanjang 15 kilometer. Pemandangan sangatlah indah, bagaikan lukisan yang sempurna.

 

Lubang Jepang

tempat wisata di bukittinggi, objek wisata di bukittinggi, wisata bukit tinggi, tempat wisata bukittinggi, ikon sumatera baratTak jauh dari Ngarai Sianok, Anda akan menemukan tempat wisata lain yaitu Lubang Jepang. Dahulu tempat ini merupakan markas bagi tentara Jepang ketika menduduki Bukittinggi pada Perang Dunia ke II dan Pertempuran Asia Raya tahun 1942. Kini tempat ini menjadi salah satu tempat wisata yang selalu ramai oleh pengunjung. Ketika memasuki kawasan Lubang Jepang, Anda akan merasakan suasana mistis. Menurut pengelola tempat ini, terdapat satu ruangan yang berfungsi sebagai tempat penyiksaan dan pembantaian warga pribumi. Namun jangan takut, karena saat ini Lubang Jepang sudah memiliki penerangan yang memadai dan selalu ramai oleh pengujung.

 

Museum Rumah Adat Baanjuang

tempat wisata di bukittinggi, objek wisata di bukittinggi, wisata bukit tinggi, tempat wisata bukittinggiMenurut sejarah, museum Museum Rumah Adat Baanjuang pertama kali didirikan pada tahun 1935 oleh orang belanda bernama Mondelar Countrolleur. Museum ini merupakan bangunan berupa rumah tradisional, dengan anjungan pada kiri dan kanan atapnya. Bangunannya mengusung rumah adat Sumatra Barat, dengan atap yang terbuat dari ijuk serta dinding dan lantai dari kayu. Museum Rumah Adat Baanjuang memiliki koleksi berupa etnografika, numismatika, dan binatang yang diawetkan karena memiliki bentuk tubuh aneh hingga terlahir dengan tidak sempurna. Koleksi tersebut bisa Anda lihat ketika memasuki Museum Rumah Adat Baanjuang, yang diletakkan di dalam etalase dan lemari kaca. Selain itu adanya miniatur rumah gadang, surau, dan rumah makan semakin memperkaya isi Museum Rumah Adat Baanjuang.

Air Terjun Lembah Anai

tempat wisata di bukittinggi, objek wisata di bukittinggi, wisata bukit tinggi, tempat wisata bukittinggiMengunjungi berbagai tempat wisata di Bukittinggi, tak akan lengkap jika Anda tidak mampir ke Lembah Anai. Karena tempat ini merupakan Tempat Wisata Terbaik Di Bukittinggi. Selain itu Lembah Anai merupakan salah satu lambang wisata di Bukittinggi bahkan hingga Sumatra Barat. Di tempat ini, Anda akan dimanjakan dengan keindahan panorama alam yang menyejukan pikiran dan hati dari kegiatan sehari-hari. Lembah Anai memiliki 3 air terjun dengan berbagai ketinggian, dengan ciri khas dan keindahan masing-masing. Untuk menuju ke Lembah Anai sangatlah mudah, karena letaknya berada di samping jalan raya Bukittinggi – Padang atau lebih dikenal dengan Jalur Lintas Sumatra (JLS). Untuk menuju ke Air Terjun Lembah Anai, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan kendaraan umum dengan jarak tempuh 30 kilometer atau sekitar 1,5 jam perjalanan.

 

Benteng Fork De Kock

tempat wisata di bukittinggi, objek wisata di bukittinggi, wisata bukit tinggi, tempat wisata bukittinggiBenteng ini terletak di atas Bukit Jirek. Pada awal pembangunnya, benteng ini bernama Sterrenschans, kemudian diganti menjadi Benteng Fork De Kock oleh Hendrik Merkus De Kock yang merupakan salah satu jenderal militer Belanda paling terkenal di Pulau Sumatra. Beberapa tahun setelah Benteng Fork De Kock selesai pembangunannya. Kota-kota disekitar benteng ini bersatu menjadi kota besar dan di beri nama seperti Benteng Fork De Kock, yang kemudian berganti nama menjadi Bukittinggi. Saat ini Benteng Fork De Kock menjadi taman kota Bukittinggi, yang sering digunakan untuk tempat wisata dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Selain itu, Benteng Fork De Kock juga dikenal dengan taman Tropical Bird Park atau dalam bahasa Indonesia berarti taman burung katulistiwa.

 

Jam Gadang

tempat wisata di bukittinggi, objek wisata di bukittinggi, wisata bukit tinggi, tempat wisata bukittinggiDi kota inilah jam Gadang yang terkenal hingga nusantara bagkan dunia berada, tepatnya di alun-alun tengah kota Bukittinggi. Setiap hari banyak masyarakat melakukan aktifitas ditempat ini, begitupun dengan turis lokal dan mancanegara yang kurang lekap jika tak mengunjungi tempat ini. Suasana semakin ramai saat sore tiba, banyak muda-mudi berkumpul untuk menghabiskan malam bersama. Ikon khas Sumatra Barat ini memiliki banyak cerita dan keunikan dalam perjalannya. Jam Gadang memiliki bentuk berupa menara yang memiliki jam di keempat sisinya, atap jam berbentuk rumah gadang yang merupakan rumah adat khas Sumatra Barat. Salah satu keunikan yang dimiliki Jam Gadang terdapat pada angka yang ada di jam, angka 4 seharusnya dituliskan dengan angka romawi IV akan tetapi tertertulis IIII.

 

Istana Bung Hatta

tempat wisata di bukittinggi, objek wisata di bukittinggi, wisata bukit tinggi, tempat wisata bukittinggiSetelah mengunjungi Jam Gadang, tak ada salahnya jika Anda menyempatkan berkunjung ke Istana Bung Hatta yang berjarak beberapa meter dari Jam Gadang (Depan Jam Gadang). Ketika Mohammad Hatta menjabat wakil presiden, tempat ini menjadi istana wakil presiden. Namun jangan berpendapat Istana Bung Hatta memiliki bangunan yang mewah dan megah, karena tempat ini hanya memiliki dua bangunan utama dengan bentuk sederhana. Bangunan pertama memiliki bentuk rumah adat Sumbar dan bangunan kedua berbentuk memanjang, di depan halaman diberi atap yang hampir mirip seperti istana mini. Di depan dan samping-samping komplek terdapat patung Bung Hatta. Selain menghabiskan waktu bersama keluarga, Anda juga bisa belajar dan menambah pengetahuan sejarah putra-putri di Istana Bung Hatta. Sehingga tak heran, jika Istana Bung Hatta masuk dalam Tempat Wisata Terbaik Di Bukittinggi.

Leave a Reply