Tempat Wisata di Jakarta Selatan selain Mall

tempat wisata di jakarta selatan, tempat wisata selain mall, wisata di jakarta selatan, pasar santa, kuliner di jakarta selatan

Jakarta Selatan terkenal dengan sejumlah mega mall dengan segala macam fasilitas dan tempat bermain. Walau begitu, sebagian orang, mungkin termasuk kamu, sudah merasa bosan jika setiap liburan selalu ke mall. Cobalah untuk mengunjungi tempat-tempat baru dengan suasana yang berbeda. Selain bias mengatasi kejenuhan dan menyegarkan fikiran, kamu juga bisa melakukan berbagai aktifitas bisa kamu lakukan dibandingkan cuma pergi ke mall yang cuma itu itu saja. Berikut Ini daftar tempat wisata di Jakarta Selatan selain mall yang bisa kamu kunjungi.

 

Setu Babakan

tempat wisata di jakarta selatan, tempat wisata di jaksel, setu babakan, Setu Babakan terletak di daerah Srengseng sawah, Jagakarsa. Seperti namanya, tempat ini adalah danau dengan luas sekitar 30ha. Setu Babakan merupakan pusat kebudayaan Betawi. Ada banyak budaya yang dikembangkan di daerah ini, contohnya kesenian pencak silat atau tari topeng, ada banyak sanggar untuk kawula muda dalam mempertahankan kesenian betawi. Pergelaran budaya pun banyak digelar di tempat ini.

Selain menikmati alunan tanjidor, kamu juga bisa beradu akting dengan mengikuti lenong. Ditambah lagi makanan khas betawi pun banyak dijual seperti kerak telor, stomie atau dodol betawi, jadi kamu tidak perlu takut kelaparan jika berkunjung kesana. Di danau ini, para anak-anak bisa mengendarai perahu bebek ditemani semilir angina angina yang membuat betah para pengunjung. Ditambah lagi delman juga menjadi perhatian sendiri bagi anak-anak. Cukup dengan uang 10 ribu rupiah, anak-anak bisa terhibur. Dimana lagi bisa menikmati angkutan delman di ibukota yang penuh dengan mobil dan alat trasportasi modern lainnya.

 

Museum Layang layang Indonesia

tempat wisata di jakarta selatan, tempat wisata selain mall, wisata di jakarta selatan, museum di jakarta selatanCuma bisa mainan layangan tanpa tahu cara buatnya? Rugi deh. Jakarta Selatan punya Museum layang-layang Indonesia. Berlokasi di daerah Pondok Labu, Jakarta Selatan, museum ini mempunyai lebih dari 500 koleksi layangan yang mungkin bisa memberikan inspirasi bagi kamu dalam membuat layang-layang. Koleksinya tidak hanya mencakup koleksi dalam negeri, tetapi ada pula koleksi dari berbagai negara.

Berbagai aktifitas bisa menjadi paket lengkap berwisata, seperti melukis wayang, kaos, payung dan juga layang-layang. Jika kamu mengajak teman-teman kamu untuk berkreasi, ada sejumlah paket kreasi yang bisa kamu dapatkan. Selain berwisata, kamu juga bisa mendapatkan pengetahuan kan?

Pasar Santa

tempat wisata di jakarta selatan, tempat wisata selain mall, wisata di jakarta selatan, pasar santa, kuliner di jakarta selatanEits tunggu dulu, ini bukan sekedar pasar. Pasar yang satu ini sedang ngehits di Jakarta Selatan loh. Ya, Pasar santa yang dibangun sekitar tahun 1980an sekarang ini sudah bertransformasi sebagai pusat kuliner urban Jakarta. Di pasar yang terletak dibilangan Cikajang Kebayoran Baru ini, kamu bias menikmati berbagai macam makanan dikemas secara kreatif khas anak muda, seperti es krim salju atau black hotdog. Ini merupakan salah satu bukti pemerintah mendukung kemajuan industri kreatif yang sedang berkembang. Walaupun tidak berAC, suasananya cukup sejuk dengan atap tinggi. Berbagai macam makanan mewah ala hotel ataupun minuman menyegarkan asal mancanegara pun bisa kamu nikmati disini. Bagi kamu yang lebih mengutamakan kenyaman saat menyantap kuliner, sebaiknya jika berkunjung ke sini menjelang makan siang karena jika beranjak menuju malam, pasar Santa akan semakin ramai. Dengan mengeluarkan uang sebesar 50 ribu rupiah saja, kamu sudah bisa menikmati seporsi black hotdog dan segelas kopi aceh. Nikmat bukan?

Selain kuliner urban khas ibukota, kamu juga bisa melihat pedagang lain yang berjualan barang-barang kuno seperti piringan hitam atau benda-benda unik lainnya. Dan seperti pasar-pasar tradisional lainnya, di sini juga terdapat banyak pedagang sayur dan daging yang siap diolah. So, setelah bersantai, kamu bisa singgah di bagian bawah untuk membeli bahan-bahan untuk persiapan memasak.

 

Kebun Binatang Ragunan

tempat wisata di jakarta selatan, tempat wisata selain mall, wisata di jakarta selatan, kebun binatang di jakarta, ragunan jaksel, smultzerRagunan adalah tempat wisata paling favorit di ibukota dengan luas area sekitar 140 hektar dan populasi hewan melebihi 1000 ekor. Tidak heran jika Kebun Bintang Ragunan merupakan wisata yang pas buat keluarga. Tidak sedikit pula yang dating untuk berolahraga sambil menikmati alam yang sejuk ditengah kota, dan tuntunya bisa melihat keunikan hewan-hewan yang ada.

Kalo ada yang bilang Kebun Binatang itu kotor dan apa sih yang bisa dilihat? Wah itu pendapat yang salah. Gubernur DKI, Bapak Ahok, sudah merenovasi dan memberlakukan bebas pedagang kaki lima. System audit dari kebun Binatang pun sudah dijalankan sehingga binatang-binatang yang ada disitu terawat dan bisa menghibur semua anggota keluarga. Pemerintah DKI juga berencana untuk merombak konsep dari Kebun Binatang Ragunan. Nantinya, Kebun Binatang Ragunan akan dirubah seperti taman hiburan layaknya Dufan. Kita tunggu saja realisasinya.

Nah,ternyata ada yang asik juga di Ragunan. Nama nya Schmutzer. Disana kamu bisa melihat hewan yang super besar, Gorilla. Besarnya yang super membuat siapa saja yang melihat jadi merinding. Coba deh datang pas jam 12 ketika mereka makan siang.

Bosan dong kalo hanya melihat-lihat hewan saja. Jangan khawatir, ada banyak permainan yang bisa kamu nikmati. Dari perahu bebek sampai kereta wisata pun tersedia disini. Selain itu kamu bisa mengendarai berbagai hewan seperti gajah ataupun Unta dengan biaya ga lebih dari 15 ribu rupiah. Dan kamu bisa pun berfoto dan membawa fotonya pulang.

 

Kemang Food Festival

tempat wisata di jakarta selatan, tempat wisata selain mall, wisata di jakarta selatan, tempat dinner romantis di jakarta, tempat makan romantis di jakartaKemang ga melulu soal bar dan hiburan malam. Kawasan yang dikenal dengan bar-bar yang bertarget market para expatriate ini juga dikenal dengan kemacetannya. Nah daripada stress karena macet, mampir deh ke Kemang Food Festival. Dengan tema food garden, ada banyak café dan restoran sedap yang harus kamu coba.

Terdapat beragam restoran di Kemang food festival, dari cemilan sampai makanan berat. Dengan konsep taman, kamu bisa bersantap dibawah cahaya bintang dan bulan di langit. Membuat tempat ini selalu dipadati pengunjung padat saat malam hari, terlebih saat akhir pecan karena biasanya ada pertunjukan musik akustik.

 

Taman Langsat

tempat wisata di jakarta selatan, tempat wisata selain mall, wisata di jakarta selatan, taman di jakarta selatan, taman bersihSiapa bilang di taman cuma kursi-kursi dengan lingkungan yang kotor dimana-mana. Jangan salah, taman yang satu ini sangat bersih dan bisa jadi tempat piknik bersama teman-teman kamu. Salah satu taman yang asik untuk mengisi liburan kami di akhir pecan adalah Taman Langsat yang berada di belakang Rumah Sakit Pusat Pertamina di seputar jalan Ahmad Dahlan.

Fasilitas di taman ini sangatlah lengkap. Kalau kamu mengajak adik-adik kamu yang masih kecil, mereka bisa bermain ayunan atau jungkat jangkit di taman ini secara gratis. Ada juga area refleksi kaki yang ampuh mengobati berbagai penyakit seperti rematik. Selain itu tersedia pula jogging track. Bagi yang anak sekolahan atau kuliahan, taman ini bisa juga jadi tempat ngumpul sambil mengenjakan tuga karena ada fasilitas wifi gratisnya.

Lingkungan taman yang bersih patut diacungi jempol. Kamu tidak akan menemukan sampah deh. Tersedia tong sampah yang tersebar di area taman. Petugas kebersihan tampak mondar mandir dan mengingatkan pengunjung untuk membuat sampah pada tempatnya.

Nah, itu dia beberapa tempat wisata di Jakarta Selatan selain mall yang bisa kamu kunjungi di akhir. Selain asik dan hemat, kamu juga tidak bosan karena tiap mall punya karakteristik aktifitas yang sama, kalo ga nonton, makan atau shopping.

5 Comment

  1. Ko baru tahu ya aku, klo di jakarta banyak tempat yang indah yang bisa dikunjungi selain mall? Makasih gan informasinya 🙂

  2. Mita says: Reply

    Keren gan, jadi enggak ke mall lagi deh.. tempat wisata indonesia

    1. iya gan, biar nggak bosan ke mall terus.

  3. rudy says: Reply

    mantap euy

  4. […] Baca juga: Tempat Wisata di Jakarta Timur selain mall […]

Leave a Reply