Tempat Wisata di Kota Batu Malang yang Unik dan Menarik

tempat wisata di batu malang, kota wisata batu, tempat wisata di malang, tujuan wisata di batu, tempat rekreasi di batu

Sebagai kota terbesar kedua setelah Surabaya, Kota Batu juga merupakan salah satu kota favorit tujuan wisata di Jawa Timur. Berada di ketinggian antara 600 hingga 3000 meter di permukaan laut menjadikan Kota Batu memiliki keindahan alam yang luar biasa dan juga udara yang sejuk. Sebagai Kota Wisata, Batu Malang juga menyimpang banyak tempat wisata menarik dan unik untuk dikunjungi. So, jika Anda sedang berlibur ke Surabaya, tidak ada salahnya untuk mengunjungi kota yang terkenal dengan buah apelnya ini. Jika dari Surabaya, Kota Batu bisa ditempuh dengan mobil dan kendaraan umum sekitar 2-3 jam.

Lalu apa saja kah tujuan wisata yang ada di Kota Wisata Batu? Berikut spotwisata memberikan 5 tempat wisata di Batu Malang yang unik dan menarik untuk Anda kunjungi.

 

Museum Angkut

tempat wisata di batu malang, kota wisata batu, tempat wisata di malang, tujuan wisata di batu, tempat rekreasi di batu

Museum Angkut merupakan tempat wisata baru di Kota Batu yang memiliki konsep unik. Museum yang baru dibuka pada tanggal 9 Maret 2014 ini menjadi tempat wisata pertama di Asia Tenggara yang mengusung tema transportasi. Di sini, pengunjung dapat menyaksikan berbagai koleksi moda transportasi mulai dari yang masih menggunakan tenaga binatang hingga yang telah bertenanga listrik dan canggih.

Museum Angkut memiliki luas sekitar 3,7 hektar yang dibagi menjadi beberapa ruangan yang mengangkat berbagai macam tema, mulai dari tema dalam negeri seperti pecinan, Sunda Kepala dan Batavia, hingga zona luar negeri seperti zona gangster dan broadway, hollywood, Las Vegas dan sebagainya. Tak hanya itu, tempat ini pun memiliki beberapa spot untuk berfoto bersama mobil keren koleksi museum. Hasil fotonya pun bisa langsung dicetak dan diambil di tempat lho.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan alam Kota Batu dari ketinggian 860 meter di atas permukaan laut lewat apolo view. Museum Angkut juga menyediakan berbagai games interaktif bagi para pengunjungnya. Seperti game tebak suara kendaraan, tebak kuis, dan sebagainya.

 

Batu Secret Zoo

tempat wisata di batu malang, kota wisata batu, tempat wisata di malang, tujuan wisata di batu, tempat rekreasi di batu, jatim park 11

Batu Secret Zoo adalah salah satu tempat wisata khas Kota Batu yang juga menarik untuk dikunjungi. Kebun binatang yang terdapat di wilayah Jatim Park II ini bukanlah sebuah kebun binatang biasa. Selain karena tempatnya yang bagus, koleksi hewannya pun menarik seperti adanya hewan tikus raksasa, kuskus beruang, dan masih banyak lagi hewan-hewan unik lainnya yang berasal dari dalam dan luar negeri. Ada juga beberapa hewan yang nyaris punah dan didatangkan dari belahan bumi lain seperti benua Afrika dan Amerika Selatan. Kebun binatang yang diresmikan tahun 2010 ini memiliki luas hingga 14 hektar yang selalu ramai dengan wisatawan yang penasaran dengan keanekaragaman fauna.

Tak hanya fauna, wisatawan juga dimanjakan dengan tempat-tempat hiburan seperti tempat bermain, permainan edukasi dan sampai penginapan pun ada disini. Fasilitas di Batu Secret Zoo ini juga sangat lengkap, selain ada papan edukasi yang membuat pengunjung dapat bermain sambil belajar, juga ada kendaraan unik bagi pengunjung yang sudah tidak kuat lagi berjalan kaki atau bisa juga digunakan untuk anak-anak. Kendaraan ini dinamakan e-bike. Cukup merogoh kocek Rp100.000 saja, e-bike ini sudah dapat digunakan selama 3 jam. Sungguh mengasikkan.

 

Batu Night Spectakuler

tempat wisata di batu malang, kota wisata batu, tempat wisata di malang, tujuan wisata di batu, tempat rekreasi di batu, bns malang, bns kota batu

Batu Night Spectakuler atau yang lebih dikenal dengan sebutan BNS merupakan salah satu tempat hiburan favorit di Kota Batu. Pasar malam modern ini menyediakan banyak wahana menarik yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Mulai dari wahana yang mengasyikkan, menegangkan, hingga wahana yang menguji adrenalin Anda. Semua wahana di BNS diperuntukkan untuk segala usia, dari anak-anak hingga dewasa, kecuali wahana khusus dewasa di tengah malam seperti café dan life music after me.

Berbagai wahana di BNS meliputi carnival and games room, night market, food court, café and resto, sirkuit balap, bioskop 4D, rumah hantu, lampion garden, sepeda gila, rodeo, happy scatting/ice scatting, shooting gallery, dan new orbital. Sesuai dengan namanya, tempat ini mampu mneyajikan keindahan wisata malam dengan suasana sejuk pegunungan. Anda juga akan dimanjakan dengan tata lampu yang indah.

Selain food court yang berisi berbagai penjual makanan untuk mengisi perut Anda yang kosong, Air Mancur Menari yang menghibur dengan lagu-lagunya, juga keindahan Lampion Garden, sebuah taman berisi lampu-lampu indah berbagai bentuk yang terlihat sangat indah di malam hari. Jika ingin berbelanja, Anda dapat mengunjungi toko-toko souvenir yang ada. Tidak hanya oleh-oleh khas Kota Batu saja yang ada di sini, tapi juga dari berbagai wilayah di Indonesia.

 

Selecta

tempat wisata di batu malang, kota wisata batu, tempat wisata di malang, tujuan wisata di batu, tempat rekreasi di batu, taman rekreasi kota batu

Selecta merupakan salah satu taman rekreasi di Batu Malang yang memiliki fasilitas cukup lengkap untuk tempat rekreasi keluarga. Taman wisata yang berlokasi di Desa Tulungrejo Kota Batu ini cocok bagi segala usia, baik orang dewasa maupun anak-anak. Berbagai fasilitas taman wisata tersedia di sini mulai dari taman wisata hiburan, taman bunga, kolam renang (dilengkapi dengan sepeda bebek dan papan luncur) hingga fasilitas outbond/flying fox ada di Selecta.

Taman Rekreasi Selecta ini juga memiliki taman bunga yang lokasinya berada tepat di tengah area wisata. Hamparan bunga warna-warni dari berbagai jenis memberikan keindahan tersendiri yang dimiliki oleh taman rekreasi Selecta ini. Hal menarik menarik lainnya yang terdapat di Taman Rekreasi Selecta ini adalah puncaknya. Dimana Anda bisa menikmati indahnya pemandangan alam Kota Batu yang begitu menyejukkan mata. Untuk bisa menikmati seluruh fasilitas yang ada di Selecta, pengunjung hanya perlu membara tiket masuk sebesar Rp15.000 saja, plus uang parkir sebesara Rp2.000.

 

Pos Ketan Legenda

tempat wisata di batu malang, kota wisata batu, tempat wisata di malang, tujuan wisata di batu, tempat rekreasi di batu, wisata kuliner kota batu, kuliner khas kota batu, kuliner khas kota malangSetelah asik berjalan-jalan di museum Angkut dan Batu Secret Zoo, kini saatnya berwisata kuliner ke salah satu tempat yang cukup populer di Kota Wisata Batu. Apalagi kalau bukan Pos Ketan Legenda, yang sudah melegenda sejak tahun 1967. Lokasinya tebat berada di depan alun-alun Kota Batu. Tempatnya pun sangat mencolok, bukan karena tempatnya besar, tapi karena tempat ini sangat ramai oleh pengunjung yang memadati kedai kecil ini. Sampai-sampai di depannya dipasang bangku-bangku untuk menampung pengunjung yang datang. Tak gampang untuk mendapatkan makanan olahan dari ketan ini, karena Anda harus melewati antrian panjang terlebih dahulu.

Jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi kedai ini, cobalah untuk memesan Ketan Balck and White. Menu yang terdiri dari fla durian, susu kental manis, dan juga ketan hitam ini adalah salah satu pilihan favorit pengunjung disini. Apalagi jika ditemani dengan minuman Susu jahe yang pas untuk menghangatkan badan di kota Batu yang dingin. Kios ketan buka sejak pukul 4 sore hingga dini hari dan menyajika berbagai sajian ketan dengan banyak varian rasa, ada yang manis juga ada yang gurih, semuanya tergantung selera Anda. Uniknya, karena terlalu banyak pengunjung, para pelayan di pos ketan ini sampai menaruh gelas pesanan minuman sampai bertingkat-tingkat.

 

Selain kelima tempat yang sudah kami sebutkan di atas, masih banyak lagi tempat wisata di Batu Malang yang tak kalah menariknya. Diantaranya ada Eco Green Park yang berkonsep Wisata Alam, Kebudayaan, Lingkungan, dan Seni Inspiratif, ada Kampoeng Kidz yang sangat cocok untuk media bermain dan belajar anak, ada museum satwa, ada Kusuma Agro Wisata Batu bagi Anda yang ingin melakukan wisata Petik Buah Apel, Strawbery atau jeruk, dan masih banyak lagi.

6 Comment

  1. […] nuansa khas tempo dulu seakan mengingatkan kita akan beradapan yang pernah terjadi di masa lalu. Tempat wisata di Kota Batu yang akan menjelaskan bagaimana kehidupan leluhur kita yaitu di Museum Angkut Kota Batu. Tepatnya […]

  2. Warung khas Batu merupakan tempat makan yang santai dan romantis, terletak strategis di jalan Sultan Agung no. 29 Kota Batu sangat dekat dengan wisata Museum Angkut & Jatim Park 1. Sate kelinci & aneka nasi gorengnya sangat laris, maklum karena rasanya extra lezat, tapi harganya super murah. Suasananya santai dan romantis, cocok untuk nongkrong atau sekedar refreshing bersama keluarga. Lokasi strategis tepat diantara Jatim Park dan Museum Angkut.

    Penawaran bagi rekan-rekan Tour / Travel Agent, tingkatkan OMZET dan LABA anda :

    CASH BACK 50%
    GRATIS Wifi 20 Mbps
    GRATIS parkir bus luas
    GRATIS makan dan minum crew
    GRATIS tidur
    GRATIS mandi air panas
    GRATIS permainan billiard, karambol, dll
    TERSEDIA musholla
    LEBIH romantis
    LEBIH strategis
    LEBIH lezat
    LEBIH murah
    BERHADIAH TABLET, diundi akhir tahun.

    Paket LENGKAP mulai Rp. 9,750 NETT, bersih tanpa tambahan apapun !

    FREE trial, test food GRATIS !

    Referensi : BCA, Sinarmas Land, Allianz insurance, dll

    salam hangat dari kami.

    Warung Khas Batu
    http://www.thebatuvillas.com/restaurant/
    Jln. Sultan Agung 29 Kota Batu
    Telepon : 0341-592955
    BBM: 7D8DEB8C
    HP/Whatsapp : 085707585899

    1. Mantap pol ini, kami dari
      MARSHALL JAVA tour organizer.
      Jl. Melati no.289, SEKARPURO, MALANG JAWA TIMUR.

  3. Malika says: Reply

    Thanks buat infonya .. mau tau tempat wisata lainnya di Malang kunjungi http://www.majalahmalang.com

  4. malang batu begitu indah dan mempesona

  5. ALun2 Kota Batu (yang ada Pos Ketan Legendanya, adalah pilihan yang sangat menarik, karena sekarang tambah keren, nyaman, gratis pula 😀

    Untuk sobat yg butuh penginapan di Batu Malang, seperti homestay, villa dan homestay kamaran bisa cek di website kami, http://www.penginapandibatumalang.com

    Thanks min uda bantu promosi daerah kami 😉

Leave a Reply