Tempat Wisata di Makassar dan Sekitarnya

tempat wisata di makassar, pantai losari, ikon wisata makassar, tujuan wisata di makassar

Kota yang sebelumnya bernama Ujung Pandang ini adalah kota terbesar sekaligus pintu gerbang menuju Indonesia Timur. Selain menjadi kota modern, Makassar juga menyimpan beragam obyek wisata menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya wisata sejarah dan budaya, tapi wisata modern hingga wisata alamnya. Berikut ini SpotWisata telah merangkum beberapa tempat wisata di Makassar dan sekitarnya yang menarik untuk dikunjungi.

 

Pantai Losari

tempat wisata di makassar, pantai losari, ikon wisata makassar, tujuan wisata di makassar

Pantai Losari merupakan ikon wisata utama Kota Makassar. Rasanya tak sah wisata Anda ke Makassar jika tak berkunjung dan mengabadikan momen di sini. Tak seperti pantai pada umumnya, Pantai Losari tidak memiliki hamparan pasir melainkan hanya berupa landmark yang berada di tepi pantai disepanjang Jalan Penghibur. Meski demikian, Pantai Losari memiliki daya tarik tersendiri yang membuatnya selalu ramai didatangi pengunjung. Diantaranya adalah pemandangan sunsetnya yang mempesona.

Dipagi hari, banyak warga makassar yang melakukan olahraga dan jogging di Pantai Losari. Selain olahraga dan menikmati sunset, Anda juga dapat bersantai sambil menikmati aneka kuliner khas Makassar seperti pisang epe, coto makassar, sop konro, dan es pallubutung di lapak-lapak yang berjejer di sekitar pantai losari.

Sangat mudah untuk menuju Pantai Losari, karena tempatnya yang berada di pusat kota dan akses transportasi yang lengkap. Beragam pilihan hotel pun tersedia di sekitar Pantai Losari jika Anda yang ingin bermalam di sini. Disamping itu, beberapa objek wisata di Makassar lainnya seperti Fort Rotterdam dan Trans Studio cukup dekat dari sini.

 

Fort Rotterdam

tempat wisata di makassar, wisata sejarah di makassar, benteng rotterdam, benteng ujung pandang, obyek wisata di makassar

Fort Rotterdam/Benteng Rotterdam ini letaknya tidak jauh dari Pantai Losari, tepatnya di Jalan Ujung Pandang, hanya sekitar 0,5 km dari Pantai Losari. Benteng yang semula bernama Benteng Ujung Pandang ini di bangun oleh Raja Gowa ke-X pada tahun 1545. Jika dilihat dari atas, bentuk benteng ini menyerupai seekor penyu yang seakan-akan sedang merangkak ke laut. Ini melambangkan bahwa kerajaan Gowa dahulu bisa berjaya baik di laut maupun di darat.

Di dalam kompleks Benteng Rotterdam terdapat 13 bangunan dan 5 buah menara. Terdapat pula sebuah museum yang bernama Museum La Galigo. Museum ini menyimpan sekitar 4.999 koleksi peninggalan kerajaan, hasil teknologi, kesenian, hingga peralatan hidup yang digunakan oleh suku Bugis, Makassar, Mandar dan Toraja. Selain itu, ada sebuah ruangan yang diduga sebagai tempat pengasingan Pangeran Diponegoro.

Fort Rotterdam dibuka setiap hari mulai pukul 8.00 sampai 18.00. Sedangkan Museum La Galigo hanya buka hari Selasa-Minggu mulai pukul 8.00 sampai 12.30. Dengan membayar Rp. 10.000 per orang, Anda sudah bisa masuk dan mengelilingi salah satu benteng bersejarah di Kota Makassar ini. Setelah lelah berkeliling, Anda bisa bersantai sejenak sambil menikmati es kelapa muda dan pisang epe di lapak-lapak yang banyak terdapat di depan komplek Fort Rotterdam.

 

Trans Studio Makassar

trans studio makassar, wahana indoor, tempat rekreasi di makassar, objek wisata di makassar, wahana permainan,

Tempat wisata favorit di Makasar lainnya adalah Trans Studio. Tempat ini disebut-sebut sebagai theme park indoor terbesar di Indonesia setelah Trans Studio Bandung. Trans Studio Makasar berdiri di area seluas 2,7 hektar dengan total 21 wahana permainan yang dibagi kedalam empat tema berbeda yaitu Studio Central (bertema hollywood), Lost City (bertema petualangan), Cartoon City (bertema kartun) dan Magic Corner (bertema magis).

Wahana permainan dan hiburan yang beraneka ragam, letaknya di dalam ruangan yang sejuk, serta fasilitas yang lengkap, menjadikan Trans Studio Makassar sebagai tempat yang ramai dikunjungi masyarakat untuk menghabiskan liburan bersama keluarga.

Theme Park ini terletak di Trans Studio Mall yang juga tidak jauh dari Pantai Losari, tepatnya di jalan Metro Tanjung Bunga. Lokasinya yang berada di dalam mall juga menjadi kelebihan tersendiri karena pengunjung bisa menikmati wahana permainan sekaligus berbelanja di kawasan yang sama. Untuk dapat menikmati seluruh wahana yang ada di Trans Studio Makassar, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 100.000 saat  weekday atau Rp. 175.000 saat weekend dan hari libur.

 

Pulau Samalona dan Kodingareng Keke

tempat wisata di makassar, wisata pantai, pantai di makassar, pulau samalona,

Setelah mengunjungi ikon, wisata modern dan wisata sejarah di Kota Makassar, kini saatnya Anda mengunjungi wisata alam di Makassar. Salah satu yang paling dekat dan indah adalah Pulau Samalona. Lautnya yang jernih, hamparan pasirnya putih, dan alam bawah lautnya yang mempesona membuat pulau ini banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Pulau Samalona bisa ditempuh dengan waktu sekitar 20-30 menit dengan speed boat dari pelabuhan penyebarang yang letaknya tidak jauh dari Pantai Losari dan Fort Rotterdam. Untuk biayanya, tergantung dari jenis kapal dan kesepakata tawar menawar yang dilakukan. Biasanya sekitar Rp 350.000 – Rp. 500.000 untuk perahu yang bisa menampung hingga 10 orang.

Selain Pulau Samalona, ada satu pulau kecil nan eksotis lagi yang berada setelah Samalona yaitu Pulau Kodingareng Keke. Pulau yang berukuran tak lebih dua kali lapangan sepakbola ini memiliki pemandangan tak kalah indahnya. Tidak hanya memiliki pasir putih bersih dan laut yang jernih, suasana di pulau ini juga sangat tenang, sehingga cocok bagi Anda yang mencari suasana wisata yang tenang, jauh dari keramaian kota.

 

Taman Nasional Bantimurung

taman nasional bantimurung, tempat wisata di makassar, air terjun bantimurung, museum kupu-kupu, bantimurung maros, konservasi kupu-kupu

Tempat lain yang juga menarik untuk dikunjungi di sekitar Makassar adalah Taman Nasional Bantimurung, Kabupaten Maros. Letaknya sekitar 45 km dari kota Makassar atau sekitar 1,5-2 jam perjalanan, tergantung kondisi lalu-lintas. Taman nasional yang memiliki luas lebih dari 40 ribu hektar ini disebut-sebut memiliki pegunungan karts paling indah di dunia setelah pegunugan karst yang ada di Cina. Tak hanya keindahan alamnya saja, di Taman Nasional Bantimurung juga terdapat sekitar 250 spesies kupu-kupu, tidak berlebihan jika tempat ini mendapat julukan “Kingdom of Butterfly” atau kerajaan kupu-kupu.

Di kawasan Taman Nasional Bantimurung, terdapat area wisata yang sering dijadikan tempat rekreasi masyarakat Makassar. Di sana terdapat Air Terjun Bantimurung yang memiliki aliran air yang besar dengan kolam-kolam di bagian bawahnya. Di area ini juga terdapat penangkaran dan museum kupu-kupu, Anda bisa menyaksikan berbagai jenis kupu-kupu baik yang masih hidup maupun yang sudah diawetkan. Anda juga bisa menelusuri goa batu berusia ratusan tahun yang berada di bagian atas air terjun. Di tempat ini juga tersedia kolam dan permainan untuk anak-anak jika kebetulan Anda berlibur bersama keluarga dan anak-anak. Untuk masuk ke Kawasan Wisata Bantimurung ini, pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp. 25.000 per orang.

 

Kebun Teh Malino

tempat wisata di makassar, wisata malino, kebun teh hijau, pegunungan malino, obyek wisata makassar

Kebun Teh Malino adalah salah satu tujuan wisata terkenal di Sulawesi Selatan. Kawasan ini terletak di Kota Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa. Jaraknya sekitar 90 km dari kota Makassar, namun karena jalannya yang didominasi jalan menanjak, maka dibutuhkan waktu antara 2-3 jam perjalanan untuk bisa sampai di tempat ini. Berada di ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut membuat suhu udara di sini begitu sejuk dan menyegarkan. Bisa dibilang kawasan ini sebagai kawasan “Puncak“-nya Sulawesi Selatan yang banyak dijadikan tempat rekreasi warga Makassar.

Kota yang juga mendapat julukan “Kota Bunga” ini memiliki sejumlah objek wisata menarik, seperti Air Terjun Seribu Tangga, Air Terjun Takapala, Lembah Biru, serta bunker peninggalan Jepang. Namun jika Anda ingin benar-benar menikmati seuasana pegunungan yang sejuk, datanglah ke perkebunan teh yang dikelola oleh korporasi Malino Highlands. Anda bisa singgah di sebuah cafe di puncak perkebunan ini, sambil menikmati sajian teh hijau Malino dengan pemandangan kebun teh dan udara yang segar. Bagi Anda yang ingin tinggal lebih lama, di kawasan ini juga banyak terdapat villa dan guesthouse.

 

Tanjung Bira

tanjung bira bulukumba, pantai bira, tempat wisata di makassar, obyek wisata di makassar, pantai indah di bulukumba,

Jika Malino ibarat “Puncak”-nya Sulawesi Selatan, maka Tanjung Bira adalah “Pantai Kuta”nya Pulau Sulawesi. Ya, pantai yang berada di Kabupaten Bulukumba ini memang sangat terkenal dikalangan wisatawan penyuka keindahan alam laut. Tidak hanya wisatawan domestik saja, tapi juga wisatawan mancanegara. Anda bisa berenang, berjemur, snorkeling atau hanya sekedar duduk menikmati pemandangan terbit dan tenggelamnya matahari.

Meski letaknya cukup jauh, yaitu sekitar 200 km dari kota Makassar, namun kelelahan Anda akan terbayarkan saat Anda menginjakkan kaki di atas pasir putihnya. Hal ini karena selain keindahan pemandangan dan airnya yang jernih, Pantai Tanjung Bira juga terkenal akan pasirnya yang lembut dan putih seperti bedak bayi. 🙂

Sebagai salah satu tempat wisata di Makassar yang cukup terkenal, fasilitas di Pantai Bira pun sudah cukup lengkap, mulai dari penginapan, restoran dan juga kamar mandi untuk membersihkan diri setelah berenang. Jika lupa membawa alat snorkeling, Anda bisa menyewanya seharga Rp. 30.000. Ada juga sepeda motor yang disewakan Rp 65.000 per hari untuk berkeliling kawasan pantai ini. Untuk tiket masuknya sendiri, Anda hanya perlu membayar sebesar Rp. 5.000 saja.

1 Comment

  1. henife says: Reply

    Ada juga 6 tempat wisata yang menarik yang berada dekat dengan makassar yaitu tempat wisata di Galesong diantaranya Wisata pantai Galesong, Prima Water Boom, Wisata Pantai Bintang Galesong, Kolam Renang Rita, Pelabuhan Boddia dan Pulau Sanrobengi.

Leave a Reply