Tempat Wisata di Pulau Weh, Pulau Indah di Ujung Barat Indonesia

tugu nol kilometer indonesia, wisata pulau weh, tempat wisata pulau weh, tempat wisata di sabang, tempat wisata di aceh

Pulau Weh merupakan pulau yang berada di ujung paling barat Negara Indonesia dan merupakan bagian dari Propinsi Aceh. Pulau dengan Sabang sebagai kota terbesarnya ini, memiliki potensi alam yang sangat indah dan beragam, menjadikannya sebagai salah satu surga dunia yang ada di Indonesia. Ada yang bilang, untuk menjelajahi kepulauan yang ada di Indonesia, ya dimulai dari Pulau Weh ini.

Untuk menuju Pulau Weh, Anda harus menggunakan pesawat dari Jakarta atau wilayah lainnya menuju Bandara Sultan Iskandar Muda di Banda Aceh. Setelah di Banda Aceh, dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum yang disebut labi-labi, Anda harus menuju ke Pelabuhan Uloe Lheue untuk menyeberang ke pelabuhan Balohan yang ada di Sabang. Pilihannya ada dua, yakni menggunakan kapal cepat dengan waktu tempuh 45 menit atau menggunakan kapal feri dengan waktu tempuh 2 jam.

peta pulau weh, peta wisata pulau weh, peta kota sabang, tempat wisata di pulau weh, tempat wisata di sabang, tempat wisata di aceh, titik nol kilometer indonesia, pulau iboih

[box type=”shadow” align=”aligncenter” class=”” width=””]Info:
Jadwal kapal feri Banda Aceh – Sabang:
– Senin, Selasa, Kamis, Jumat, pukul 14.00 WIB
– Rabu, Sabtu, dan Minggu, pukul 16.00 WIB
Harga tiket kapal Feri:
-Kelas ekonomi: Rp 18.850, kelas eksekutif: Rp 46.750[/box]

Saat berada di kapal, selain beristirahat, Anda juga bisa berjalan-jalan mengelilingi kapal feri, mulai dari kelas ekonomi, bisnis hingga kelas eksekutif. Dari dek kapal, Anda juga bisa menikmati pemandangan selat Malaka. Atau jika sedang beruntung, Anda bisa menyaksikan selekelompok lumba-lumba yang berenang di dekat kapal.

Saat tiba dipelabuhan Balohan yang ada di Sabang, maka Anda telah siap menikmati berbagai atraksi menarik yang ada di Pulau Weh. Berikut adalah beberapa tujuan tempat wisata di Pulau Weh yang spotwisata rangkum.

 

Tugu Nol Kilometer

tugu nol kilometer indonesia, wisata pulau weh, tempat wisata pulau weh, tempat wisata di sabang, tempat wisata di aceh

Salah satu tujuan utama wisatawan yang berkunjung ke Pulau Weh ini adalah Tugu Nol Kilometer. Yakni sebuah monumen penanda geografis penanda titik nol Indonesia di ujung paling barat, sekaligus simbol perekat nusantara dari Sabang sampai Merauke.

Di tempat ini juga kita dapat menikmati keindahan matahari terbenam di ujung paling barat Indonesia sambil menghadap ke lautan luas Samudera Hindia. Tak hanya itu, memalui biro perjalanan resmi atau dinas pariwisata Sabang, Anda juga bisa mendapatkan sertifikat tanda bahwa Anda pernah menginjakkan kaki di titik nol kilometer Indonesia.

Di dalam bangunan tugu setinggi 22,5 meter dengan burung garuda di puncaknya ini, terdapat prasasti tugu yang diresmikan mantan wakil presiden Tri Sutrisno dan sebuah prasasti penentuan geografis yang ditandatangani oleh mentri riset dan teknologi prof. Dr. Ing. B.J. Habibie juga tahun 1997. Lokasi tugu nol kilometer ini terletak di areal hutan wisata Sabang, sekitar 5 km dari Pantai Iboih. Jika dari pusat Kota Sabang, jaraknya sekitar 29 km atau sekitar 40 menit jika menggunakan kendaraan. Salah satu hal unik saat menuju ke sini Anda akan melewati monkey road dimana sekawanan monyet yang berkeliaran akan tau jika ada mobil lewat, dan tak jarang ada pengendara yang menyempatakan berhenti dan memberikan mereka makanan berupa kacang atau pisang. Namun sayang tugu yang merupakan simbol bersejarah dan memiliki arti penting ini terlihat kurang terawat , bahkan masih saja ada orang iseng yang tega mencoret-coret moneumen bersejarah yang seharusnya dijaga ini.

 

Wisata Pantai di Pulau Weh

Pantai Iboih

pantai iboih, tempat wisata di pulau weh, wisata di pulau weh, tempat wisata di sabang,

Pulau Weh memiliki sederetan pantai-pantai yang cantik. Yang paling terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri adalah Pantai Iboih yang jaraknya sekitar 50 km dari pelabuhan Balohan. Di tempat ini, Anda bisa mendapatkan berbagai pilihan penginapan dengan harga bervariasi sesuai budge Anda mulai dari homestay, cotage atau barak. Hampir semuanya dikelola oleh warga setempat dan beberapa diantaranya ada yang menghadap ke laut.

Uniknya, karena Sabang merupakan bagian dari Aceh yang mayoritas berpenduduk muslim, ada perturan tertentu yang harus ditaati para wisatawan jika berkunjung ke pantai ini. Seperti di larang memakai bikini & pakaian renang, dilarang ke laut dihari kamis dan jumat, dll.

 

Pulau Rubiah

pulau rubiah, diving di pulau rubiah, tempat wisata di pulau weh, tempat wisata di sabang, tempat wisata di aceh, snorkeling, laut jernih

Diseberang Pantai Iboih, sekitar 250 m, ada sebuah pulau kecil yang terkenal dengan surga bawah lautnya yakni Pulau Rubiah. Posisinya persis berhadapan dengan Pantai Iboih. Untuk mencapai ke Pantai Rubiah ini, Anda cukup menyewa kapal berikut perlengkapannya untuk snorkeling dan diving yang ada di Iboih atau di Rubiah. Keadaan perarian di sekitar taman laut Pulau Rubiah sangat jernih dan bersih dengan kecerahan mencapai kedalaman 10 hingga 15 m. Di perairan yang masih terbilang dangkalnya saja, Anda bisa melihat berbagai terumbu karang seperti karang meja, karang tanduk, dan karang batik, serta ikan berwarna-warni yang berenang kesana kemari. Ada satu titik di dasar laut dimana mobil-mobil peninggalan tsunami sengaja ditenggelamkan untuk menjadi rumah bagi para ikan dan tempat tumbuhnya terumbu karang.

Tak hanya memiliki surga bawah laut, daratan di Pulau Rubiah ini juga memiliki sejarah yang sangat penting yakni bekas karantina haji dari seluruh wilayah Indonesia yang akan berangkat ke tanah suci mekah. Itu juga yang menjadi salah satu alasan mengapa Aceh disebut sebagai Serambi Mekah. Namun sayang, bekas asrama haji ini terlihat sangat tidak terawat. Selai itu, ada juga makan Siti Rubiah yang namanya diabadikan menjadi nama dari pulau ini.

Minimnya informasi wisatawan yang ingin berwisata ke Iboih atau Pulau Rubiah, menyebabkan banyak yang tidak tau keberadaan bangunan bersejarah disekiar taman laut kelas dunia ini.

 

Pantai Sumur Tiga

tempat wisata di pulau weh, tempat wisata di sabang,

Selain pantai Iboih dan Pulau Rubiah, ada lagi pantai lain di Sabang yang tak kalah indahnya seperti Pantai Sumur Tiga yang memiliki hamparan pasir putih dengan laut jernih dan langit yang biru. Sama seperti di Iboih, di kawasan Pantai Sumur Tiga juga banyak terdapat kafe dan penginapan dengan harga yang cukup terjangkau. Ada juga Pantai Kasih yang letaknya di kota atas Sabang. Konon ini merupakan pantai dengan sunset atau matahari yang terbenamnya paling lama. Di sabang, jam 7 malam sama seperti masih jam 5 sore di Jakarta. Sementara pantai lainnya memiliki pasir berwarna putih, sesuai namanya di Anoi Itam, pasirnya berwarna hitam. Konon di pantai ini, pasirnya memiliki kandungan nikel tiga kali lebih banyak.

 

Wisata Pegunungan

wisata pulau weh, wisata di sabang, tempat wisata di aceh,

Sebagai pulau kecil dengan luas 156,3 kilometer persegi, Pulau Weh tidak hanya dikelilingi oleh sederatan pantai indah, tapi juga dikelilingi oleh hutan dan pegunungan. Menurut sejarah, Sabang berasal dari kata, Syabak yang berarti gunug meletus. Hal ini dibuktikan dengan masih adanya gunung merapi yang ada di bawah laut dan daratan. Salah satunya adalah Jaboi Volcano, atau wisata gunung berapi Jaboi yang berada di kampong Jaboi kurang lebih 15 km dari pusatt kota Sabang. Di sini Anda bisa melihat langsung kawah yang masih aktif dan aliran air hangat yang mengalir disekitar kawah. Selain itu, Anda bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa cantik dengan latar yang serba putih. Banyak wisatawan yang tak ingin melewatkan untuk berfoto di tempat ini.

Bagi yang suka berpetualang, di Sabang ada juga wisata Air Terjun Pria Laot. Untuk menuju ke air terjun ini, Anda harus tracking atau berjalan kaki selama kurang lebih 15 menit. Namun Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang masih alami serta melewati sungai dan bebatuan. Lokasi air terjun yang beada di dalam hutan, memberikan kesempatan Anda untuk menyaksikan beragam fauna liar seperti biawak laut yang merupakan endemik pulau Weh. Konon jika Anda datang sekitar bulan Juni hingga Agustus, disepanjang jalur air terjun Anda akan melihat banyaknya kupu-kupu yang baru keluar dari kepompong. Air terjun Pria Laot juga tak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah, namun sebuah potensi wisata baru yang belum banyak diketahui yakni spa alam berupa terapi ikan bulan.

Selain yang telah disebutkan, masih banyak lagi tempat-tempat wisata di Pulau Weh yang bisa Anda kunjungi seperti Pante Kasih, Aneuk Laot, atau berwisata belanja di Piyohi. Dengan banyaknya tujuan wisata yang menarik di pulau ini, maka Pulau Weh bisa menjadi satu destinasi yang layak masuk di daftar destinasi Anda.

 

2 Comment

  1. […] Peta Pariwisata Sabang [Sumber gambar: spotwisata.com] […]

  2. Shinta says: Reply

    hallo semua… jika berkunjung ke Sabang bersama teman atau keluarga. Jangan bingung jika tidak ada kendaraan untuk berkeliling Sabang. Kami juga free menyediakan driver untuk mengajak ke spot2 menarik di sana. Kami memiliki mini bus yg muat 10 – 12 orang, ada juga minibus Toyota Innova & Avanza dgn harga yg terjangkau. Silahkan hubungi nomor berikut untuk booking ya
    -082116467688 (Imanuel)

Leave a Reply