Inilah 4 Tempat Makan Enak di Bogor yang Patut Dikunjungi

toge goreng, kuliner khas bogor, makanan khas bogor, tempat makan enak di bogor, wisata kuliner di bogor

Tidak hanya terkenal dengan tempat wisatanya, Bogor juga menjadi surga bagi pecinta kuliner. Terdapat banyak tempat makan enak di Bogor yang bisa Anda kunjungi. Mulai dari makanan tradisional, makanan berat, jajanan hingga menu kreasi makanan mancanegara bisa Anda temukan di Bogor. So, disamping Anda mengunjungi tempat wisata di Bogor, tidak salah jika Anda mencicipi berbagai makanan khas yang memanjakan lidah. Berikut adalah beberapa tempat makan enak di Bogor yang patut Anda coba.

 

Tauge Goreng Mang Gebro

toge goreng, kuliner khas bogor, makanan khas bogor, tempat makan enak di bogor, wisata kuliner di bogor

Salah satu kuliner khas yang banyak dicari orang saat berkunjung ke Bogor adalah Tauge Goreng atau Toge Goreng. Meski namanya toge goreng, sebenarnya toge yang disajikan tidak benar-benar di goreng, melainkan hanya direbus dengan sedikit air di atas nampan bulat dari besi. Setelah setengah matang, tauge di sajikan bersama mi kuning, tahu goreng dan lontong lalu disiram dengan kuah tauco, oncom dan bumbu lainnya.

Mang Gebro atau Pak Gebro merupakan orang yang pertama kali mempopulerkan makanan ini yang kemudian diteruskan oleh beberapa anak keturunannya sejak tahun 1967. Itulah sebabnya, Tauge Gireng Mang  Gebro lah yang paling populer di Bogor. Saat ini banyak penjual tauge goreng di Bogor yang mengklaim sebagai keturunan Mang Gebro. Salah satu tempat makan tauge goreng yang enak di Bogor bisa Anda jumpai di Jl. Dewi Sartika, dekat gedung BRI. Di sinilah pertamakali Pak Gebro berjualan. Kini tempat itu dikelola Sudjana dengan nama Tauge Goreng Pak Gebro Saputra.

Tauge goreng Pak Gebro memiliki resep rahasia dan cara mengolah tauge tersendiri yang telah dipertahankan secara turun temurun sehingga memiliki cita rasa yang khas. Meskipun tauge yang disajikan telah matang namun tetap renyah, serta kandungan zat gizinya tidak hilang dan tidak cepat basi. Selain Mang Gebro, ada beberapa penjual toge goreng yang cukup legendaris di Bogor seperti Mak Epon yang terletak di Jalan Suryakencana, Pak Iwon di Ngesti Pajajaran dan Ibu Omah di samping Bogor Permai (Jalan Sudirman).

 

Soto Bogor Pak Salam

soto bogor enak, tempat makan enak di bogor, kuliner di bogor, wisata kuliner bogor

Makanan enak lainnya yang bisa kita temukan di Bogor adalah Soto Bogor. Makanan dengan kuah santan kuning dan aroma rempah yang khas ini bisa kita jumpai di banyak teempat di Bogor. Jika Anda ingin mencicipi Soto Bogor, cobalah mampir ke warung Soto Bogor Pak Salam yang terletak di salah satu sentra kuliner tradisional Kota Bogor yaitu di Jl. Suryakencana. Di warung kecil pinggir ini, pembeli bisa memilih aneka daging dan jeroan sapi yang akan menjadi isi dari soto bogor sesuai selera. Biasanya satu porsi berisi 2-4 potong besar, dengan harga 8 ribu rupiah per potong. Potongan tersebut lalu dipotong kecil-kecil lagi kemudian disiram dengan kuah santan kuning.

Warung soto pak salam buka mulai jam 4 sore. Meski jam buka warung diluar jam makan siang, namun warung soto pak salam selalu ramai dipadati pembeli. Tak heran jika dalam waktu dua atau tiga jam saja, warung ini sudah tutup karena sotonya sudah ludes terjual.

 

Macaroni Panggang & Lasagna Gulung

kuliner di bogor, tempat makan enak di bogor, kuliner khas bogorRasanya belum lengkap perjalanan wisata kuliner Anda di Bogor jika belum merasakan kedua makanan ini yang berada di Jl Salak no 24. Tidak susah menemukan tempat ini karena lokasinya yang berada di tengah kota, tidak jauh dari pusat FO (factory outlet). Di tempat ini, Anda bisa menemukan Macaroni panggang dengan aneka isi yang bikin ngiler. Selain bisa dimakan di tempat, Anda juga bisa membawa pulan sebagai oleh-oleh.

Selain macaroni panggang, ada juga kuliner unik yang berada di sebelahnya, Lasagna Gulung. Yup, jika biasanya lasagna disajikan dengan cara di susun beberapa lapis, di sini Anda akan menjumpai lasagna yang penyajiannya digulung. Lasagna gulung ini tersedia dalam empat varian rasa, yaitu beef, ayam, tuna dan kerang.

 

Asinan Bogor

rujak bogor, asinan buah, asinan sayur, tempat jual asinan bogor, tempat makan enak di bogorTidak hanya makanan berat, makanan ringan yang menggugah lidah pun bisa Anda temui di Bogor. Salah satunya adalah asinan atau dikenal juga dengan nama rujak di berbagai daerah di Indonesia. Penganan yang memiki citara rasa pedas manis-pedas ini dijadikan oleh-oleh khas saat berwisata ke Bogor. Meski terdapat di daerah lain, asinan Bogor memiliki cita rasa yang khas dan keunikan tersendiri dengan selalu disajikan bersama kerupuk kuning.

Ada banyak tempat penjual asinan di Bogor, salah satunya yang cukup legendaris yaitu Asinan Bogor yang terletak di Jalan Siliwangi No. 27 C. Selain asinan buah, ada juga asinan sayur yang merupakan campuran beberapa sayuran.

 

Itulah beberapa tempat-tempat favorit yang menyediakan makanan enak di Bogor. Tentu masih banyak tempat yang tak kalah enak lainnya yan belum disebutkan dalam tulisan kali ini. Jika Anda mengetahui atau memiliki rekomendasi, Anda bisa berbagi dengan teman-teman lain melalui kolom komentar.

2 Comment

  1. Wah wah…megundang selera bangets.
    yang suka kopi dan ingin suasana yang super unik alias vintage bisa ke Jl.Sancang…ok banget

    1. Siap mbak. Nanti kapan-kapan kalau kesana ta mampir.

Leave a Reply