Pulau Sentosa (Sentosa Island), Pusatnya wisata di Singapore

pulau sentosa singapore, sentosa island singapore, tempat wisata di singapura,

Siapa yang tidak mengenal Singapura, negara yang sangat maju baik dalam kesehatan, infrastruktur, ekonomi, hingga yang terbaru kemajuan tempat wisata Pulau Sentosa yang dimilikinya. Meski hanya memiliki wilayah yang kecil, tidak membuat pemerintah Singapura kehabisan akal untuk memajukan sektor pariwisata mereka. Beberapa tempat wisata berkelas internasional mereka ciptakan, mulai dari Wild Wild Wet, Singapore Discovery Centre, hingga yang paling besar Sentosa Island.

Selain Patung Merlion yang menjadi ikon Negara Singapura, tempat wisata di Singapura yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Pulau Sentosa atau lebih dikenal Sentosa Island. Pulau ini merupakan salah satu pulau yang terpisah dari pulau utama Singapura dan salah satu pulau buatan terbesar, selain itu pulau ini juga menjadi pusat hiburan atau wisata di Singapura. Karena di pulau ini terdapat banyak sekali tempat hiburan mulai dari wahana permainan, atraksi, resort, restoran, café, hingga pantai yang indah.

pulau sentosa singapore, sentosa island singapore, tempat wisata di singapura,

Cara Menuju Ke Pulau Sentosa

Agar dapat menuju ke Pulau Sentosa, Anda harus pergi ke stasiun MRT Harbour Front (Jika tidak mengetahui jalur posisi Anda ke stasiun MRT Harbour Front, Anda bisa bertanya kepada penduduk setempat atau jika malu bertanya bisa menggunakan google maps dan Singapore Street Map). Setelah tiba di stasiun MRT Harbour Front, Anda masuk ke Harbour Exit menuju ke pintu exit E atau jalur Vivocity atau Sentosa Express. Setelah masuk, Anda bisa memilih jalur menuju Pulau Sentosa menggunakan Sentosa Express, Cable Car, Bus, dan Berjalan kaki.

 

Cable Car

pulau sentosa singapore, sentosa island singapore, tempat wisata di singapura,
Cable Car

Sejak Pulau Sentosa pertama di perkenalkan Cable Car sudah ada untuk membantu para pengunjung menyeberang, namun pada tahun 2009 Cable Car mengalami renovasi dan menambah kapasitasnya. Supaya dapat menggunakan Cable Car, Anda perlu melihat papan petunjuk agar dapat menemukan tower yang bisa digunakan untuk naik atau turun penumpang. Alat Transportasi ini beroperasi setiap hari, dari jam 8.30 AM hingga 10.00 PM waktu Singapura. Untuk harga tiket pulang-pergi sebesar $ 26 Singapura untuk Dewasa dan $ 15 Singapura untuk anak-anak, sedangkan untuk sekali jalan $ 24 Singapura dan $ 14 Singapura untuk anak-anak.

 

Sentosa Express

Bila Anda ingin menggunakan Sentosa Express, pergilah ke Vivocity Shopping Mall lantai tiga, namun jika mengalami kesulitan mencari loket penjual tiket Sentosa Express. Anda bisa bertanya kepada pihak keamanan atau tempat pengaduan dan pelayanan, karena semua petugas disana ramah-ramah dan baik hati. Agar dapat membeli tiket ada dua cara yaitu dengan manual melalui loket atau via Ticket Vending Machine yang terletak di samping loket. Keberangkatan yang pertama jam 7.00 AM dan yang terakhir 12.00 PM, untuk biayanya sebesar $ 3 Singapura per tiket.

 

Bus RWS

Jika Anda ingin menggunakan Bus, pergilah menuju haltes bus di sekitar VivoCity atau Harbour Front yang terletak di depan Bank Merrill Lynch. Tunggu hingga bus dengan kode RWS 8 berhenti, karena hanya bus RWS 8 yang melayani rute ke Pulau Sentosa. Harga tiket Bus ini sangatlah murah hanya sekitar $ 2 Singapura untuk pulang-pergi, untuk jam operasinya dari jam 6.00 AM hingga 23.30 PM waktu Singapura.

 

Jalan Kaki

pulau sentosa singapore, sentosa island singapore, tempat wisata di singapura,
Sentosa Broadway

Selain menggunakan alat transportasi publik, Anda juga bisa berjalan kaki. Meski berjalan kaki, namun di sepanjang perjalanan Anda bisa menikmati pemandangan dan keindahan jembatan Sentosa Boardwalk dan Pulau Sentosa. Namun jangan berpendapat akan kepanasan dan kedinginan, karena jalur ini tertutup oleh kanopi yang melindungi Anda. Untuk tiket masuk ke Sentosa Boardwalk, Anda harus membayar tiket sebesar $ 1 Singapura.

Bagi Anda yang membawa keluarga yang masih balita atau sudah lansia, kami sarankan agar menggunakan Cable Car atau Bus. Karena Anda tak perlu mengeluarkan keringat, tetapi masih bisa menikmati pemandangan selama perjalanan.

 

Wilayah Pulau Sentosa

Jika dilihat dari jenis kawasan wisata, Pulau Sentosa memiliki empat kelompok besar antara lain Limbiah Lookout, Silooso Point, Kawasan Pantai, dan Resort World Sentosa. Untuk kawasan Limbiah Lookout berada di tengah atau jantung pulau sentosa, di wilayah ini terdapat delapan tempat yang menarik untuk belajar dan mencoba keberanian Anda seperti taman kupu-kupu dan serangga, Sentosa Nature Discovery, The Merlion, Images of Singapura dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang baru pertama kali berkunjung ke Pulau Sentosa, disarankan agar mengunjungi Limbiah Lookout terlebih dahulu.

pulau sentosa singapore, sentosa island singapore, tempat wisata di singapura,
Underwater World Singapore

Untuk kawasan Silooso Point, lebih diperuntukan untuk belajar dan menikmati alam bawah laut yang ada di Pulau Sentosa. Bukan hanya itu saja, Anda bisa menyaksikan atraksi lumba-lumba dan berinteraksi secara langsung. Selain itu di kawasan Silooso Point juga terdapat Combat Skirmish Live, Resto seafood, hingga kolam ikan. Menuju ke kawasan Pantai, Anda akan dimanjakan dengan keindahan pantai beserta laut dengan iringan ombak kecil. Tak heran jika pantai ini menjadi salah satu pantai yang sering dikunjungi turis baik untuk berjemur, bermain pasir, dan berolah raga. Untuk yang terakhir adalah Resort World Sentosa, disini Anda bisa menikmati hiburan berkelas seperti Marine Life Park, Universal Studio, Marine Life Park, hingga Lake Of Dream.

Di kawasan wisata Pulau Sentosa, terdapat beberapa objek yang gratis hingga berbayar. Namun jika Anda memiliki dana yang tipis, kami sarankan agar menikmati kawasan Pulau Sentosa yang tidak berbayar alias gratis. Adapun wisata yang gratis di Pulau Santoso antara lain Bola Dunia Universal Studio Singapura (Spot terbaik untuk mengabadikan momen), Siloso Beach Sentosa Singapore (tempat terbaik untuk berjemur, bermain pasir, hingga olahraga voli), dan Marlion Walk Sentosa Island Singapore (Tempat terbaik sebagai obyek foto, karena terdapat taman yang catik penuh warna-warni dan terdapat ikon Pulau Sentosa Merlion setinggi 37 meter).

2 Comment

  1. wah silooso poin itu keren banget tuh, bisa belajar tentang kehidupan dibawah laut

  2. wah keren banget ni, singapore memang keren.
    kesana harus pakai visa ndak ya?

Leave a Reply