Big C Supermarket, Tempatnya Belanja Oleh-oleh Murah Thailand!

Big C Supercenter, Bangkok, Thailand
Pintu masuk Big C Supermarket, Ratchadamri, Bangkok, Thailand.

Ngomongin soal liburan ke Thailand, pasti nggak bakalan lepas dari yang namanya belanja berbagai oleh-oleh dan snack unik khas Thailand. Selain terkenal dengan destinasi wisata yang menarik, negeri gajah putih ini juga populer karena makanan dan jajanannya yang enak-enak. Di Thailand, terutama Bangkok, kamu juga nggak bakal kesusahan buat nemuin pasar, supermarket, hingga tempat untuk belanja oleh-oleh.

Nggak heran, sebab, Bangkok adalah salah satu kota di dunia yang paling banyak dikunjungi di tahun 2018. Dan berhasil mempertahankan gelar tersebut selama 4 tahun berturut-turut, berdasarkan survei yang dilakukan Mastercard Inc, dikutip dari Bloomberg.

Kalau biasanya tempat belanja oleh-oleh terkenal di Bangkok adalah Chatuchak Market, Khao San Road, Pratunam Market, hingga MBK Center. Kali ini, Admin SpotWisata bakal kasih rekomendasi beda yang mungkin belum banyak orang Indonesia tahu, yaitu Big C Supermarket atau Big C Supercenter, Thailand.

Big C Supermarket ini semacam supermarket besar yang jadi ikon dan langganan belanja bulanan orang-orang Thailand. Kalau di sini, mungkin mirip Giant atau Carrefour. Kalau teman-teman mau cari Nestea Thai Tea khas Thailand, Cha Tra Mue, Tao Kae Noi, dan snack unik Thailand lainnya, nggak salah lagi, di sinilah tempatnya.

Nggak cuma banyak pilihan jenis makanan ringan khas Thailand, Big C Supercenter juga ramah banget untuk turis. Mereka punya spot yang didedikasikan khusus buat turis yang memang cari oleh-oleh khas Thailand. Selain itu, harga yang mereka tawarkan juga murah. Bahkan, sering banget ada promo untuk produk-produk yang jadi favorit seperti manisan mangga kering khas Thailand, Tao Kae Noi, Pocky aneka rasa, dan masih banyak lagi.


Lokasi Big C Supermarket, Bangkok, Thailand

Di Bangkok, lokasi Big C Supermarket sendiri ada di beberapa titik. Tapi, waktu admin SpotWisata ke sana, admin memutuskan untuk pergi ke Big C Supermarket yang berlokasi di Ratchadamri, Bangkok, Thailand. Kenapa? Karena selain mudah dijangkau dengan menggunakan BTS (Bangkok SkyTrain), wilayah Ratchadamri juga yang paling dekat dengan hostel tempat admin menginap.

Lokasi: 97 11 Ratchadamri Rd, Lumphini, Pathum Wan District, Bangkok 10330, Thailand

Jam buka Big C Supermarket: Setiap hari, mulai pukul 9 pagi sampai jam 2 pagi.

Telepon: +66 2 250 4888

Di samping pintu masuk Big C Supermarket, Ratchadamri, Thailand, juga ada Mini Big C yang buka 24 jam. Produk-produknya memang nggak selengkap yang ada di Big C Supermarket, tapi barang-barangnya hampir mirip kok.

Mini Big C Supercenter, Ratchadamri, Thailand.
Pintu masuk Mini Big C Supermarket, Ratchadamri, Bangkok.

Cara Menuju ke Big C Supercenter Thailand

Big C Supermarket Ratchadamri ada di seberang Central World persis. Jadi, kalau teman-teman mau berkunjung ke sana dengan BTS, tinggal naik aja dari stasiun BTS terdekat dari hotel menuju stasiun BTS Ratchadamri.

BTS Bangkok Map
Peta Jalur BTS Bangkok. Sumber: bangkok-maps.com.

Dari peta jalur BTS di atas, teman-teman tinggal menyesuaikan aja naik BTS-nya dari stasiun mana. Yang perlu diingat, BTS Bangkok tu terbagi menjadi dua jalur: Sukhumvit Line dan Silom Line. Yang warna hijau muda itu jalur Sukhumvit, sementara yang hijau tua itu jalur Silom. Nah, BTS Ratchadamri ada di jalur Silom.

Jadi, kalau teman-teman naik dari jalur Shukumvit, teman-teman perlu transit atau turun di stasiun BTS Siam, kemudian lanjut ke Ratchadamri dengan jalur Silom ya! Ongkos BTS biasanya tergantung jarak dari tempat teman-teman naik. Makin jauh, biasanya makin mahal. Tapi, semahal-mahalnya BTS, dijamin nggak sampai lebih dari 60 Baht kok.

Central World, Bangkok, Thailand.
Big C Supercenter Ratchadamri ada di seberang Central World, Bangkok, Thailand.

Transportasi lain yang bisa teman-teman coba untuk ke Big C Ratchadamri ada taksi atau grab. Tentu aja, biayanya jauh lebih mahal dibanding BTS. Tergantung juga titik keberangkatan teman-teman dari mana. Kalau teman-teman naik BTS dan sudah sampai di stasiun Ratchadamri, dari stasiun, tinggal jalan aja menuju Central World/Big C Supercenter. Posisinya depan-depanan persis kok! Jalan kaki sekitar 10 menit, teman-teman bisa pakai Google Maps. Jangan ragu untuk mengandalkan Google Maps selama di Bangkok karena super akurat, admin udah cobain sendiri. 😀


Berbagai Snack dan Oleh-oleh yang Ada di Big C Supercenter Ratchadamri, Bangkok, Thailand

Big C Supercenter, Ratchadamri, Thailand.
Pusat oleh-oleh dan jajanan khas Thailand ada di lantai 2 Big C Supercenter Ratchadamri, Thailand.

Kalau kamu sudah masuk ke Big C Supercenter, maka kamu bisa langsung menuju lantai 2 supermarket. Di lantai dua inilah, pusat dari tempat aneka makanan kering, oleh-oleh, dan jajanan khas Thailand bisa kamu temukan. Apa aja yang dijual di Big C Supermarket?


1. Aneka Permen dan Jelly Unik Khas Thailand

Berbagai permen dan jeli-jelian khas Thailand tersedia bagi kamu yang suka penganan manis.

Big C Supercenter jelly and candies
Berbagai jelly dan penganan manis di Big C Supercenter Thailand.
Chewy Milk Candy Mango Thailand
Permen empuk rasa mangga khas Thailand, cuma 52 Baht atau sekitar Rp24.700.

2. Thai Signature Snack di Thailand Corner

Di bagian Thai Signature, tersedia oleh-oleh dengan kemasan khas Thailand yang cocok dibawa untuk keluarga besar atau kerabat di kantor.

Thailand Corner di Big C Supercenter
Thailand Corner di Big C Supercenter Ratchadamri.
Thai Signature Big C Supercenter
Pusat oleh-oleh Thai Signature di Big C Supermarket Ratchadamri.
Big C Supercenter Thailand
Aneka penganan manis semacam dodol dan buah-buahan kering di Big C Supercenter Ratchadamri.

3. Aneka Bumbu Instan Masakan Thailand: Tom Yum, Red Curry, Green Curry

Tergila-gila dengan rasa masakan lokal Thailand yang autentik? Kamu bisa membeli aneka bumbu instannya langsung di Big C Supercenter, Ratchadamri, Thailand. Mulai dari Tom Yum, Red Curry, Green Curry, sampai Pad Thai, semua tersedia. Harganya cuma 20 Baht atau sekitar Rp9.500.

Bumbu masakan Thailand
Aneka bumbu instan masakan lokal Thailand.
Bumbu instan masakan Thailand.
Tersedia juga bumbu ayam basil.

4. Aneka Chips: Coconut Chips, Veggie Chips

Cari aneka chips atau keripik unik khas Thailand? Di Big C Supercenter, kamu bisa menemukan keripik kelapa dan juga keripik sayuran!

Veggie Chips Thailand
Aneka Veggie Chips di Big C Supercenter Thailand.
Coconut Chips Thailand
Keripik kelapa alias coconut chips yang khas di Thailand.

5. Manisan Mangga & Durian Kering Khas Thailand

Sama seperti di Indonesia, Thailand juga terkenal dengan buah-buahan tropisnya, terutama mangga. Mangga Thailand terkenal dengan rasanya yang super manis dan baunya yang harum. Nggak lupa juga, warna kulitnya yang kuning secara menyeluruh. Karena kaya akan buah-buahan tropis, Thailand mengolahnya menjadi oleh-oleh dalam bentuk manisan buah kering yang dikemas.

Dried Mango Thailand
Manisan buah mangga kering dalam kemasan di Big C Supercenter Thailand.
Dried Mango Thailand
Tersedia berbagai promo manisan mangga kering di Big C Supercenter.
Dried durian Thailand
Ada juga manisan durian kering lho di Big C Supercenter.

6. Aneka Teh: Nestea Thai Tea & Cha Tra Mue Oleh-oleh Favorit Turis di Thailand

Yang paling nggak boleh ketinggalan dibeli selama liburan di Thailand tentu saja adalah Nestea Thai Tea dan Cha Tra Mue yang enak banget itu. Di Big C Supercenter, kamu bakal dengan mudah menemukan dua produk khas Thailand ini. Banyak juga pilihan teh lain yang nggak kalah menarik buat kamu yang suka ngeteh.

Yang pasti, harga Nestea Thai Tea dan Cha Tra Mue (Teh asli Thailand untuk membuat Thai Tea) ini harganya jauh lebih terjangkau dibanding kalau teman-teman beli di tempat lain atau jastip online shop. Satu bungkus Nestea Thai Tea, harganya cuma 90 Baht. Kurs saat admin pergi adalah Rp475 per 1 Baht. Jadinya 90 x Rp475 = Rp42.750. Satu bungkus Nestea Thai Tea harganya nggak sampai Rp50.000!

Tea Thailand
Berbagai teh yang dijual di Big C Supercenter Thailand.
Nestea Thai Tea Thailand
Nestea Thai Tea favorit turis yang berkunjung ke Thailand. Harganya murah!
Chat Tra Mue
Cha Tra Mue, teh khas Thailand yang biasa digunakan untuk membuat Thai Tea. Cuma 130 Baht atau sekitar Rp61.750.

7. Lays, Bento, Pocky

Jajanan atau snack yang jadi buruan para turis lainnya adalah Lays, Bento (snack cumi kering), dan juga pocky beraneka rasa. Lays dan Pocky yang ada di Thailand punya berbagai rasa unik yang sulit kamu temukan di negara-negara lain, termasuk Indonesia, lho. Oh iya, ketiga snack ini juga kerap didiskon di Big C Supercenter Ratchadamri. Makin banyak belinya, makin murah harganya!

Lays Thailand Big C Supermarket
Lays beraneka rasa di Big C Supermarket Thailand.
Bento Dried Squid Thailand
Bento, snack cumi kering yang banyak diburu turis di Big C Supercenter.
Mango Pocky Thailand
Pocky rasa mangga yang cuma tersedia di Thailand.

8. Fish Skin Aneka Rasa

Tersedia snack kulit ikan alias fish skin rasa Tom Yum dan juga Salted Egg di Big C Supercenter.

Fish Skin Snack Thailand
Fish Skin aneka rasa di Big C Supermarket.

9. Pad Thai Instan

Buat kamu yang mau coba masak-masak makanan Thailand tapi bingung caranya, kamu bisa beli yang instannya lho! Di Big C Supercenter tersedia berbagai makanan Thailand instan yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Contohnya Pad Thai, kwetiau khas Thailand.

Pad Thai Thailand
Pad Thai instan dijual di Big C Supercenter.

10. Aneka Buah-buahan Segar dan Puding

Big C Supercenter juga menjual aneka buah-buahan tropis yang ada di Thailand. Mulai dari kelapa muda, mangga, dan masih banyak lagi.

Young coconut Thailand.
Kelapa muda dijual di Big C Supercenter, hanya 29 Baht per buah atau sekitar Rp14.000.
Mango Thailand
Mangga kupas siap makan yang dijual di Big C Supermarket.
Coconut Pudding Thailand
Puding kelapa khas Thailand yang khas dengan teksturnya yang lembut dan rasanya yang gurih dan manis.

11. Aneka Jus Buah

Tidak hanya menjual buah segar, beragam olahan buah juga dijual di Big C Supercenter, salah satunya dalam bentuk jus. Haus saat belanja? Jus buah segar ini bakal bantu nyegerin tenggorokan kamu!

Fresh Juice in Big C Supercenter
Berbagai jus buah segar yang dijual di Big C Supermarket.

12. Aneka Sushi

Selain makanan khas Thailand, Big C Supercenter juga menjual sushi segar.

Sushi Big C Supercenter
Paket sushi segar di Big C Supercenter.
Sashimi Big C Supercenter.
Aneka sashimi di Big C Supercenter Thailand.

13. Ada Indomie Goreng!

Siapa sangka, indomie goreng yang populer dari Indonesia juga dijual lho di Big C Supercenter Thailand! Orang Indonesia, bangga nggak nih?

Indomie Goreng
Indomie goreng tersedia juga di Big C Supercenter Bangkok, Thailand.

Habis Berapa Belanja di Big C Supercenter Thailand?

Selama berkunjung ke Thailand, admin SpotWisata sendiri sudah komit, nggak mau belanja banyak-banyak. Karena tujuan liburannya untuk menikmati keindahan negeri gajah putih tersebut. Jadi, waktu di Big C Supermarket, admin belanja secukupnya dan cuma beli oleh-oleh yang memang khas di Thailand. Ini dia gambar belanjaan admin:

Shopping Big C Supercenter
Hasil belanjaan admin SpotWisata di Big C Supercenter, Ratchadamri,Thailand.
Big C Supercenter Bill
Total belanjaan sekitar 588 Baht atau Rp279.300 untuk 4 Nestea Thai Tea, 1 Nestea Lemon, 1 Pretzel, 1 Mango Candy, dan 1 Bento Squid.

Admin beli empat bungkus Nestea Thai Tea, 1 Nestea Lemon Tea, 1 Pretzel isi 12 pack, 1 permen mangga, dan 1 bungkus Bento Squid isi 12 pack. Totalnya jadi 588 Baht dengan kurs Rp475 per baht. Jadi, belanjaan admin seluruhnya cuma Rp279.300 aja! Murah banget, kan? 😀

Buat kamu yang punya bujet terbatas buat beli oleh-oleh, Big C Supercenter di Ratchadamri, Bangkok, Thailand, bisa jadi pilihan tepat. Kamu bisa beli oleh-oleh snack yang isinya banyak tapi harganya murah untuk dibagikan ke kerabat sepulangnya dari Thailand. Nestea Thai Tea, misalnya, satu bungkusnya berisi 12 sachet Thai Tea dengan harga cuma Rp42.000-an atau 90 Baht aja!

Kalau kamu menghabiskan liburan akhir tahun 2019, jangan lupa berkunjung ke Big C Supermarket ya. Dijamin, bakal puas banget belanjanya. 😀

Baca juga: Liburan Akhir Tahun 2019, Enaknya Ke Mana Ya?

Please follow and like us:
error0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *