7 Kuliner Khas yang Wajib Dicoba Saat Liburan ke Bali!

Punya rencana untuk liburan ke Bali di tahun 2020? Nah, selain mantai sepanjang hari, tentu nggak komplit rasanya kalau nggak memasukkan wisata kuliner khas Bali dalam rencana liburanmu! Sebab, ada banyak hal yang membuat Bali dijuluki sebagai last paradise on earth. Dua yang utama tentu saja adalah destinasi wisata pantai dan juga kulinernya yang mampu bikin lidah bergoyang.

Beberapa kuliner khas Bali yang terkenal di antaranya adalah: nasi campur, nasi pedas, nasi jinggo, sate lilit, hingga ayam betutu. Belum lagi ditambah berbagai kafe unik yang menyediakan menu makanan lokal hingga internasional yang nggak kalah enaknya. Nah kali ini, saya mau kasih rekomendasi 7 kuliner makanan khas Bali yang pernah saya coba sendiri beberapa waktu lalu, saat berkunjung ke Bali. Apa aja sih? Simak, yuk!


1. Kuliner Khas Bali: Nasi Bali Made Weti

Warung Nasi Bali Made Weti
Warung Nasi Bali Made Weti di Jalan Segara Ayu, Pantai Sanur, Bali.

Dimulai dari yang paling populer di Bali, Nasi Bali Made Weti adalah kuliner khas Bali yang terlihat nggak pernah sepi pembeli, saking enaknya! Warung ini dikenal dengan beberapa sebutan nama: Warung Made Weti, Warung Nasi Bali Men Weti, Warung Nasi Made Weti. Tapi, yang tepat sesuai dengan banner yang terpasang di atas warung adalah: Nasi Bali Made Weti.

Warung Nasi Bali Men Weti
Para pegawai di warung nasi Made Weti yang kompak pakai seragam kaos berwarna biru laut.

Menu utama dan satu-satunya yang dijual di warung nasi ini tentu saja adalah nasi campur khas Bali. Dalam satu piring, menu nasi campurnya terdiri atas satu porsi nasi (bisa juga di-request khusus menjadi setengah porsi), urap (pare, tauge, kangkung, dan daun gonde yang direbus), setengah butir telur balado, ayam betutu suwir, dan kelapa serut bakar. Kemudian, campuran nasi disiram dengan kuah kaldu kuning yang gurih dan diberi topping kulit ayam yang maknyus renyahnya.

Nasi Bali Made Weti Bali
Satu porsi nasi campur Made Weti dengan topping kulit ayam yang renyah. Psst, kulit ayamnya bisa dibeli terpisah sesuai permintaan.

Satu porsi nasi campur Bali di Warung Made Weti dihargai sekitar Rp35.000 belum termasuk minum atau kalau kamu minta tambahan topping. Karena kulit ayam gorengnya renyah dan enak banget, waktu itu saya minta tambah seporsi dan dihargai sekitar Rp10.000-an. Untuk minumnya, kita bisa pesan langsung sekaligus dengan menu nasi. Bisa juga beli di minimarket sebelah warung. Nah, yang paling asik, warung nasi Made Weti terletak di salah satu pintu masuk Pantai Sanur, Bali. Sembari sarapan, kamu bisa duduk di pasir pantai sambil menikmati pemandangan dan deburan ombak pagi hari!

Lokasi Warung Nasi Bali Made Weti: Jalan Segara Ayu, Sanur, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80228.

Jam Buka Warung Nasi Bali Made Weti: Setiap hari, mulai pukul 08.00 – 13.00 WITA.

Harga Satu Porsi Nasi Bali Made Weti: Mulai dari Rp35.000 per porsi.

Nomor Telepon Nasi Bali Made Weti: 0812-3899-0448


2. Kuliner Khas Bali: Seafood Warung Subak

Warung Subak Bali
Sumber Gambar: warungsubak.net

Liburan ke Bali yang destinasi utamanya adalah pantai, tentu nggak lengkap tanpa makan seafood. Nah, kalau mau mencicipi seafood enak dengan suasana pantai yang Bali banget, maka Jimbaran tempatnya. Tapi, buat kamu yang lagi di wilayah Denpasar dan mau coba seafood enak, murah, tapi lokasinya di restoran dan khas bintang lima, maka Warung Subak jawabannya!

Menu seafood yang dijual di Warung Subak dijamin lengkap dari mulai kerang, cumi, udang, kepiting, aneka macam sayur, dan masih banyak lagi. Ditambah, pilihan sambalnya juga top markotop. Tersedia juga menu paket nasi yang beragam, mulai dari paket individu sampai paket keluarga. Yang pasti, harganya terjangkau.

Ketika datang ke Warung Subak, mungkin kamu akan terkesan karena bangunan ‘warung’ ini tidak serupa warung pada umumnya. Melainkan, berbentuk restoran dengan atmosfer yang masih asri karena berada di lingkungan persawahan di wilayah Denpasar. Kalau datang ramai-ramai, kamu juga bisa pilih untuk duduk di saung lho. Makin berasa deh asri khas Bali-nya!

Lokasi Warung Subak: Jalan Astasura No. 5 Peguyangan, Peguyangan Kangin, Kec. Denpasar Utara.

Jam Buka Warung Subak: Setiap hari, mulai pukul 10.00 – 22.00 WITA.

Harga Makanan/Minuman Warung Subak: Mulai dari Rp35.000 per porsi.

Nomor Telepon Warung Subak: 0851-0043-6702


3. Kuliner Khas Bali: Nasi Babi Goreng Sambal Matah Warung Cahaya

Nasi babi goreng sambal matah
Satu porsi nasi babi goreng sambal matah di Warung Cahaya.

Nah, bagi teman-teman yang mengkonsumsi daging babi, liburan ke Bali tentu nggak lengkap tanpa menikmati olahan menu yang satu ini. Menu andalan di Warung Cahaya tentu saja adalah satu porsi nasi dengan lauk daging babi goreng garing yang dilengkapi dengan sambal matah melimpah ruah. Plus tambahan dua iris ketimun sebagai penyegar. Jangan lupa, tambah satu porsi plecing kangkung pedas sebagai pelengkap. Maknyos!

Lokasi Warung Cahaya: Jalan Dewi Ratih No.1, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

Jam Buka Warung Cahaya: Setiap hari, mulai pukul 08.30 – 19.00 WITA.

Harga Makanan/Minuman Warung Cahaya: Mulai dari Rp17.000 per porsi.

Nomor Telepon Warung Cahaya: 0852-0583-0136.


4. Kuliner Khas Bali: Chicken Run

Chicken Run Kuliner Khas Bali
Panggangan ayam di Chicken Run, Seminyak, Bali.

Bosan makan ayam goreng tepung? Atau bosan makan ayam bakar? Nah, chicken run bisa jadi alternatif terbaik untuk kamu. Chicken Run menjual menu ayam roasted alias ayam panggang yang bumbu rempahnya bisa kamu rasakan sampai ke tulang!

Sewaktu saya berkunjung ke kedai yang ada di Jalan Sunset Road, Seminyak ini, saya bisa lihat display ayam panggangnya yang baunya semerbak. Konsep tempat makan Chicken Run ini sendiri juga mengusung tema kontainer. Di mana tempat duduk sekaligus tempat makan untuk pengunjung diletakkan di sekeliling kontainer/jendela. Sementara pelayannya, ada di dalam atau di tengah-tengah ruangan.

Berikut adalah menu yang saya pesan waktu berkunjung ke Chicken Run Bali. Satu porsi nasi dengan setengah ekor ayam panggan yang dihargai sekitar Rp30.000. Kalau beli satu ekor, maka harganya sekitar Rp60.000. Nah, yang menarik dan makin menggugah selera, kita bisa juga request minyak rempah tetesan dari panggangan ayam. Yang rasanya asin, gurih, dan pastinya bikin makan tambah lahap! Kebayang nggak gimana moist-nya rasa kulit ayam dari ayam panggang ini? Dijamin ngiler~

Chicken Run Kuliner Khas Bali
Salah satu menu di Chicken Run: satu porsi nasi dengan setengah ekor ayam panggang yang empuk, gurih, dan renyah.

Lokasi Chicken Run Bali: Jalan Sunset Road No.18 Legian, Seminyak, Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

Jam Buka Chicken Run Bali: Setiap hari, mulai pukul 08.00 – 23.00 WITA.

Harga Makanan/Minuman Chicken Run Bali: Mulai dari Rp30.000 per porsi.

Nomor Telepon Chicken Run Bali: 0819-1628-6478.


5. Warung Kedaton

Warung Kedaton Kuliner Khas Bali
Satu porsi nasi beserta lauk pauk di Warung Kedaton, Denpasar, Bali.

Kalau kamu mau mencicipi makanan ala masakan rumah atau ala warteg, Warung Kedaton bisa jadi pilihan tepat. Dengan variasi menu yang beragam, rasa makanan di Warung Kedaton bisa saya bilang cukup enak dan ada di atas rata-rata “warteg” pada umumnya. Tempatnya juga cukup bersih, nyaman, dan terletak di pinggir jalan besar. Jadi bisa dengan mudah ditemukan. Harga makanannya juga standar per lauk pauk. Misalnya, dendeng balado untuk satu kali sendok dihargai Rp7.000-an. Begitu juga dengan lauk lainnya yang dihargai per porsi dalam satu piring.

Lokasi Warung Kedaton Bali: Jalan Raya Kuta No.62/3, Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

Jam Buka Warung Kedaton Bali: Setiap hari, mulai pukul 08.00 – 21.00 WITA.

Harga Makanan/Minuman Warung Kedaton Bali: Mulai dari Rp7.000 per lauk.

Nomor Telepon Warung Kedaton Bali: (0361) 763712.


6. Bread Basket

Bread Basket Kuliner Khas Bali
Kafe Bread Basket yang menjual roti bagel enak. Sumber gambar: thebreadbasketbakery.com/

Ke Bali, nggak lengkap kalau nggak ngafe. Tapi, percuma juga kalau ngafe tapi cuma ngejar tempat, sementara makanannya standar. Nah, di Bread Basket, kamu bisa mendapatkan dua hal sekaligus: makanan yang enak dan khas, plus tempat yang nyaman. Kalau ke sini, jangan lupa coba menu kopi dan roti bagelnya yang super enak ya!

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Bread Basket Bali (@breadbasket.id) on

Lokasi Bread Basket Bali:

  1. Jalan Danau Tamblingan No.51 Sanur, Denpasar.
  2. Jalan Raya Uluwatu 88, Uluwatu Centre Point.
  3. Jalan Mertanadi No.100, Kerobokan Kelod, Kuta Utara

Jam Buka Bread Basket Bali: Setiap hari, mulai pukul 07.00 – 17.00 WITA.

Harga Makanan/Minuman Bread Basket Bali: Mulai dari Rp25.000.

Nomor Telepon Bread Basket Bali: 

  1. (0361) 282339 – Sanur
  2. (0361) 4725222 – Uluwatu
  3. (0361) 9342510 – Kerobokan

7. Second Floor Coffee

Second Floor Kuliner Khas Bali
Menu kopi strawberry a.k.a Fresamentado di Kafe Second Floor, Bali.

Minum kopi susu kekinian, mungkin udah biasa. Gimana kalau coba racikan kopi spesial campur buah? Nah, jangan sampai kelewatan berkunjung ke Second Floor Bali, ya. Di sini ada tiga menu kopi buah yang rasanya enak dan super autentik, sekaligus menjadi signature dari Second Floor. Yang unik, kafe ngopi yang satu ini benar-benar ada di lantai dua lho, sesuai namanya. Kafe yang desainnya didominasi kayu ini memberi kesan klasik, asri, dan homey. Kalau mau ngopi sambil chit-chat sama kawan atau pacar, pas banget deh!

Lokasi Second Floor Bali: Jalan By Pass Ngurah Rai No.86, Kesiman Kertalangu, Denpasar.

Jam Buka Second Floor Bali: Setiap hari, mulai pukul 08.30 – 18.00 WITA.

Harga Makanan/Minuman di Second Floor Bali: Mulai dari Rp30.000.

Nomor Telepon Second Floor Bali:(0361) 462558.


Jadi, kapan nih rencana kamu liburan ke Bali? Selamat mantai dan kulineran, ya! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *