13 Jajanan Unik di 7-Eleven Thailand yang Wajib Dicoba!

Kalau bahas tentang wisata belanja di Thailand, mungkin sebagian orang langsung terpikir: Chatuchak, Pratunam, Platinum Fashion Mall, MBK Center, sampai Siam Paragon. Padahal, nggak cuma di tempat belanja besar tersebut, 7-Eleven di Thailand juga bisa jadi area refreshing buat wisatawan.

Kalau di Indonesia, ada Indomaret dan Alfamart yang menjamur di setiap sudut, nah, lain lagi halnya dengan di Thailand. Gerai 7-Eleven adalah gerai minimarket paling populer yang bakal dengan mudah kita temui selama berada di Negeri Gajah Putih ini. Nggak cuma menjual kebutuhan sehari-hari yang sifatnya primer, yang menarik dari 7-Eleven di Thailand utamanya adalah aneka produk serta jajanan unik yang dijual. Yang tentunya nggak ada di Indonesia.

Masih ingat kan dengan jaman kejayaan 7-Eleven di Indonesia yang akhirnya terpaksa tutup di tahun 2017? Di mana setiap pengunjung bebas nongkrong tanpa batas waktu, isi ulang slurpee, sampai makan snack dengan saus keju & spaghetti sepuasnya! Hayo, yang anak sevel mana nih? 😀

Bedanya, kita nggak bakal menemui hal-hal yang pernah ada di 7-Eleven Indonesia tersebut di Thailand. Keunikan 7-Eleven Thailand justru terletak pada berbagai jenis produk, aneka makanan ringan, hingga minuman, yang dijual karena keunikannya. Mulai dari segi rasa, inovasi, hingga kemasan.

Ini dia nih, 13 jajanan unik & menarik yang wajib kamu cobain kalau ada rencana liburan ke Thailand!

1. Es krim dengan rasa unik (Salted Caramel, Corn, Taro, dsb)

Mulai dari rasa sampai bentuk, es krim yang ada di 7-Eleven Thailand variasinya banyak banget. Mulai dari yang mainstream (coklat, strawberry), antimainstream (Salted Caramel, Taro), sampai rasa kearifan lokal (kelapa, ketan hitam, mangga, dsb). Yang paling bikin saya ngiler sih jelas aja Nestle Salted Caramel. 😀

Es Krim 7-Eleven
Ada es krim rasa jagung sama taro!
Es krim 7-Eleven
Es krim Oreo sampai Nestle Salted Caramel semua tersedia di 7-Eleven Thailand.

2. Minuman brown sugar kalengan tanpa boba

Nggak perlu ngantri panjang-panjang buat nyobain minuman kekinian rasa brown sugar di Thailand. Cukup melipir aja ke 7-Eleven terdekat, kamu bakal dapat satu kaleng brown sugar milk tanpa boba. Eits, tapi rasanya beneran enaks!

Minuman di 7-Eleven Thailand
Minuman rasa gula merah yang kekinian tersedia dalam bentuk kaleng.

3. Snack rasa blueberry yogurt

Selain warna ungunya yang pekat, bayangin rasa asam, manis, dan gurih jadi satu ketika kamu menikmati snack yang satu ini.

Snack 7-Eleven
Semacam chiki, tapi rasa yogurt buah!

4. Minuman probiotik ukuran jumbo dan susu Meiji aneka rasa

Merasa kurang puas kalau minum Yakult yang ukurannya mini di sini? Nah, 7-Eleven Thailand punya jawabannya. Tersedia berbagai pilihan rasa dan ukuran minuman probiotik. Mulai dari yang original, mangga, sampai stroberi. Ukurannya sendiri yang paling kecil adalah 140 ml. Dijamin puas! Kalau favorit saya, tetap susu Meiji rasa pisang. Wangi dan enak banget. 😀

Susu meiji dan yakult jumbo
Berbagai varian susu Meiji & minuman probiotik di 7-Eleven Thailand.

5. Sosis, daging, burger, dan nasi kemasan siap santap

Buat teman-teman yang muslim, di Thailand sendiri sebenarnya nggak bakal susah kok cari outlet yang menjual makanan halal. Tapi, setau saya, biasanya adanya lebih banyak di daerah ramai semacam tempat belanja, mal, atau sekitar tempat wisata.

Nah, kalau teman-teman udah keburu lapar atau bujet liburannya udah tiris, tinggal melipir aja ke 7-Eleven terdekat. Sebab, banyak banget menu sarapan murah dan halal yang bisa teman-teman pilih. Mulai dari sosis, daging, burger, sampai nasi plus lauk, semua tersedia dengan harga mulai 20 Baht sampai 40 Baht. Tinggal taruh microwave di kasir, makan deh! Maksudnya halal di sini, bukan ada label halal ya. Tapi, teman-teman bisa pilih makanan yang menunya ayam, beef, atau minimal nggak ada label pork-nya.

Menu sarapan di 7-Eleven Thailand
Aneka sosis, bakso, daging, dan HAM, pilihan tepat buat sarapan murah dan hemat di 7-Eleven Thailand.
Makanan 7-Eleven Thailand
Satu porsi nasi dengan tumis ayam basil khas Thailand bisa jadi menu makan malam yang hemat.
Makanan 7-Eleven Thailand
Mau ngemil enak tapi uang udah tiris? Beli ayam BBQ aja di 7-Eleven, cuma Rp16.000-an.
Makanan 7-Eleven Thailand
Burger daging siap santap di 7-Eleven Thailand.
Makanan 7-Eleven Thailand
Ada juga daging ayam olahan bumbu siap santap yang bisa jadi pilihan sarapan atau makan siang. Cuma 30 Baht!

6. Aneka dessert khas Thailand

Sama kayak Indonesia, kuliner Thailand selain kaya variasi juga kaya rasa! Nggak cuma menu makanan utama, menu makanan penutupnya juga enak-enak dan gurih banget, lho. Nah, buat menikmati dessert khas Thailand, nggak perlu jauh-jauh ke tempat belanja atau tempat kulineran.

Baca juga: Mau Belanja Oleh-oleh Murah di Thailand? Big C Supermarket Tempatnya!

Di 7-Eleven Thailand, tersedia juga berbagai dessert lokal dalam kemasan yang bisa teman-teman nikmati kapan saja. Contohnya ini: mungkin ini semacam cendol/es campur ya, karena pakai coconut milk alias santan. Haha. Ada juga bubur kacang hijau, ketan hitam, sampai puding kelapa yang enak banget! Dan yang paling penting, murah meriah lho.

Makanan penutup di 7-Eleven Thailand
Dessert khas Thailand yang wajib dicoba di 7-Eleven adalah puding kelapa!

7. Sandwich dan aneka roti

Kepingin makan roti sandwich yang kejunya melimpah dan kaya rasa? Nggak perlu jauh-jauh ke restoran di Thailand sebab 7-Eleven sudah menyediakan menu yang satu ini. Cocok buat ganjel perut di pagi hari saat teman-teman mau siap-siap menuju destinasi wisata.

Nggak cuma itu, yang bikin saya pribadi betah lama-lama di 7-Eleven karena pilihan rotinya yang banyak dan unik. Roti tawar aja contohnya, ada yang kuning, ada yang pink. Belum lagi roti dengan berbagai filling yang bikin ngiler kayak kelapa, pandan custard, dan masih banyak lagi.

Sandwich 7-Eleven Thailand.
Pilihan sandwich di 7-Eleven Thailand.
Roti di 7-Eleven Thailand
Roti tawar pink dan kuning di 7-Eleven Thailand.
Roti di 7-Eleven Thailand.
Roti kemasan isi kelapa dan pandan custard.

8. Beauti drink & minuman jelly

Saya sendiri nggak tau gimana rasanya beauti drink yang satu ini karena belum pernah coba. Tapi, konon, minuman ini mengandung kolagen yang bagus untuk kecantikan. Bener atau enggaknya, saya nggak tau. Hehe. Tapi, yang pasti, minuman jelly-nya enak-enak dan kemasannya lucu!

Beauti Drink Thailand
Aneka minuman beauti drink yang dipercaya bisa berpengaruh pada kecantikan.
Minuman jelly thailand
Aneka minuman jelly berbagai rasa dengan kemasan unik!

9. Susu kedelai aneka rasa dengan kemasan botol kaca

Nah, minuman di 7-Eleven yang paling jadi favorit saya nomor satu adalah susu kedelai original dalam botol kaca ini. Seger dan kemurnian rasa kedelainya itu enak banget! Nggak terlalu manis juga. Bahkan, saya nggak ngerasa ini pakai pengawet lho.

Seger banget buat diminum abis capek-capek naik turun tangga BTS. Ada tiga rasa yang tersedia: original, thai tea, sampai coklat. Harganya juga murah, sekitar 15 Baht atau Rp8.000. Nggak ngerti lagi gimana caranya mereka dapat untung dengan harga murah, produk enak, dan kemasan yang pakai botol kaca ini.

Susu kedelai Bangkok
Susu kedelai terenak di Thailand!

10. Ragam manisan buah tropis kering

Bukan Thailand namanya kalau tanpa ada manisan buah tropis yang kering. Nah, produk ini juga dijual di 7-Eleven, lho, nggak cuma di tempat belanja besar atau Big C Supermarket aja. Ada durian, nanas, longan, dan masih banyak lagi.

Fruit Candy
Aneka manisan buah kering di 7-Eleven Thailand.

11. Shortcake

Untuk dessert, selain yang khas lokal, di 7-Eleven Thailand juga tersedia shortcake aneka rasa dengan harga yang murah. Kebayang nggak sih jadi warga Thailand kalau mau ngasih surprise hemat ke temen yang ultah? Nggak usah jauh-jauh beli cake di toko, tinggal jalan aja ke 7-Eleven. 😀

Shortcake
Shortcake berbagai rasa dengan kemasan ciamik!

12. Yogurt Meiji rasa kelapa

Yogurt rasa blueberry atau strawberry, mungkin biasa banget. Gimana kalau rasa kelapa plus ada nata de coco-nya? Nah, yogurt Meiji varian ini wajib banget dicoba kalau kamu lagi liburan ke Thailand, ya!

Yogurt Meiji
Yogurt Meiji Nata De Coco, varian yang cuma akan kamu temui di Thailand.

13. Thai tea dan kopi dingin siap minum

Yang lebih enak dari slurpee dan cuma ada di 7-Eleven Thailand tentu aja Thai Tea, coklat, dan kopi dingin, yang siap minum! Untuk Thai Tea, di Thailand sendiri setau saya ada dua jenis yang enak: yang pakai Cha Tra Mue dan biasanya dijual pedagang-pedagang di pinggir jalan dan Nestea Thai Tea. Nggak usah susah-susah beli mentahnya dan seduh sendiri kalau teman-teman mau coba Nestea Thai Tea. Di 7-Eleven, yang segar dan siap minum, harganya nggak sampai Rp 10 ribuan kok.

Nestea Thai Tea
Aneka minuman dingin siap minum yang seger banget!

Selain bisa jadi alternatif makan dan jajan murah, 7-Eleven di Thailand juga bisa jadi pilihan terbaik buat beli oleh-oleh kalau bujet teman-teman terbatas.

Sepengamatan saya selama di Thailand, ada dua jenis 7-Eleven: yang kecil dan besar. Tapi, biasanya jaraknya berdekatan dan hanya berbeda beberapa ratus meter. 7-Eleven yang kecil biasanya produknya terbatas. Kalau yang besar, teman-teman bakal berkesempatan menemui semua 13 jajanan unik yang sudah saya ulas di atas.

Jadi, ada yang akhir tahun ini berencana mengabiskan libur panjang ke Thailand? Selamat liburan, ya! 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *