Pantai Kuta Lombok – Keindahan Alami yang Mempesona

pantai merica lombok, pantai mandalika lombok, tempat wisata di lombok

Apa yang terbesit di benak Anda ketika mendengar Pantai Kuta? Pasti Pulau Bali kan.! Namun Anda jangan salah, Pantai Kuta yang akan spotwisata bahas kali ini ada di Pulau Lombok, seperti judulnya Pantai Kuta Lombok. Pantai yang memiliki nama lain Pantai Mandalika ini berada di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, sekitar 56 km dari Kota Mataram. Sama seperti pantai-pantai pada umumnya, keindahannya terletak pada pasir, air laut, dan suasanya yang menyenangkan. Namun Pantai Kuta di Lombok memiliki pasir yang lebih halus dari pasir di pantai lainnya. Konon sih, jenis pasir seperti ini hanya ada di sini. Karena pasirnya yang halus menyerupai butiran merica, maka pantai ini juga dikenal dengan sebutan Pantai Merica.

pantai merica lombok, pantai mandalika lombok, tempat wisata di lombok

Selain pasirnya yang halus dan bersih, Pantai Kuta Lombok juga memiliki laut yang jernih. Tak heran jika banyak wisatawan baik lokal maupun asing datang untuk melakukan kegiatan pantai seperti berenang dan bermain di sini. Pengunjung juga dapat mencoba beberapa olahraga air seperti banana boat, wind surfer, serta jetsky. Disamping itu, di sekitar pantai juga berjejer bukit-bukit yang menambah keasrian dan keindahan pantai. Jadi, jika Anda sedang malas basah-basahan, berjemur dan bersantai di tepi pantai juga bisa menjadi kegiatan yang sangat mangasikkan di Pantai Kuta. Ditambah lagi dengan suasanya yang belum terlalu ramai membuat tempat ini sangat nyaman untuk relaksasi dan menenangkan diri dari kepenatan kerja.

pantai kuta lombok, tempat wisata lombok, tradisi bau nyale,
Suasana Festival Bau Nyale

Selain keindahan alamnya, di Pantai Kuta Lombok juga terdapat sebuah festival tahunan yang  disebut Festival Nyale. Festival ini dilaksanakan setiap tanggal 20 bulan ke-10 penanggalan masyarakat Sasak, sekitar bulan Februari dan Maret. Dalam festival ini akan dilakukan beberapa prosesi dan upacara adat sasak yang kemudian diikuti dengan kegiatan inti yaitu menangkap sejenis cacing laut yang oleh masyarakat setempat disebut nyale. Meskipun kegiatan ini merupakan budaya dari masyarakat setempat, namun sangat menarik untuk dilihat.
Baca di Festival Bau Nyale

 

Akomodasi di Pantai Kuta

Apabila Anda berada di Senggigi atau Kota Mataram, Anda bisa menyewa taksi resmi secara harian untuk menuju Pantai Kuta dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Jika Anda ingin lebih leluasa, Anda bisa mencari jasa travel yang banyak tersedia di Mataram dan sekitarnya atau menggunakan kendaraan pribadi. Jangan khawatir, tidak sulit untuk menuju Pantai Kuta karena ada petunjuk jalan yang akan mengarahkan Anda ke sana.

Anda pun tidak perlu khawatir jika harus bermalam di sana karena di sekitar lokasi Pantai Kuta sudah terdapat banyak hotel yang bisa Anda tempati bermalam. Yang paling dekat adalah Novotel Hotel Lombok. Selain itu, Beberapa hotel lainnya seperti Bumbangku Beach Cottage,  Gerupuk Surf Bungalow, Kuta Indah Hotel, Segare Anak Bungalows and Restaurant, Puri Itoma, Matahari Inn, dan Novotel Coralia Lombok bisa menjadi alternatif untuk akomodasi Anda.

 

Itulah sedikit informasi tentang Pantai Kuta Lombok yang bisa Anda jadikan referensi untuk perjalanan wisata Anda. Jika ada yang keliru atau ingin ditambahkan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di bawah. Jika artikel ini bermanfaat dan menarik, silahkan share ke teman-teman media sosial Anda untuk mempromosikan pariwisata lokal kita. Terimakasih.

2 Comment

  1. […] Lombok juga memiliki keindahan alam yang luar biasa mempesona dan salah satunya bisa kamu temui di Pantai Kuta LombokPantai […]

  2. […] seperti jalur menuju pantai yang lebih populer di Lombok seperti Pantai Kuta, jalur darat menuju pantai yang sebenarnya bernama Pantai Tangsi ini memang tidak mulus dan cukup […]

Leave a Reply