Pertama Kali Naik Pesawat? Jangan Bingung, Begini Lho Caranya!

Dibanding dengan moda transportasi darat seperti bus atau kereta, pesawat masih jadi pilihan utama sebagian besar orang untuk perjalanan antarkota. Selain waktu tempuhnya lebih cepat, sekarang harga tiket pesawat juga cukup variatif, mulai dari yang murah sampai mahal. Semua tergantung fasilitas yang ditawarkan. Apalagi untuk perjalanan ke luar negeri, pesawat adalah satu-satunya moda transportasi yang pasti digunakan.

Karena beragam alasan, mungkin aja, nggak semua orang sudah pernah merasakan naik pesawat. Ada yang mungkin takut ketinggian sehingga memilih moda transportasi lain. Atau mungkin, ada juga yang memang belum punya kesempatan atau tujuan bepergian yang menggunakan pesawat. Mungkin kamu salah satunya?

Nah, apabila kini kamu berkesempatan untuk bepergian dengan pesawat, nggak menutup kemungkinan kamu bingung dengan caranya. Jangan khawatir, mimin Spot Wisata bakal bantu menjelaskan gimana cara naik pesawat pertama kali. Khusus buat kamu! Yuk, disimak.

1. Siapkan Tiket Pesawat & Ketahui Kuota Bagasi Sebelum Menuju ke Bandara

Situs Online Travel Agent Terpercaya di Indonesia
Traveloka.com, Salah Satu Situs Online Travel Agent Terpercaya di Indonesia. [Sumber Gambar: Traveloka.com]
Sebelum datang ke bandara dan naik ke pesawat, yang perlu kamu lakukan pertama kali tentu saja membeli tiket pesawat. Perlu diingat bahwa kamu nggak bisa membeli tiket pesawat on the spot di bandara. Tepatnya sejak tahun 2015, semua pembelian tiket pesawat sudah dialihkan ke kantor-kantor agen travel ataupun situs travel online. Sebab, pemerintah melalui Menteri Perhubungan telah menghapus loket penjualan tiket di bandara demi menghindari banyaknya kerugian yang dialami penumpang akibat calo.

Nggak susah kok beli tiket pesawat secara online. Sekarang, ada banyak situs online travel agent yang bisa kamu andalkan untuk beli dan cari tiket pesawat termurah. Contohnya, Traveloka, Tiket, Nusatrip, Pegipegi, dan masih banyak lagi. Kamu tinggal pilih destinasi, pilih jadwal dan maskapai penerbangan yang sesuai bujet, isi form data diri sesuai identitas yang berlaku, cek kuota bagasi, kemudian bayar tiket. Pilihan pembayarannya juga bervariasi, mulai dari via bank transfer, kartu kredit, pay later, internet banking, gerai minimarket, dan yang lainnya.

Setelah beli tiket, kamu akan menerima electronic ticket (e-ticket) melalui email ataupun SMS, seperti gambar berikut ini:

E-Ticket Penerbangan AirAsia
Contoh Electronic Ticket (E-Ticket) Penerbangan AirAsia.

Nggak perlu dicetak, cukup download email atau simpan SMS e-ticket dan bawa pada hari keberangkatan ke bandara. Namun sebelum itu, kamu juga perlu mengecek, berapa kuota bagasi gratis yang kamu dapatkan? Atau, berapa kuota bagasi yang sudah kamu beli?

Harap diingat bahwa ada dua jenis bagasi pesawat: bagasi kabin dan bagasi check-in. Bagasi kabin adalah bagasi yang terletak di dalam pesawat, tepatnya di atas tempat duduk. Sedangkan bagasi check-in adalah bagasi yang harus diserahkan penumpang di konter check in. Semua maskapai memberikan bagasi kabin gratis rata-rata sebesar 7 kg, namun tidak semua memberikan bagasi check-in gratis. Terutama maskapai berbiaya hemat (LCC) seperti AirAsia dan Lion Air. Sehingga, kamu perlu beli bagasi tambahan (jika barang bawaannya banyak) apabila naik maskapai tersebut.

Jadi, sebelum berangkat ke bandara, pastikan barang bawaan yang kamu bawa beratnya sudah sesuai dengan kuota bagasi yang kamu miliki ya. Sebab, kalau enggak, barang bawaan kamu akan ditimbang kembali dan dikenakan biaya kelebihan bagasi.

2. Ketahui Terminal Keberangkatan dari Maskapai yang Kamu Gunakan

Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Untuk beberapa bandara besar seperti Bandara Soekarno Hatta di Tangerang dan Bandara Juanda di Surabaya, memiliki beberapa terminal keberangkatan. Terminal keberangkatan ini biasanya terbagi atas jenis penerbangan, domestik atau internasional, hingga maskapai penerbangannya. Terminal 3 Ultimate di Bandara Soetta, misalnya, berlaku untuk penerbangan domestik dan internasional Garuda Indonesia, serta berbagai penerbangan internasional dari maskapai asing lainnya.

Jangan sampai salah masuk terminal, sebab, biasanya jarak dari terminal satu ke terminal lain cukup jauh. Ini cukup merepotkan apabila kamu sampai salah datang ke terminal. Informasi seputar terminal keberangkatan di bandara bisa kamu dapatkan di situs bandara terkait hingga situs online travel agent atau agen-agen tiket.

3. Datang ke Bandara Minimal Tiga Jam Sebelum Waktu Keberangkatan

Pertama kali naik pesawat, tentu dong kamu nggak boleh telat! Sebab, kalau sampai telat, artinya kamu harus beli tiket penerbangan baru. Belum lagi, kalau kamu telanjur beli tiket pesawat PP, otomatis, tiket pulangnya bakal ikutan hangus kalau kamu tidak muncul pada penerbangan pergi.

Maka dari itu, untuk penerbangan domestik, paling tidak kamu sudah sampai di bandara minimal dua jam sebelum waktu penerbangan. Sementara untuk penerbangan internasional, usahakan tiga jam sebelumnya kamu sudah di bandara dan melakukan check-in serta setor bagasi. Penerbangan internasional memiliki flow keberangkatan yang lebih panjang dibanding penerbangan domestik. Sebab, kamu masih harus antre di konter imigrasi untuk pengecekan paspor.

4. Siapkan Identitas Diri dan Datangi Konter Check-In Maskapai di Bandara

Paspor adalah dokumen identitas wajib untuk penerbangan internasional.
Paspor adalah dokumen identitas wajib untuk penerbangan internasional.

Jangan lupa untuk membawa identitas diri yang berlaku sesuai tujuan penerbangan. Paspor dan visa untuk penerbangan internasional atau KTP/SIM/Kartu Pelajar untuk penerbangan domestik. Datangi konter check-in yang sesuai dengan maskapai dan tujuan penerbangan, kemudian tunjukkan e-ticket. Apabila ada bagasi yang lebih dari 7 kg, silakan setor di konter check-in. Petugas konter juga biasanya akan menanyakan apakah kamu memiliki bagasi check in atau tidaknya. Setelah itu, petugas akan mencetak boarding pass kamu. Simpan baik-baik boarding pass karena itu adalah ‘tiket masuk’ menuju pesawat. Boarding pass dan identitas diri masih akan dibutuhkan untuk pengecekan selama kamu belum duduk di kursi pesawat.

5. Tunggu Keberangkatan di Boarding Room & Masuk Ke Pesawat Setelah Diumumkan

Boarding Room Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta.
Boarding Room Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta.

Langkah terakhir adalah menunggu waktu penerbangan di boarding room sesuai informasi yang tertera di boarding pass. Harap diperhatikan bahwa pada boarding pass, juga tercantum nomor gate atau gerbang tempat masuk ke pesawat. Jangan sampai salah menunggu di gate yang bukan jadi gate penerbanganmu ya. Sebab, di beberapa terminal, antara satu gate dengan gate lain jaraknya cukup jauh. Kamu bisa repot dan capek apabila harus pindah gate terburu-buru.

Selain itu, perhatikan atau dengarkan juga informasi yang datang silih berganti melalui speaker ataupun papan informasi di bandara. Sebab, ada kalanya penerbangan bisa delay atau berganti gate. Jangan sampai sudah di boarding room, malah ketinggalan pesawat gara-gara nggak update informasi yaa!

Selamat menikmati penerbangan pertamamu! 😁✈️

Bonus foto dari jendela pesawat terbang (koleksi pribadi):

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *